parenting

Bun, Jangan Marahi Anak di Depan Umum Saat Ketahuan Nyontek Ya

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 15 Jul 2017 09:03 WIB
Bun, Jangan Marahi Anak di Depan Umum Saat Ketahuan Nyontek Ya
Jakarta - Tahu anak nyontek saat ujian mungkin bikin Bunda marah. Kadang, karena nggak sadar, si kecil pun kita marahi aja ya Bun di depan orang banyak, misalnya di depan anggota keluarga. Hmm, sabar dulu Bun. Baiknya jangan marahi anak di depan orang banyak ya.

Karena, bagaimanapun 'membongkar' hal negatif yang dilakukan anak di depan orang lain adalah sesuatu yang nggak menyenangkan lho Bun buat anak. Terlebih, kayak diungkapkan psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog, itu tidak akan membuat anak kapok.

"Justru, memarahi anak di depan banyak orang saat dia ketahuan nyontek [https://us.health.detik.com/read/2009/08/18/171106/1185107/764/penyebab-anak-mencontek-di-sekolah] akan membuat dia takut ketahuan nyontek," kata ibu dua anak yang akrab disapa Nina ini waktu berbincang sama HaiBunda.


Akibatnya, si kecil bukannya nggak akan mau nyontek lagi tapi malah dia mencari bagaimana caranya dia bisa tetap nyontek tanpa ketahuan. Soalnya, kalau ketahuan nanti Bunda akan cerita ke orang lain. Dengan kata lain nih Bun, anak justru akan mencari trik nyontek yang lebih 'canggih'.

Bunda perlu tahu, dengan memarahi anak di depan orang banyak secara nggak langsung juga kita sudah mempermalukannya lho Bun. Alhasil, anak bisa merasa sedih, nggak berharga, dan gagal. Tapi kan, Bunda juga perlu menceritakan masalah si kecil yang nyontek ini ke orang lain. Bagaimana dong?

Boleh-boleh aja kok Bun menceritakan perihal anak nyontek [https://health.detik.com/read/2010/09/21/082035/1444380/763/indeksfokus] ke orang lain. Tapi, Nina berpesan ceritalah tanpa menunjuk-nunjuk anak dan sebisa mungkin tidak di depan anak. Kemudian, usahakan Bunda curhat ke orang lain untuk mencari solusi ya, bukan sekadar menceritakan kekesalan Bunda aja karena si kecil ketahuan nyontek.

"Kalau terpaksa banget hal ini diceritakan di depan anak, Bunda bisa katakan ke anak 'Gini ya Nak, Bunda mau cerita ke tante kamu karena kemarin Bunda sedih banget dapat info kalau kakak nyontek'," kata Nina yang praktik di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.

Dengan melakukan itu, anak juga tahu Bun bahwa kita memang punya perasaan sedih yang mendalam ketika tahu dia nyontek. Nina mengakui, memang kadang ada orang tua yang serta merta memarahi anak saat ketahuan nyontek karena ada dorongan supaya anak malu dan kapok.

"Tapi, kita nggak mesti berusaha banget membongkar aib anak kan," tambah Nina.

Kalau Bunda, ketika tahu si kecil nyontek di sekolah, apa nih yang Bunda lakukan? Jangan ragu membagikan cerita Bunda di kolom komentar ya. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi