parenting

Tentang Anak-anak Menonton Film G30S PKI

Niken Widya Yunita Minggu, 30 Sep 2018 13:04 WIB
Tentang Anak-anak Menonton Film G30S PKI
Jakarta - Film G30S PKI akan tayang di televisi dan beberapa pihak akan mengadakan nobar. Nah apakah anak-anak boleh menonton film tersebut?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy seperti dikutip dari detikcom tak menganjurkan anak di bawah 13 tahun menonton film G30S PKI. Film buatan tahun 1984 itu diperuntukkan bagi remaja 13 tahun ke atas.




Artinya film itu baru boleh ditonton minimal oleh anak SMP tingkat akhir. Menurut Muhadjir sebaiknya mereka tidak menonton sendiri namun harus didampingi oleh orang tua atau guru yang mengerti sejarah.

Dengan didampingi orang tua atau guru yang mengerti sejarah, maka akan ada penjelasan kepada siswanya. Dengan begitu nilai nasionalisme yang ada dalam film G30S PKI bisa ditanamkan kepada siswa.

Sementara itu, psikolog anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan UI, Vera Itabiliana mengatakan, ada beberapa dampak yang anak alami kalau nonton film tidak sesuai dengan usianya.

Menurut Vera, anak bisa belajar hal-hal yang salah. Misal, kalau filmnya terlalu banyak kekerasan atau berbau seksualitas nanti anak mendapat stimulasi yang belum sesuai usianya.



Nah, kalau udah begitu nanti bisa muncul persepsi yang tidak tepat dari anak, Bun. Bisa juga timbul rasa takut dan cemas pada anak karena dia lihat adegan-adegan yang terlalu keras apalagi bila usia anak di bawah usia 12 tahun.

"Ya anak kan masih belum bisa membedakan mana fantasi, mana yang nyata. Nah, itu kadang-kadang yang membuat mereka jadi takut. Misal, mereka lihat tokoh jahat kemudian di pikiran anak si tokoh jahat ini ngikutin sampai ke ke dunia nyata. Intinya, anak belum paham kalau itu bohongan," tutur Vera, beberapa waktu lalu. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi