parenting

Tips Ashanty Atasi Anaknya yang Suka Coret-coret Tembok

Asri Ediyati Rabu, 26 Sep 2018 17:00 WIB
Tips Ashanty Atasi Anaknya yang Suka Coret-coret Tembok
Jakarta - Kita tahu anak balita aktif bergerak dan selalu mengeksplor hal-hal baru seperti suka coret-coret tembok. Seperti anak penyanyi Ashanty, Arsy Addara Musicia Hermansyah.

Menurut sang bunda, Arsy itu anaknya aktif banget dan punya hobi menggambar. Jadi sebagai orang tua, Ashanty merasa harus bisa memfasilitasi hobi anaknya itu.

"Dia anaknya aktif banget, nggak mau diam. Nah, salah satu hobi favoritnya itu menggambar. Dia sudah hobi menggambar dari usia sembilan bulan. Arsy senang banget menggambar sampai media apa saja ia gambari. Kertas dan tembok suka dicoret-coret," kata Ashanty pada acara Opening Ceremony 'DULUX COLOUR STUDIO' di Kidzania Pacific Place, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Ashanty mengaku kalau dia takut dan malu jika kebiasaan mencoret-coret tembok anaknya itu terbawa, misalnya saat pergi ke rumah temannya. Nah, untuk menyiasati itu Ashanty menyediakan satu tembok khusus di rumahnya untuk dicoret-coret bahkan ditempeli stiker.


Tips Ashanty Atasi Anaknya yang Suka Coret-coret TembokFoto: Gus Mun/detikHOT.

"Aku akhirnya menyediakan tembok khusus, supaya Arsy bisa bebas mencoret-coret dan menempeli stiker. Kalau pun ada temannya, aku merasa tenang karena sudah ada media menggambarnya. Arsy juga bisa ajak adiknya, Arsya untuk menggambar di situ," ujar Ashanty.

Tujuan Ashanty memperbolehkan Arsy coret-coret tembok, tak lain karena ingin anaknya bebas berkreasi dan mengalihkan perhatian anaknya pada gadget. Ashanty nggak merasa khawatir harus mengecat tembok berulang kali karena cat temboknya khusus sehingga bisa cepat dibersihkan. Good job, Bunda Ashanty!

Soal anak suka coret-coret tembok, dr Herbowo Agung Soetomenggolo SpA mengatakan orang tua sebaiknya tidak melarang anak yang bereksplorasi dengan mencoret-coret tembok. Karena, ketika orang tua melarang akibatnya anak tidak berani bereksplorasi kembali.

"Hal tersebut (anak mencoret-coret tembok) terkadang memang membuat orang tua kesal. Tapi itu bukan alasan untuk melarang anak bereksplorasi," ucap dokter yang praktik di RSIA Hermina Jatinegara kepada detikcom.

Selain itu, dr Herbowo menekankan saat anak menggambar, orang tua jangan lupa untuk selalu menemani dan memberi contoh gambar.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi