parenting

Cara Donna Agnesia dan Darius agar Anak Nggak Kebanyakan Main Gadget

Asri Ediyati Kamis, 19 Oct 2017 16:51 WIB
Cara Donna Agnesia dan Darius agar Anak Nggak Kebanyakan Main Gadget
Jakarta - Sekarang ini, memisahkan anak dari gadget memang susah-susah gampang. Tapi, bukan berarti kita nggak bisa mengakalinya. Seperti yang dilakukan pasangan Donna Agnesia dan Darius Sinathrya ini, Bun, untuk membatasi pemakaian gadget si kecil.

"Kalau saya sama Darius punya aturan khusus buat anak-anak. Gadget hanya boleh digunakan saat weekend," papar Donna Agnesia di sela-sela Launching Optic Tunggal Next Generation di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (19/10/2017).

Donna Agnesia mengaku dirinya dan Darius pun memiliki syarat tambahan untuk anak-anaknya sebelum memakai gadget di akhir pekan. Jadi, si kecil harus mandi dan sarapan, Bun, sebelum main gadget. Kata Donna, gadget yang dipakai pun cuma satu serta harus bergantian.


Kok cuma satu? Apa nggak rebutan, Bunda Donna? Nah, itu dia, Bun! Donna sengaja memberikan ketiga anaknya hanya satu gadget saja agar tercipta komunikasi di antara mereka.

Baca juga: Meski Sibuk, Donna Agnesia Tetap Prioritaskan Pendidikan Anak Sejak Dini

"Meskipun nanti ujung-ujungnya ribut, at least ada komunikasi di antara mereka. Dan nantinya pasti mereka akan belajar berbagi," kata Donna Agnesia.

Supaya si kecil nggak sering main gadget, Darius rutin mengajak kedua putranya main bola. Sedangkan Sabrina ikut ekskul di sekolahnya serta les renang. Di weekdays, gadget sengaja disimpan Donna dan Darius di kamarnya. Baru deh, ketika ada tugas sekolah yang memerlukan laptop, Donna akan meminjamkan laptopnya ke putra-putrinya. Kalau sudah selesai, nggak ada toleransi, Bun, sehingga laptop yang dipakai sang anak harus dikembalikan lagi.

Donna cerita, kadang anaknya masih curi-curi kesempatan kalau dirinya berada di luar kota, Bun, hi-hi-hi. "Saya biasanya bilang ke anak-anak, 'Kan mama udah percaya sama kalian. Tolong jaga kepercayaan mama,'' tutup Donna Agnesia.

Nah, itu cara Donna Agnesia dan Darius Sinathrya mengatur anaknya dalam memakai gadget. Kalau Bunda bagaimana caranya supaya anak nggak kebanyakan main gadget? Yuk, ceritakan di kolom komentar.

Baca juga: Donna Agnesia: Laki-laki Kasar Tidak Gentleman

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi