nutrisi

Resep Burger Oncom, Paduan Legit Menu Asing dan Indonesia

Zika Zakiya Rabu, 10 Okt 2018 - 15.26 WIB
Resep Burger Oncom/Foto: Modern Moms Trans7 Resep Burger Oncom/Foto: Modern Moms Trans7
Jakarta - Burger isi daging merupakan menu umum yang biasa Bunda temui. Nah, kali ini kita buat burger yang dipadukan dengan selera Indonesia yuk yaitu burger oncom.


Rasanya tidak jauh berbeda kok hanya saja ada sedikit rasa oncom di dalam sebagai pengganti daging. Oncom sendiri berasal dari Jawa Barat dan dibagi menjadi oncom merah dan hitam. Dilansir detikcom, oncom merah dibuat dari bungkil tahu (kedelai yang sudah diambil proteinnya dalam pembuatan tahu). Varian ini didegradasi oleh kapang oncom Neurospora sitophila atau N. intermedia.


Untuk menu burger isi oncom, kita lihat yuk bagaimana pengolahannya bersama Kamidia Radisti dari program Modern Moms Trans 7 berikut:

Bahan:
200 gr oncom bakar
3 tangkup roti burger
50 gr ayam cincang
25 gr tepung sagu
1 butir telur
Garam
Bubuk merica
1 sdt bubuk pala
Mayonaise
Saus tomat atau saus cabai (sesuai selera Bunda)
4 buah keju slice
Aneka sayuran (selada, timun, dan tomat)


Cara membuat:
1. Campur oncom, telur, tepung sagu, sejumput bubuk pala, garam, dan merica di dalam wadah. Aduk dengan tangan hingga menyatu sempurna.

2. Bentuk pipih adonan yang sudah tercampur seperti isian daging burger, lalu panggang di atas wajan. Angkat dan pisahkan.

3. Panggang roti.

4. Roti yang sudah terpanggang bisa Bunda susun dengan urutan sebagai berikut: roti, mayonaise, saus sambal, selada, timun, oncom, keju slice, dan roti lagi sebagai penutup bagian atas.

5. Burger oncom siap disajikan.

[Gambas:Video 20detik] (ziz/rdn)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi