parenting

Tips Agar Anak Tak Terlalu Rewel Saat Diajak ke Tempat Ramai

Amelia Sewaka Sabtu, 07 Apr 2018 19:52 WIB
Tips Agar Anak Tak Terlalu Rewel Saat Diajak ke Tempat Ramai
Jakarta - Sah-sah aja kalau Ayah dan Bunda mau refreshing misalnya nonton konser, nonton bioskop atau hang out ke mal. Hmm, tapi kalau mau ngajak anak biasanya mereka jadi rewel nih, Bun. Untuk meminimalkan kemungkinan anak rewel saat diajak ke tempat ramai ada yang bisa kita lakukan nih, Bun.

Seperti kata psikolog pendidikan dari Rumah Dandelion, Orissa Anggita Rinjani, briefing anak sebelum kita ke tempat ramai yang ingin kita tuju. Kasih tahu ke si kecil nanti akan bertemu siapa, kegiatannya apa, bundanya akan ngapain dan si anak diharapkan ngapain.

"Kalau perlu bawakan mainan atau benda kesukaannya untuk mengisi waktu seperti buku, kertas mewarnai atau puzzle. Asal jangan gadget. Briefing juga ke orang dewasa di sekeliling bahwa kita bawa anak dan mungkin minta kerja samanya," tutur psikolog yang akrab disapa Ori ini.


Ori juga menekankan untuk para orang tua agar memperhatikan juga urgensi dan durasi acaranya. Misalnya kalau mengajak anak ke kantor untuk meeting atau salat Ied di masjid, kata Ori masih worth it untuk diusahakan bawa anak seandainya nggak ada alternatif lain.



"Tapi kalau untuk sekadar ke bioskop misalnya, sepertinya bisa ditunda," lanjut Ori.

Sementara itu, menurut psikolog anak Vera Itabiliana, menjadi orang tua memang butuh komitmen dan tidak sedikit pengorbanan. Jika mengajak anak ke tempat ramai misalnya nonton film di bioskop dan ini masih bisa ditunda, baiknya ditunda aja, Bun. Ya, walaupun ini kembali lagi pada keputusan masing-masing orang tua ya.

"Semua ada waktunya, saat ini mungkin harus mengutamakan anak terlebih dahulu. Jika tetap ingin membawa anak ya pertimbangkan beberapa hal seperti suara yang keras, ruang gelap dan lainnya," tutur Vera saat ngobrol dengan HaiBunda.

Vera melanjutkan, jika Bunda dan Ayah lagi pengen banget nonton film, mungkin bisa dicoba alternatif lain kayak nonton DVD di rumah atau nonton film streaming. Kalau Bunda, punya tips apa supaya anak nggak rewel saat diajak ke tempat ramai.


(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi