parenting

Kapan Anak Diberikan Susu Formula Jika ASI Bunda Tak Keluar?

Yuni Ayu Amida Minggu, 14 Oct 2018 19:02 WIB
Kapan Anak Diberikan Susu Formula Jika ASI Bunda Tak Keluar?
Jakarta - Bunda bingung kapan sebaiknya memberikan anak susu formula jika ASI tidak keluar? Ada baiknya, kita simak penjelasan ahli ini yuk.

Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB mengatakan bahwa waktu terbaik memberikan anak susu formula adalah usia 6 bulan atau setelahnya. Namun jika ASI Bunda tidak keluar, tidak apa diberikan sejak lahir.

"Kalau sejak lahir nggak bisa dikasih ASI karena ASI ibu tidak keluar, harus dikasih susu formula sejak lahir. Tapi kalau bisa dikasih ASI, jangan dulu dikasih sufor sampai usia 6 bulan," ungkap Ahmad kepada wartawan di sela-sela acara MilkVersation, di Hotel Gran Mahakam, Jakarta Selatan, baru-baru ini.




Ahmad menjelaskan bahwa ASI adalah makanan yang cukup untuk anak sampai usia 6 bulan. Jadi, tidak perlu tambahan makanan lain pun tidak masalah. Di atas usia tersebut, Bunda boleh saja memberikan susu formula, tetapi ASI harus tetap jalan.

"Karena sesungguhnya Allah SWT sudah menyediakan makanan yang cukup dari ASI saja sampai anak usia 6 bulan. Makanya pemberian MPASI juga setelah 6 bulan," tegas Ahmad.



Lebih lanjutnya Ahmad mengatakan jika ASI Bunda cukup, maka tidak mesti memberikan tambahan susu formula pada anak walaupun sudah berusia 6 bulan ke atas. Ketika ditanya, untuk anak sebaiknya berapa banyak konsumsi susu formula dalam sehari, Ahmad mengungkapkan 1 sampai 2 gelap cukup, 2x 250 ml. Sedangkan untuk konsumsi ASI, Ahmad menyarankan berikan sekenyang-kenyangnya, dalam artian tak ada batasan.

"Di atas 6 bulan ASI tetap diberikan sekenyang-kenyangnya," tutupnya. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi