parenting

Cara Agar Bonding Sama Anak Tetap Terjaga Saat Bunda ke Luar Kota

Asri Ediyati Selasa, 12 Dec 2017 12:01 WIB
Cara Agar Bonding Sama Anak Tetap Terjaga Saat Bunda ke Luar Kota
Jakarta - Siapa sih ibu yang nggak pengen menghabiskan waktu bareng buah hatinya? Tapi, kadang kala karena keadaan, salah satunya dinas ke luar kota untuk urusan kerjaan, kita harus meninggalkan anak dalam waktu lama.

Duh, rasanya Bunda pengen nangis deh, Nak. Di sisi lain ini tuntutan pekerjaan tapi di samping itu nggak tega rasanya ninggalin kamu berdua sama ayah. Hiks. Nggak pelak, Bunda pun galau. Memang ya, Bun, hidup nggak selamanya menyenangkan. Ada kenyataan pahit yang mesti kita hadapi. Tapi, biar begitu bukan berarti nggak ada yang bisa kita lakukan supaya kenyataan itu nggak 'pahit-pahit' amat gitu. He-he-he.

Kayak kalau kita dinas ke luar kota, namanya kangen sama anak pasti ada. Namun, ada beberapa cara nih untuk menjaga 'bonding' antara kita dan si kecil tetap terjalin. Gimana tuh?


"Jika anak masih bayi, memang seharusnya kita 'menyentuh' mereka, lewat menyusu dan menggendong. Tapi jika ibu sedang di luar kota, suamilah yang bertugas untuk memberi sentuhan," ujar psikolog anak Vera Itabiliana MPsi, saat ditemui HaiBunda di Senayan City, baru-baru ini.

Kata Vera, selain sentuhan dari orang terdekat, anak juga perlu melihat foto bundanya. Kalau sekarang, teknologi kan udah makin canggih nih, Bun. Nah, kita bisa video call-an deh sama si kecil.

"Jika ingin melakukan video call pun harus rutin, anak akan ngerti kapan bisa bertemu dengan bundanya," ujar Vera.

Vera bilang seiring bertambahnya umur anak, pas bunda lagi tugas ke luar kota lagi, topik pembicaraannya harus lebih kreatif lagi. Lho, emang ya kenapa?

"Iya, kita perlu kreatif, jangan nanya yang itu lagi itu lagi, misalnya udah 'makan belum?' Ya kan, anak lama-lama juga bosan kalau ditanya udah makan atau belum makan melulu," tutup Vera.

Nah, gimana, Bun? Sekarang kita nggak perlu terlalu sedih pas harus ninggalin anak tugas luar kota. Ya, karena bonding sama mereka masih bisa terjalin sampai nanti tugas kita selesai dan bisa kumpul lagi deh sama si kecil.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi