parenting

Begini Cara Alyssa Soebandono Ajarkan Anak Jujur

Jumat, 16 Jun 2017 14:30 WIB
Begini Cara Alyssa Soebandono Ajarkan Anak Jujur
Jakarta - Jujur adalah nilai yang perlu kita tanamkan pada anak sejak dini. Nah, cerita selebriti Alyssa Soebandono mengajarkan kejujuran pada anak, mungkin bisa menginspirasi nih Bun.

Ketika buah cinta Icha, demikian sapaan akrab Alyssa, dan Dude Herlino lahir, tentu harapan baik dipanjatkan. Ya, sebagai orang tua tentu ingin anak kita tumbuh dengan pribadi yang baik.

Untuk menanamkan nilai kejujuran pada Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino (2), Icha memberikan contoh perilaku jujur pada anaknya. Seperti misalnya ketika akan berangkat kerja, maka sebisa mungkin Icha bilang jujur ke anaknya kalau dirinya memang mau kerja dan bukannya bilang mau ke tempat lain.


"Walaupun anak nantinya nangis, tapi nggak masalah karena demi menanamkan sifat agar tidak berbohong," kata Icha di sela-sela konferensi pers minyak telon My Baby di Rumah Maroko Jl Tasikmalaya, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Menurut Icha, kalau orang tua berbohong pada anak lalu anak mengetahuinya di kemudian hari, maka anak akan meniru yang dilakukan orang tuanya. Di benak anak akan tertanam 'orang tua saja bohong, kenapa aku nggak'.

"Karena itu saya selalu ajarkan anak dengan memberi tahu segala sesuatu sesuai kenalarannya yang dia bisa mengerti," sambung perempuan berkerudung yang sekarang sedang mengandung anak kedua ini.

Ya, saya setuju banget Bun, kalau mau mengajarkan hal yang baik pada anak maka cara paling tepat adalah dengan memberikan contoh. Jadi jangan sampai kita selalu nasihati anak biar jangan suka bohong, eh tapi kita sebagai orang tua malah bohong.

Bunda ada yang mau memberikan tips lain soal menanamkan perilaku positif pada anak? Yuk langsung saja tuliskan di kolom komentar, Bun. Mungkin bisa bermanfaat buat ibu-ibu lainnya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi