parenting

Anak Laki-laki Suka Warna Pink, Perlukah Orang Tua Khawatir?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 28 Mar 2018 16:54 WIB
Anak Laki-laki Suka Warna Pink, Perlukah Orang Tua Khawatir?
Jakarta - Masing-masing orang punya warna favorit. Begitu juga dengan anak-anak. Meski kadang beberapa warna diidentikkan dengan gender. Misalnya pink alias merah muda identik dengan warna perempuan. Nah, gimana kalau warna pink ini disukai sama anak kita yang berjenis kelamin laki-laki?

Memang, persepsi pink adalah warna cewek banget sehingga anak cowok nggak sepatutnya suka warna pink kembali lagi pada nilai dan budaya yang berlaku di masing-masing keluarga. Tapi, kata founder Yayasan Peduli Sahabat sekaligus penulis buku 'Anakku Bertanya tentang LGBT' Agung Sugianto yang akrab disapa Sinyo, nggak masalah kok, Bun, ketika anak laki-laki suka warna pink. Dengan catatan dia hanya sekadar suka ya.

Tapi, Sinyo bilang kita perlu menjelaskan ke anak warna pink itu sebenarnya 'warna bebas' dalam artian bukan warna khusus anak perempuan atau laki-laki aja. Anak suka warna hitam, boleh aja, suka warna pink alias merah muda pun boleh.


"Cuma kita sampaikan di kultur kita warna pink itu kesukaan gadis-gadis. Kesukaan mbak-mbak. Kamu nggak apa-apa tuh pas suka warna pink dibilang hii... (kok anak laki-laki suka warna pink). Jadi dijelaskan," ungkap Sinyo waktu ngobrol dengan HaiBunda.

Nah, kalau anak sudah berusia 6-10 tahun dan frekuensi suka akan warna pink sudah terus-menerus dan arahnya udah mulai ada sedikit yang nggak beres dengan anak, kata Sinyo sebagai orang tua kita perlu mengobservasi lagi, Bun.



Dikutip dari Babble, pakar desain Jude Stewart yang juga penulis buku 'ROY G. BIV: An Exceedingly Surprising Book About Color' mengatakan aturan warna merah muda untuk anak perempuan sebenarnya sudah terjadi di Amerika sampai pertengahan abad ke-20. Selama periode itu, kata Jude para ibu beralih dari pakaian buatan sendiri ke pakaian toko.

"Sebelumnya anak laki-laki dan perempuan sering dipakaikan warna pucat. Tapi kemudian, mereka dipakaikan baju sesuai warna matanya, biru untuk anak bermata biru, merah muda untuk anak bermata cokelat," kata Jude.

Dia menambahkan, sebenarnya pink juga dipakai sebagai warna kapal perang Inggris dengan tujuan supaya warna kapal bisa membaur dengan suasana senja. Bahkan, di Italia ada ajang balap sepeda bergengsi tiap bulan Mei, Giro d'Italia di mana jersey pink dijadikan tanda kemenangan bagi siapapun pria yang memenangkan pertandingan itu.

"Ketika anak laki-laki kita hanya sekadar suka warna pink dan itu jadi pembicaraan orang, coba alihkan bahan pembicaraan ke hal sepele yang lebih menarik. Saya jamin mereka akan melupakan soal warna merah muda itu kok," kata Jude.

Kalau menurut Bunda, gimana ketika anak laki-laki suka warna merah muda alias pink?

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi