sign up SIGN UP search


nama-bayi

Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islam Modern, Menyiratkan Makna dan Harapan Baik

Tim Haibunda   |   Haibunda Jumat, 27 May 2022 17:10 WIB
Happy Baby in White Knitted Hat Crawling on White Blanket, Infant Kid Boy Portrait, Smiling Child six months old caption
Jakarta -

Jakarta - Memilih nama bayi tentunya merupakan momen yang sangat penting karena itu akan dimiliki Si Kecil seumur hidupnya. Bunda pastinya ingin memberikan nama bayi yang memiliki arti yang baik.

Memberikan nama bayi laki-laki sesuai syariat Islam memang membutuhkan perencanaan matang ya Bunda. Pasalnya, nama bayi merupakan doa yang akan mempengaruhi kepribadian dan akhlak anak di kemudian hari.

Untuk membantu Bunda, berikut kami berikan inspirasi nama bayi laki-laki yang memiliki nuansa Islami. Lima nama di bawah ini selain memiliki makna baik, juga menyiratkan berbagai harapan Bunda dan Ayah untuk kehidupannya kelak.


Mothers hand comforting new born baby boy sleeping.Nama bayi laki-laki/ Foto: iStock

1. Adnan

Nama Adnan, berasal dari bahasa Arab dan memiliki 4 arti yaitu kesenangan, penenang hati, nama orang terdahulu serta riang gembira. Nama ini menyiratkan harapan supaya bayi laki-laki Bunda dapat tumbuh menjadi anak yang selalu riang gembira, rendah hati, dan disukai oleh banyak orang.

Bunda bisa mengombinasikan nama Adnan dengan beberapa nama lainnya seperti Athan dan Choirin yang memiliki arti kebaikan dan keabadian. Kombinasi lain yang bisa digunakan adalah dengan nama Farezi dan Armeer yang maknanya jujur dan penjaga yang baik.

2. Caleb

Inspirasi nama bayi laki-laki Islam modern yang berikutnya adalah Caleb. Caleb adalah nama bayi yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti yang bagus yaitu dermawan. Dengan memberi nama ini, Bunda tentu menyisipkan harapan supaya Si Kecil kelak menjadi anak yang dermawan dan baik hati.

Jika nama Caleb dirasa terlalu pendek, Bunda bisa mengombinasikannya dengan nama bayi lain seperti nama keluarga atau nama lain yang memiliki makna yang tidak kalah bagusnya.

3. Dafa

Untuk Bunda yang ingin nama bayi yang memiliki kesan kuat, nama Dafa akan sangat cocok untuk dipilih. Nama yang memiliki kesan islami ini berarti pembela atau memiliki banyak pertahanan diri. Bisa dikatakan dengan memberi nama ini, Bunda mengharapkan Si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.

4. Fadli

Selanjutnya, ada nama Fadli yang berasal dari bahasa Arab. Nama Fadli memiliki arti kelebihan dan insan. Sehingga bisa diartikan kalau harapan dari diberikannya nama ini adalah pintar, cerdas, berbakat, dan istimewa. Nama Fadli memiliki beberapa variasi penulisan misalnya Fadhli, Fadilah, Fadl dan Fadila.

5. Raafi

Nama Raafi juga bisa dijadikan pilihan untuk nama bayi laki-laki. Nama Raafi berarti pendorong, pengangkat dan kilauan halilintar. Harapan yang tersimpan di balik pemberian nama bayi ini adalah supaya Si Kecil tumbuh menjadi orang yang cerdas, bijaksana, tampan, serta pemberani.

Nama ini cukup banyak digunakan, namun Bunda bisa mengombinasikannya dengan nama bayi lain supaya tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya dengan menambahkannya unsur angka sesuai dengan urutan lahir anak atau nama keluarga.

Nama bayi laki-laki berawalan R dari Al-Qur'anNama bayi laki-laki berawalan R dari Al-Qur'an/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Itulah beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki Islam modern yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil. Sudahkah Bunda dan Ayah mendapatkan nama bayi yang tepat?(PK)

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Saksikan juga yuk video menarik tentang nama bayi di bawah ini.

(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!