sign up SIGN UP search


nama-bayi

100 Nama Bayi Laki-laki Terpopuler 1 Abad Terakhir, Klasik dan Menarik Hati

Niken Damayanti   |   Haibunda Senin, 18 Apr 2022 17:33 WIB
Front view of the face of a cute naked white Caucasian new-born baby boy sleeping on a plain white knitted blanket, hands under the face, wearing a hand knitted hat. Shot on Canon EOS into a studio. Warm blurred sepia edit to emphasize overall softness feel. caption

Jakarta - Memilih nama bayi untuk Si Kecil menjadi salah satu keputusan yang penting. Banyaknya inspirasi nama bayi tentu membuat Bunda dan Ayah punya banyak pertimbangan.

Dari sekian banyak nama bayi yang selama ini telah digunakan, apakah Bunda ingin tahu nama bayi laki-laki terpopuler selama satu abad terakhir? Nama nenek moyang juga bisa menjadi inspirasi yang bisa Si Kecil pakai untuk menemani langkah hidupnya.

Tentu, setiap nama bayi mempunyai kisah yang menakjubkan dan berpengaruh pada keberhasilan kehidupan seseorang. Seperti nama Nicholas berasal dari kata 'Nike' yang berarti kemenangan menjadi nama andalan pada 1990-an.


Ditambah lagi adanya kisah di balik nama-nama bayi tersebut yang juga membuatnya lebih bermakna. Untuk itu, yuk kita simak Bunda nama-nama bayi laki-laki yang paling populer dalam satu abad terakhir yang telah HaiBunda rangkum dari Henry Herald berdasarkan data Social Security Administration.

Little baby boy, playing wtih little boat and little fish at home, having sailor hatIlustrasi nama bayi laki-laki/ Foto: Istock

1. Alexander

Popularitas Alexander naik pada 1993 hingga 2019 peringkat popularitasnya bertahan di tingkat 11. Walaupun tidak menembus 10 besar tetapi nama bayi Alexander menjadi pilihan yang cukup umum. 

2. Andrew 

Puncak popularitas nama Andrew berada pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, nama tersebut masuk lima besar nama bayi laki-laki paling populer lebih dari sekali selama periode ini.

3. Anthony

Anthony berasal dari bahasa Latin, beberapa tokoh terkenal memakai nama ini. Anthony adalah nama bayi yang cukup populer seabad yang lalu dan setelah mengalami penurunan yang singkat, nama Anthony menjadi lebih populer pada 1990-an dan awal 2000-an.

4. Brian

Berasal dari Irlandia, Brian dikenal sebagai raja tinggi Irlandia yang terkenal pada abad ke-10, nama bayi yang memiliki makna keberuntungan ini mencapai tingkat popularitas pada 2019. 

5. Benjamin 

Berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'anak laki-laki dari selatan' memberikan kesan kuat dalam beberapa tahun terakhir hingga pada 2010. Nama Benjamin dikenal sebagai nama bayi yang populer dengan peringkat popularitas ke-22.

6. Brandon

Nama yang berasal dari bahasa Inggris kuno bum dan dun yang berarti 'bukit yang ditutupi dengan sapu'. Nama Brandon berada pada tingkat 140.

7. Christopher

Nama Christopher menjadi pilihan yang sangat populer di seluruh dunia. Nama Christopher mengandung seseorang yang mempunyai iman yang kuat, dan berada di tiga besar nama bayi laki-laki paling populer sepanjang 1970-1980 an.

8. Charles

Nama Charles terkenal dengan nama seorang pangeran kerajaan dan banyak pria di Amerika memakai nama Charles. Puncak popularitas bertahan selama puluhan tahun dari 1947 hingga saat ini tetap berada dalam 50 nama paling banyak untuk nama bayi laki-laki.

9. Donald

Berasal dari Inggris, Donald menjadi nama bayi yang terkenal di seluruh dunia, tetapi sebelumnya nama Donald telah lama populer di Skotlandia. Namun, sementara nama Donald tidak lagi menjadi pilihan yang sangat populer untuk bayi laki-laki yang lahir di Amerika.

10. David

Lebih dari 3 juta, nama David digunakan untuk bayi laki-laki yang lahir di 100 abad terakhir. Padahal, jauh sebelumnya, nama bayi David memegang beberapa gelar yang cukup mengesankan. Tingkat popularitasnya berada pada urutan ke-27.

11. Daniel 

Daniel berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'Tuhan adalah hakimku'. Nama itu populer di Inggris sekitar abad pertengahan hingga 1985.

12. Dennis 

Nama Dennis menjadi nama bayi yang modern yang memiliki asal usul yang panjang dengan beragam sentuhan budaya, nama Dennis berasal dari bahasa Yunani Dionysios. Nama bayi Dennis memuncak pada 1952 hingga 2019 tingkat popularitasnya berada pada tingkat 552.

13. Eric

Eric yang dikenal sebagai pangeran Disney dalam film Mermaid berada pada popularitas tingkat 176 yang berasal dari Norse Kuno berarti 'penguasa abadi'.

14. Edward 

Nama Edward menjadi salah satu nama paling populer secara berturut-turut, selama 100 tahun terakhir dan pada 1900 dan 1990, nama bayi laki-laki juga memiliki sejarah panjang di Inggris dan nama ini tidak pernah turun di bawah tingkat popularitas ke-70.

15. Frank

Frank terkenal sebagai nama laki-laki klasik yang pernah booming tetapi tingkat popularitasnya menurun dalam beberapa tahun terakhir. Namun dilansir dari Henry Herald, nama bayi Frank kembali dengan bentuk yang sedikit berbeda, seperti Frankie. Nama Frank berada di tingkat popularitas ke-403 pada 2019.

16. George

Berasal dari bahasa Yunani, tingkat popularitas naik pada 1921 hingga 2019 menduduki tingkat ke-119. Nama bayi ini dikenal sebagai nama yang klasik pada saat itu, dihormati sebagai seorang pelindung Inggris.

17. Gary

Nama Gary tidak terlalu umum di kalangan nama bayi saat ini. Walaupun begitu, nama Gary mencapai tingkat popularitas di awal 1930-an pada tingkat ke 30 sebagai nama bayi laki-laki teratas pada 1937 hingga 1966 sampai saat ini nama Gary bertahan sampai saat ini pada tingkat ke-773.

18. Gregory 

Berasal dari Yunani, nama bayi Gregory menunjukkan kewaspadaan. Nama bayi yang menduduki peringkat popularitas ke-390 pada 2019, secara umum dikenal sebagai tokoh pendiri kepausan abad pertengahan dengan Santo Gregorius Agung. 

19. Justin

Nama Justin menduduki tingkat popularitas yang meningkat untuk nama bayi laki-laki dari 103 hingga ke 60. Walaupun, pada 1988 nama Justin berada di tingkat populer ke 17, namun nama Justin paling menonjol pada tahun-tahun terakhir.

20. Jerry 

Nama Jerry terkenal pada 1947 hingga 2019, tingkat popularitasnya berada pada urutan 676. Bahkan acara sitkom luar negeri juga menggunakan nama ini. Selain itu, nama Jerry juga menggambarkan seorang pemimpin yang bermakna tombak penguasa. 

21. Jason

Nama Jason terkenal dalam mitologi Yunani, Jason adalah pemimpin para Argonaut seorang pencari bulu gomba emas. Puncak popularitas Jason terjadi selama 1970 hingga beberapa tahun berturut-turut mencapai dua teratas dan bertahan dalam 100 nama bayi laki-laki teratas.

22. John

Nama John adalah nama teratas untuk bayi laki-laki pada 1918 dan cukup populer seabad kemudian hingga saat ini tingkat popularitas mencapai di urutan ke-28.

23. Joseph 

Nama Joseph populer sepanjang abad terakhir dan tetap berada di 20 nama bayi teratas untuk anak laki-laki pada 2017.

24. Joshua

Berasal dari bahasa Ibrani yang berarti Tuhan adalah keselamatan. Nama Joshua berada di tingkat lima besar nama bayi laki-laki dalam 25 tahun berturut-turut, dari 1983 hingga 2008.

25. Jeffrey

 Tahun 1960-an Nama Jeffrey menduduki masa kejayaan popularitas hingga awal 1970. Nama yang mempunyai versi lain yang pernah populer yaitu Geoffrey. Saat ini, tingkat popularitas nama Jeffrey berada pada urutan 364.

Portrait of a cute baby boy holding a stuffed animal while looking at the cameraIlustrasi nama bayi/ Foto: iStock

26. Jonathan

Nama Jonathan bertahan dalam 100 nama bayi laki-laki paling populer dari 1962 hingga saat ini, nama yang berasal dari bahasa Ibrani berarti perjanjian lama.

27. Jack

Nama Jack memberikan kesan menawan dan pintar, nama Jack masuk historis berbagai cerita rakyat. Nama bayi ini populer pada 1927 hingga 2019. Popularitasnya bertahan pada tingkat ke 19, juga mempunyai arti kesuksesan.

28. Jacob

Nama Jacob mencapai tingkat popularitas ke-13, nama bayi laki-laki ini diambil dari Alkitab berasal dari bahasa Ibrani.

29. James

Nama James, pada 2019 masuk peringkat ke-6 sebagai nama bayi laki-laki terpopuler. Nama ini menjadi salah satu dari lima nama bayi teratas untuk anak laki-laki. 

30. Kenneth

Kenneth berasal dari bahasa Inggris Cinaed dan Connieach. Puncak popularitas nama bayi Kenneth pada 1957 dan 2019 tingkat popularitas berada di tingkat ke 233.

31. Kevin

Berasal dari Bahasa Inggris yang berarti terlahir tampan atau terlahir mulia mencapai popularitas pada 1963. Pada 2019 peringkat popularitas nama Kevin berada di 149.

32. Larry 

Larry merupakan singkatan dari Lawrence atau Laurence, Nama Larry mencapai puncak popularitas pada 1947, hingga pembawa acara TV dan radio terkenal pada 1933 yaitu Larry King menggunakan nama ini dan pemain bola basket Larry Bird kelahiran 1956 memakai nama Larry.

33. Mark

Mark berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari Mars, dewa perang Romawi. Nama bayi ini paling populer pada 1960-an hingga 2019 menduduki tingkat popularitas ke-223.

34. Matthew

Pada 1990-an, Matthew berada di tiga besar nama bayi laki-laki paling populer. Walaupun beberapa nama sempat mengalami penurunan tingkat popularitas, nama Matthew tetap berada di 20 teratas.

35. Michael

Berasal dari Bahasa Ibrani. Nama bayi laki-laki Michael menempati urutan ke 12 nama terpopuler pada 2017.

36. Nicholas

Nama Nicholas berasal dari kata nike yang berarti kemenangan menjadi nama andalan pada 1990-an. Nama Nicholas berada di tingkat popularitas ke-10 teratas yang dikenal sebagai nama bayi laki-laki sepanjang sebagian besar dekade hingga 2000-an.

37. Patrick

Nama Patrick tingkat popularitasnya naik pada 1964 dan 2019 berada di tingkat 206, sudah 1.870 yang menggunakan nama Patrick. Nama bayi yang bermakna bangsawan pada abad ke-17 kadang dianggap terlalu suci untuk digunakan sehari-hari.

38. Paul

Nama Paul tercatat dalam sejarah agama, seperti seseorang yang terkenal masuk Kristen melakukan perjalanan dengan menyebarkan pesan agama. Nama Paul tetap menjadi populer secara mengejutkan pada 1957 hingga saat ini di tingkat ke 245.

39. Ryan

Nama Ryan menjadi nama yang tren saat ini menduduki tingkat popularitas ke-54 diprediksi akan populer 30 tahun ke depan. Nama Ryan menjadi lompatan besar dalam popularitas dari tahun 1970 hingga saat ini.

40. Ronald

Nama Ronald mencapai puncak popularitas pada 1947, terdengar cukup umum dari tahun 1930-an hingga awal 1980-an. Beberapa pejabat tinggi memiliki nama ini seperti mantan presiden dan salah satu makanan cepat saji terbesar di dunia. 

41. Raymond 

Nama Raymond adalah nama bayi yang paling populer ke-15 pada 1918 dan 1949 berada peringkat 30 dan terus turun hingga menduduki peringkat 328 pada 2019 untuk nama bayi laki-laki. 

42. Robert 

Nama Robert menjadi paling populer pada 100 tahun yang lalu, mencapai tingkat keempat untuk nama bayi laki-laki. Hingga 2017, tingkat popularitasnya mulai menurun tetapi tetap berada di antara 100 teratas. 

43. Richard

Selama abad pertengahan, nama Richard disingkat menjadi Rick. Tingkat popularitas berada pada 1946 hingga saat ini berada pada urutan ke 198.

44. Stephen

Nama Stephen populer sepanjang abad ke-20 dan nama Stephen menjadi nama terkenal. Tingkat popularitasnya berada di puncak pada 2019.

45. Samuel

Nama Samuel mempunyai asal usul sejarah yang luas. Nama yang berasal dari bahasa Ibrani sebagai salah satu nama yang paling disukai untuk bayi laki-laki. Secara konsisten menempati peringkat di abad ke-21 hingga tingkat popularitas pada 2019, berada di tingkat 22.

46. Scott 

Berbeda dengan nama lainnya, nama Scott berasal dari abad ke-12 yang digunakan sebagai nama belakang memiliki sejarah Skotlandia selama berabad-abad. Namun, ada bukti yang mengatakan berasal dari Inggris kuno pada abad ke-5 dikenal sebagai Scotti dan akhirnya menjadi Scotland atau Skotlandia. 

47. Steven

Berasal dari bahasa Yunani yang berarti mahkota, tingkat popularitas berada pada urutan ke-200 pada 2019. Tetapi pada 1956, menjadi puncak popularitas nama bayi Steven.

48. Thomas

Berasal dari Inggris, Thomas masuk 50 nama bayi terpopuler untuk anak laki-laki, puncak popularitas berada pada 1952 hingga 2019 berada pada urutan ke-47. 

49. Timothy

Sejak 1918, Nama Timothy berada di 400 nama bayi laki-laki teratas dan mencapai puncak popularitas akhir 1950-an hingga awal 1960-an. Beberapa aktor muda telah memakai nama ini, pada 2019, nama Timothy berada di tingkat ke-188.

50. William

William sangat populer selama beberapa dekade, seperti pada 1918 nama William menjadi nama anak laki-laki paling populer kedua. Tingkat popularitas mencapai 5 besar yaitu di urutan ke-4.

Cute little baby boy, relaxing in bed after bath, smiling happily, daytimeIlustrasi nama bayi laki-laki/ Foto: istock

Demikian Bunda, 50 nama bayi laki-laki paling populer selama satu abad terakhir. Bagaimana, gagah dan menarik hati bukan? Semoga ada nama bayi yang Bunda sukai ya.

Nah Bunda, biar makin semangat menjalani bulan Ramadan, ada HAMPERS spesial nih dari HaiBunda. Bunda bisa mendapatkan minyak goreng 2 liter, emas 3 gram, smartphone, smart TV, dan masih banyak lagi. Daftar di SINI.

Saksikan juga video menarik lain tentang nama bayi di bawah ini yuk.

(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!