sign up SIGN UP search


parenting

Risiko Sedot Ingus Anak Pakai Mulut

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 15 Jun 2017 13:54 WIB
Saat hidung anak mampet sampai nggak bisa napas, kasihan banget ya. Kadang ada bunda atau ayah yang nekat nyedot ingusnya. Padahal, cara itu nggak dianjurkan. caption
Jakarta - Ketika anak pilek, hidungnya mampet sampai nggak bisa napas, sedih ya Bun ngelihatnya. Saking nggak teganya, kadang ada bunda atau ayah yang nekat nyedot hidung si kecil, dengan tujuan ingus yang mampat di hidung anak bisa keluar hingga anak bisa bernapas lega.

Kayak teman kantor saya yang merupakan ibu dua anak. Kata dia, kalau anak-anaknya lagi pilek terus hidungnya mampet, kadang nyedot ingus anak jadi cara andalan dia biar si kecil bisa napas lega lagi. Ya, walaupun teman saya ini nyuruh suaminya sih karena dia sendiri nggak tega kalau ngelakuin itu.

"Tapi gue selalu nyuruh suami gue gosok gigi dulu sebelum nyedot ingus anak gue. Abis kasihan anak gue kalau hidungnya mampet gitu, susah napas, nggak bisa tidur," kata teman saya.


Beberapa Bunda di sini, mungkin ada yang sering mempraktikkan sedot ingus pakai mulut juga? Kalau Bunda atau Ayah pernah bahkan sering melakukannya, besok-besok kalau bisa jangan dilakuin lagi ya Bun. Sebab, seperti kata dr Marlyn Cecilia Malonda SpA, kalau kita sedot ingus si anak, apalagi pakai mulut, itu bisa memperbesar risiko infeksi Bun.

"Karena kan saat itu terjadi transfer kuman ya. Jadi nggak disaranin melakukan itu," kata dr Marlyn yang sehari-hari praktik di RS Mayapada Tangerang. Nah, dr Marlyn lebih merekomendasikan Bunda pakai nassal spray untuk melegakan hidung anak yang tersumbat.

Dijelaskan dr Marlyn, nassal spray sifatnya mengencerkan sekret hidung yang cukup kental. Sehingga, sekret hidung alias ingus itu bisa lebih encer dan gampang keluar. Jadinya, hidung anak nggak mampet lagi deh. Apalagi, di pasaran kan banyak juga ya Bun dijual nassal spray yang khusus anak atau bayi.

"Nassal spray masih bisa digunakan untuk melegakan hidung tersumbat, tapi kalau disedot pakai mulut, nggak direkomendasikan. Nanti jadinya malah infeksi," tegas dr Marlyn.

Nah, Bun mulai sekarang baiknya jangan coba-coba lagi menyedot ingus anak pakai mulut ya. Salah-salah, hidung anak bukannya lega tapi malah kena infeksi. Hiii, amit-amit ya Bun. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi