sign up SIGN UP search


nama-bayi

30 Ide Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Berawalan A-E, Terdengar Indah Bun

Juan Satya Minggu, 12 Sep 2021 19:55 WIB
A portrait of a beautiful, seven day old newborn baby girl wearing a white, knitted, mohair bonnet. She is swaddled with a gauzy, white fabric and sleeping on cream colored wool batting. caption

Jakarta - Meski hari persalinan masih lama, menyiapkan nama bayi sebaiknya dilakukan dari sekarang, Bunda. Hal ini perlu dilakukan agar Bunda dan Ayah dapat menentukan nama yang tepat dan bagus untuknya.

Jika Bunda beragama Islam, nama bayi perempuan Islami dapat menjadi pilihan teratas bagi Bunda dalam memberikan nama untuknya. Namun, banyaknya referensi nama bayi perempuan Islami yang tersebar secara luas mungkin akan menjadikan Bunda semakin bingung dalam menentukan nama yang tepat untuknya.

Bila Bunda saat ini masih mencari rangkaian nama bayi perempuan Islami untuk sang buah hati tercinta, simak yuk, daftar referensinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:


Nama bayi perempuan Islami berawalan A

The newborn was wrapped in a green cloth and was placed on a soft rubber mat with a blurred background.Ilustrasi nama bayi/ Foto: iStockphoto

1. Adibah

Pilihan nama pertama yang dapat Bunda pilih untuk disematkan padanya adalah Adibah. Nama ini memiliki makna beradab, Bunda. Karena maknanya yang bagus, nama ini kerap kali dipakai oleh sebagian orang tua untuk menamai sang buah hati.

Bila dirangkai bersama nama lainnya tentu akan menambah makna yang terkandung dan semakin terdengar indah, Bunda. Jika tertarik, berikut ini rangkaian nama Adibah yang dapat dipilih:

  • Adibah Abqariah = Wanita beradab yang cerdas.
  • Adibah Asilah = Wanita beradab yang halus budi pekertinya.

2. Ahlam

Memimpikan anak memiliki cita-cita dan impian yang besar merupakan harapan bagi setiap orang tua. Bunda dan Ayah dapat memberikan suntikan semangat akan cita-cita dan impiannya dengan menamai sang buah hati dengan makna serupa.

Ahlam mempunyai arti nama cita-cita, dan impian, Bunda. Nama ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi Bunda dan Ayah. Bila ingin menyematkan nama Ahlam pada sang buah hati, simak yuk, rangkaian namanya berikut ini:

  • Ahlam Athiyah = Wanita yang mendapat anugerah untuk memiliki cita-cita.
  • Ahlam Maimanah = Wanita pemberi berkah yang punya cita-cita.

3. Afifah

Setiap orang tua pasti menginginkan sang anak selalu menjaga kehormatannya ya, Bunda. Untuk itu, nama yang tepat untuk harapan dan doa ini adalah Afifah.

Nama Afifah memiliki makna terjaga kehormatannya, Bunda. Memberikan nama ini akan menjadi doa dan harapan kelak baginya untuk selalu menjaga kehormatan.

Berikut rangkaian nama Afifah yang dapat Bunda pilih:

  • Afifah Kamilatun Nisa = Wanita yang sempurna yang terjaga kehormatannya.
  • Afifah ‘Atiqah = Wanita cantik yang mulia dan terjaga kehormatannya.

4. Afiyah

Nama bayi perempuan Islami pertama yang dapat Bunda pilih adalah Afiyah. Nama ini memiliki makna yang baik, Bunda. Adapun makna dari nama ini adalah sehat, dan selamat. Memberikan si cantik dengan nama ini baginya kelak agar selalu sehat dan selamat.

Jika tertarik, berikut ini rangkaian nama Afiyah yang indah:

  • Afiyah Dzakiyyah = Wanita yang sehat dan cerdas.
  • Afiyah Kamila = Wanita yang sehat dan sempurna.

5. Aisyah

Nama bayi perempuan Islami yang satu ini pasti Bunda sudah tidak asing lagi, ya. Nama Aisyah memiliki makna Istri Rasulullah SAW yang punya sifat ramah, pandai, dan baik.

Dengan makna yang sangat baik dan indah tersebut, tak heran banyak yang memilih nama Aisyah untuk disematkan kepada si Kecil. Tidak hanya maknanya saja yang indah, rangkaian nama yang diawali Aisyah juga terdengar indah dan cantik, Bunda.

