sign up SIGN UP search


parenting

Perhatikan Ini Dulu Yuk, Bun, Sebelum Buatkan Anak Akun Medsos

Amelia Sewaka   |   Haibunda Sabtu, 21 Apr 2018 19:01 WIB
[Penting nih buat yang mau bikin akun medsos buat anak.] caption
Jakarta - Di zaman yang serba cepat dan digital seperti sekarang, siapa sih yang nggak punya akun media sosial (medsos)? Bahkan hewan kesayangan aja punya medsos. Nah, apalagi anak-anak yang mungkin usianya kayaknya belum pas nih main medsos.

Memang, ada orang tua yang sengaja membuatkan anak akun medsos dan ini kembali lagi pada keputusan masing-masing. Kalau memang Bunda mau buatkan anak akun medsos coba perhatikan beberapa hal berikut ini dulu ya, Bun.

Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, memang berisiko membuatkan akun medsos untuk anak karena kan sebenarnya untuk punya akun medsos pastinya ada batasan usia tertentu.




"Tapi tetap sih semua keputusan atas apa yang dilakukan adalah hak orang tua masing-masing asalkan tahu risikonya," ungkap Vera.

Misal nih, Bun, orang tua yang buatkan medsos untuk anaknya tapi dia tahu nih akan risiko dan bahayanya. Maka, si orang tua pun melakukan antisipasi seperti nggak men-tag lokasi yang sedang didatangi dan nggak berbagi personal informasi.

"Cuma tetap, sekali lagi harus banget diperhatikan kenyamanan anak nih sampai di mana. Karena saya pernah dapat kasus, si anak sampai nggak nyaman karena difoto terus, kalau ke mana-mana dicolek-colek pipinya dan pada minta foto bareng," tutur Vera.

Begini, Bun, Vera bilang anak itu nggak paham kenapa dan untuk apa fotonya ada di sana. Jadi, nanti ketika anak usianya udah lebih besar, menurut Vera harus banget tuh, Bun, didiskusikan lagi antara anak dan orang tua. Jangan lupa izin juga sama anak kalau mau posting sesuatu dengan bilang misalnya, 'Nak, Mama boleh nggak taruh foto kamu di medsos?'.

"Hal kayak gitu sama juga mengajarkan ke anak bahwa dia punya hak lho untuk menolak, berhak untuk nggak suka dan mengajarkan soal privasi," ungkap Vera.



Adapun kalau orang tua nggak teliti ketika membuatkan akun medsos anak bisa berdampak macam-macam.

"Mungkin kalau orang tuanya bisa menjaga segala risiko, pasti akan baik-baik saja. Tapi kalau terlalu berlebihan dampak jangka panjang bisa jadi anak bentar-bentar selfie dan akhirnya jadi self centered, terlalu fokus sama dirinya sendiri karena medsos kan isinya me, me dan me," imbuh Vera.

Wah, ini bisa jadi peringatan kita sebagai orang tua agar lebih hati-hati lagi ketika mengenalkan medsos ke si kecil ya, Bun. Mungkin belum terlihat sekarang, tapi dampak jangka panjangnya akan sangat berpengaruh terhadap psikologis anak. (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!