Berikut referensi rangkaian nama Aisyah yang dapat Bunda pilih:

  • Aisyah Agatha Tasmirah = Aisyah atau Istri Nabi SAW yang baik bagaikan sebuah permata yang indah.
  • Aisyah Aila Varisha = Aisyah atau Istri Nabi SAW yang memiliki keteguhan hati dan berjiwa mulia.

6. Alifa

Jika Bunda akan segera melahirkan anak pertama yang berjenis kelamin perempuan, nama Alifa tepat untuk dipilih. Nama Alifa memiliki arti anak pertama, Bunda. Bila Bunda ingin menggunakan nama ini untuknya, lihat referensi rangkaian namanya berikut, ya:

  • Alifa Hibatillah = Anak pertama, anugerah dari Allah.
  • Alifa Naufalin Fikria Rabbani = Anak pertama yang dermawan yang suka berpikir cerdas, suka berzikir, dan selalu ingat kepada Allah.

7. Alifah

Pilihan nama berikutnya yang dapat Bunda pilih adalah Alifah. Nama ini bermakna ramah dalam bersahabat, Bunda. Bila Bunda menginginkan sang anak ramah kepada semua orang, nama ini dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Berikut ini rangkaian nama Alifah yang dapat dipilih:

  • Alifah Alfa Kamala = Wanita yang ramah tamah dalam bersahabat, punya seribu kesempurnaan.
  • Alifah Barizah = Wanita yang ramah dan menonjol kepandaiannya.

8. Aliyah

Bila Bunda menginginkan sang buah hati kelak memiliki sifat mulia, bangsawan, agung, dan tinggi, nama Aliyah tepat untuk disematkan padanya.

Nama ini juga sering dipilih oleh sebagian Bunda dalam menamai anaknya, lho. Hal ini dikarenakan nama Aliyah mengandung makna yang sangat bagus dan indah terdengar.

Berikut rangkaian nama Aliyah yang dapat menjadi referensi bagi Bunda:

  • Aliyah Candramurti Idelia = Wanita agung yang bersinar seperti separuh bulan purnama dan selalu bahagia.
  • Aliyah Saifanah = Wanita yang agung dan berani membela kebenaran.

9. Alya

Alya merupakan salah satu nama bayi perempuan yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga ya, Bunda. Nama ini memiliki makna surga, langit, dan tempat yang tinggi. Nama ini tentu sangat pas dan cocok untuk Bunda sematkan padanya.

Berikut ini rangkaian nama Alya yang dapat dipilih oleh Bunda:

  • Alya Firdaus = Surga yang paling tinggi.
  • Alya Shakila = Wanita cantik yang memiliki derajat yang tinggi.

10. Amani

Memimpikan sang buah hati memiliki cita-cita dan harapan yang mulia merupakan impian dari semua orang tua ya, Bunda. Bunda dan Ayah dapat memberikan suntikan semangat kepadanya melalui pemberian nama Amani padanya.

Nama Amani memiliki makna cita-cita, dan harapan, Bunda. Menamainya dengan nama Amani tentu menjadi doa dan harapan agar kelak dia dapat mempunyai dan meraih cita-cita serta harapan yang mulia.

Berikut ini pilihan referensi nama Amani untuk disematkan padanya:

  • Amani Yusriyah = Wanita yang dimudahkan mengejar cita-cita.
  • Amani Ahsanul Majidah = Wanita yang mempunyai cita-cita mulia terbaik.

11. Anisah

Pilihan nama berikutnya yang dapat Bunda pilih adalah Anisah. Sama seperti sebelumnya, nama bayi perempuan yang satu ini tentunya sering di dengar oleh Bunda, ya.

Anisah memiliki makna gadis yang baik, Bunda. Memberikannya dengan nama ini tentu akan menjadi doa dan harapan agar dia tetap baik selama hidupnya. Jika tertarik menamainya dengan Anisah, simak yuk, rangkaian namanya berikut ini:

  • Anisah Nailah = Gadis yang baik yang suka memberi.
  • Anisah Rasyidah = Gadis yang baik bijak dan cerdas.

12. Ariqah

Nama bayi perempuan Islami yang satu ini tidak kalah cantiknya dengan nama yang lain, Bunda. Nama ini memiliki makna baik budi, dan mulia. Sangat indah dan cantik nama ini, ya. Bila Bunda tertarik, berikut ini rangkaian nama Ariqah yang dapat disematkan padanya:

  • Ariqah Fatinah = Yang baik budi dan menarik hati.
  • Ariqah Nisa = Wanita yang baik budinya.

13. Askanah

Nama Askanah mungkin jarang terdengar di telinga Bunda. Meski demikian, nama ini memiliki makna yang sangat bagus, lho.

Nama Askanah memiliki arti yaitu wanita baik hati. Nama ini tentunya akan sangat cocok bagi Bunda yang menginginkan si cantik selalu baik hati di dalam hidupnya.

Berikut ini rangkaian nama yang dapat Bunda pilih untuknya:

  • Askanah Ratifah = Wanita baik hati dan berakhlak baik.
  • Askanah Sakhi = Wanita baik hati dan murah hati.

14. Athifah

Memiliki anak perempuan yang mempunyai perasaan dan sifat belas kasih mungkin diimpikan oleh sebagian Bunda. Jika Bunda dan Ayah menginginkan hal tersebut, nama Athifah mungkin dapat dipilih.

Nama ini memiliki makna belas kasih, dan perasaan, Bunda. Rangkaian nama yang diawali Athifah juga terdengar sangat indah dan cantik.

Bila Bunda ingin menyematkan nama Athifah, berikut ini pilihan rangkaian namanya:

  • Athifah Cynara Baidha = Wanita yang penuh belas kasih, indah, dan terlindungi.
  • Athifah Mahmudah = Wanita terpuji yang penuh belas kasih.
The newborn was wrapped in a green cloth and was placed on a soft rubber mat with a blurred background.Ilustrasi nama bayi/ Foto: iStockphoto

15. Athiyyah

Mempunyai anak adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri, Bunda. Hal ini dikarenakan anak merupakan pemberian terindah dari Allah. Untuk mensyukuri hal tersebut, Bunda mungkin bisa menyematkan nama Athiyyah. Nama Athiyyah memiliki makna pemberian, Bunda.

Menamainya dengan makna pemberian juga dapat menjadi doa dan harapan dari Bunda dan Ayah agar dirinya kelak bisa selalu memberi atau menolong kepada sesama.

Berikut rangkaian nama Athiyyah yang dapat dipilih oleh Bunda dan Ayah:

  • Athiyyah Hasanah = Wanita yang selalu memberikan kebaikan.
  • Athiyyah Maisun Tsary = Seorang wanita yang berwajah dan bertubuh cantik serta memiliki kekayaan berlimpah.

16. Atika

Nama bayi perempuan Islami yang satu ini pasti juga pernah Bunda dengar ya. Bahkan mungkin Bunda memiliki keponakan dengan nama ini. Hal ini sebenarnya tidak perlu diherankan, Bunda, karena nama Atika memiliki makna yang indah yaitu pemurah.

Memberikan sang buah hati dengan nama ini tentunya menjadi doa dan harapan agar dirinya menjadi orang yang suka memberi, tidak pelit, dan baik hati. Bila Bunda tertarik menggunakan nama Atika, simak referensi rangkaian namanya berikut ini:

  • Atika Zahra Ratifa = Anak perempuan yang berakhlak baik, pemurah, dan berseri-seri.
  • Atika Balqis Azizah = Ratu mulia yang pemurah.

17. Azizah

Memilih nama dengan makna perkasa tidak selalu harus pada laki-laki, Bunda. Nama bermakna perkasa juga dapat disematkan kepada Si Cantik, lho. Salah satu nama yang bermakna perkasa adalah Azizah, Bunda. Selain perkasa, nama ini juga bermakna mulia.

Dengan memilih nama bermakna perkasa, dan mulia akan menjadi harapan baginya kelak untuk dapat kuat, tangguh, dan memiliki derajat yang mulia.

Jika ingin menggunakan nama ini, simak rangkaian nama Azizah berikut ini:

  • Azizah Labibah = Wanita yang cerdas.
  • Azizah Nur Salam = Wanita mulia yang memancarkan cahaya.

18. Azka

Menginginkan dirinya kelak menjadi seorang yang bersih dan lebih sempurna juga merupakan salah satu mimpi dari orang tua, ya. Bunda dapat mendoakan dirinya dengan memberikan nama Azka. Nama Azka memiliki makna lebih bersih, dan lebih sempurna, Bunda.

Nama ini tentunya juga akan sangat indah bila disematkan kepada sang buah hati kesayangan. Berikut ini rangkaian nama Azka yang dapat menjadi referensi bagi Bunda:

  • Azka Kazimah Hana = Wanita yang lebih bersih, lebih mulia, bisa menahan diri dari amarah, dan selalu bahagia.
  • Azka Syandana Rahman = Kebaikan yang lebih bersih, lebih sempurna, dan mengalir terus.

Nama bayi perempuan Islami berawalan B

Sleeping newborn baby girl laying on a cream colored blanket on a pink purple backdrop with a headband in her hair and a slight smileIlustrasi nama bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ucpage

19. Badriyah

Cahaya yang dipancarkan oleh bulan purnama tentu sangat indah bila dilihat, ya. Bunda dapat membawa makna cahaya bulan purnama ke dalam nama si Kecil, lho. Salah satu nama yang memiliki makna ini adalah Badriyah.

Memberinya nama ini tentu menjadi harapan agar dirinya dapat bersinar terang di tengah kehidupan layaknya bulan purnama.  Selain maknanya yang indah, nama ini juga terdengar sangat cantik bila diucapkan, Bunda.

Jika tertarik untuk menggunakan nama ini untuknya, berikut ini rangkaian nama yang dapat Bunda pilih:

  • Badriyah Anisah = Wanita yang bercahaya laksana bulan purnama dan ramah dalam pergaulan.
  • Badriyah Nur Aini = Wanita yang memiliki pandangan mata bercahaya seperti bulan purnama.

20. Bahirah

Nama bayi perempuan Islami ini bermakna elok dan indah, Bunda. Nama ini tentunya dapat menjadi pilihan Bunda dan Ayah untuk menamainya.

Bila dirangkai, makna dari nama ini tentunyan akan semakin bagus. Tertarik untuk menamainya Bahirah? Simak rangkaian namanya berikut ini:

  • Bahirah Najibah = Wanita cantik yang dermawan.
  • Bahirah Janah = Surga yang indah.

21. Balqis

Nama Balqis cukup populer digunakan oleh banyak sebagian Bunda. Nama ini memiliki makna yang cantik yaitu Ratu. Nama Balqis tentu sangat cocok untuk Bunda pilih ketika menamainya.

Berikut adalah rangkaian nama Balqis yang dapat dipilih oleh Bunda:

  • Balqis Nabilah = Ratu yang cerdas.
  • Balqis Faiha Balighah = Ratu yang memiliki banyak kelebihan dan pandai bicara.

22. Basimah

Memiliki anak yang selalu bahagia dan tersenyum mungkin juga salah satu harapan terbesar dari Bunda dan Ayah. Untuk mewujudkannya, Bunda dan Ayah bisa menyematkan doa melalui nama Basimah. Nama ini memiliki makna senyuman, dan selalu tersenyum, Bunda.

Berikut rangkaian nama Basimah yang dapat menjadi referensi bagi Bunda:

  • Basimah Adibah = Wanita beradab yang selalu tersenyum.
  • Basimah Sausan Sasikirana = Anak gadis yang selalu tersenyum seperti rembulan yang terang dan bunga harum yang merah merekah.

23. Bassam

Jika nama Basimah masih kurang terasa cocok, Bunda bisa memilih nama Bassam untuk si Cantik. Nama bayi perempuan Islami ini memiliki makna serupa dengan Basimah yaitu senyuman. Jika tertarik, Bunda dapat melihat rangkaian nama Bassam berikut ini:

  • Bassam Mardhiyah = Wanita yang memiliki senyuman tulus.
  • Bassam Nafkah = Wanita yang memiliki senyuman merekah bagaikan bunga matahari.

24. Bikrun

Nama Bikrun dapat menjadi pilihan referensi lainnya untuk menamai si Cantik, lho. Nama ini memiliki arti gadis. Nama ini cocok digunakan bagi Bunda yang baru saja memiliki anak gadis untuk pertama kalinya. Rangkaian nama Bikrun juga tidak kalah bagus dengan lainnya, Bunda.

Jika tertarik, berikut ini rangkaian nama Bikrun yang dapat Bunda gunakan:

  • Bikrun Nabilah = Seorang gadis yang mulia.
  • Bikrun Sakhi = Gadis yang murah hati.

Nama bayi Islami berawalan C

25. Chiara

Jika Bunda ingin sang buah hati memiliki nama yang berawalan C, nama Chiara mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat. Nama bayi Islami yang indah ini memiliki makna cahaya, dan terkenal, Bunda. Nama Chiara akan jadi lebih terdengar indah bila dirangkaikan bersama nama lainnya.

Berikut rangkaian nama Chiara yang dapat Bunda pilih untuknya:

  • Chiara Raihanah = Wanita yang memiliki kebaikan hati seperti cahaya terang.
  • Chiara Rahmatiah = Wanita yang memilki cahaya kasih sayang.

Nama bayi perempuan Islami berawalan D

26. Dahlia

Nama bayi perempuan Islami yang satu ini tentu tidak kalah cantik dengan yang lainnya, Bunda. Nama Dahlia mempunyai arti yaitu lembut. Namun, nama ini juga berarti bunga dahlia, lho. Pastinya Bunda sangat familiar sekali dengan nama ini, ya.

Rangkaian nama yang diawali Dahlia sangat indah dan cantik, Bunda. Jika tertarik untuk menamainya dengan awalan Dahlia, simak yuk, rangkaian namanya berikut ini:

  • Dahlia Askanah = Wanita yang lembut dan baik hati.
  • Dahlia Badi’ah = Gadis yang keindahan.

27. Dariah

Memilih nama bayi perempuan bermakna lemah lembut tentu akan menjadi harapan baginya agar selalu baik dan menjadi tidak pemarah di sepanjang hidupnya. Nama yang cocok dengan makna ini adalah Dariah, Bunda.

Nama Dariah tentunya tidak kalah bagus dan indahnya dengan yang lain, lho. Jika tertarik, berikut ini rangkaian nama yang cocok untuk Bunda pilih:

  • Dariah Askanah = Wanita baik hati yang lemah lembut.
  • Dariah Fitriyani = Kelembutan anak yang suci.

28. Dzakiyah

Menamai si Cantik dengan nama bermakna cerdas tentu bisa menjadi pilihan yang bagus untuknya. Memberikan nama bermakna cerdas tentu menjadi doa dan harapan baginya agar kelak bisa cerdas dan pandai di dalam hidupnya.

Salah satu nama bermakna cerdas yang dapat dipilih oleh Bunda adalah Dzakiyah. Bila dirangkaikan dengan nama lainnya akan menambah makna yang terkandung, Bunda. Jika Bunda tertarik untuk menamainya dengan Dzakiyah, simak yuk, referensi rangkaian namanya berikut ini:

  • Dzakiyah Talita = Gadis cerdas.
  • Dzakiyah Hasna = Wanita yang cerdas dan cantik.

29. Dalilah

Pilihan nama berikutnya yang dapat Bunda dan Ayah pilih adalah Dalilah. Nama Dalilah memiliki makna menjadi penunjuk. Nama ini juga akan semakin terdengar indah dan manis bila dirangkaikan bersama nama lainnya, Bunda. Tentu akan sangat cocok disematkan padanya, ya.

Berikut ini rangkaian nama Dalilah yang dapat dipilih oleh Bunda dan Ayah:

  • Dalilah Qadiah = Yang menjadi penunjuk dan pemimpin.
  • Dalilah Nur Amalina = Petunjuk dan cahaya harapan kita.

Nama bayi perempuan berawalan E

30. Erni

Bila Bunda dan Ayah menginginkan sang anak cinta kepada keadilan, nama Erni dapat menjadi pilihan yang tepat. Nama Erni memiliki arti yaitu perasaan pada keadilan, Bunda.

Menamainya dengan nama ini dapat menjadi harapan bagi sang buah hati agar kelak selalu menjunjung tinggi keadilan dalam hidupnya. Jika Bunda tertarik, berikut rangkaian nama Erni yang dapat dipilih:

  • Erni Adibatul Husna = Wanita baik hati yang berpendidikan tinggi dan mencintai keadilan.
  • Erni Yuliani = Wanita kesayangan yang mencintai keadilan.

Itulah 30 referensi rangkaian nama bayi perempuan Islami yang dapat dipilih untuknya, Bunda. Apakah Bunda sudah memutuskan rangkaian nama yang tepat untuknya? Semoga informasi ini membantu, Bunda.

Simak inspirasi nama bayi lain dalam video di bawah ini:

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!