sign up SIGN UP search


parenting

4 Manfaat Menunggang Kuda untuk Anak

Asri Ediyati Senin, 05 Nov 2018 20:02 WIB
Menunggang kuda memiliki manfaat untuk anak baik dari segi kesehatan maupun psikologis, Bun. Apa saja ya? caption
Jakarta - Berkuda memang bukan olahraga yang umum seperti sepakbola, basket atau bulutangkis. Akan tetapi, berkuda atau menunggang kuda punya manfaat yang cukup banyak untuk anak. Baik dari segi kesehatan maupun psikologis. Tak heran, beberapa publik figur pun sangat menikmati manfaat dari menunggang kuda seperti Prabowo Subianto, Nabila Syakieb, dan Irfan Hakim.

Bahkan, anak Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu juga suka menunggang kuda, lho. Nah, berikut ini telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, empat manfaat menunggang kuda untuk anak.

1. Baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh


Setiap jenis olahraga pasti membawa manfaat kesehatan fisik. Begitu pula dengan menunggang kuda. Dilansir Horse and Hound UK, menurut Megan Hawkins dari British Horse Society (BHS), berkuda adalah cara yang baik untuk membuat anak-anak aktif di luar dan bisa menghirup udara segar. Menunggang kuda tentu melibatkan aktivitas fisik, mulai dari berpegangan dan duduk di pelana hingga mengarahkan kuda.

2. Membuat banyak teman

Membawa anak-anak ke lingkungan baru adalah cara bagus untuk membantu mereka berteman dan mengenal banyak orang. Menunggang kuda punya manfaat pada kehidupan sosial anak. Hal ini karena anak bertemu dengan teman-teman baru yang sama-sama sedang belajar.

Atlet menunggang kuda, Natalie Reynolds bilang, "Pertemanan yang diperoleh dalam disiplin dapat awet dalam jangka panjang dan itu dapat bermanfaat bagi anak karena memiliki teman yang berbeda selain teman sekolah mereka."
4 Manfaat Menunggang Kuda untuk Anak4 Manfaat Menunggang Kuda untuk Anak/ Foto: REUTERS



3. Tambah percaya diri

Pertumbuhan anak-anak dapat dipengaruhi dengan belajar merawat dan menunggang kuda. Kegiatan tersebut bisa memberi mereka banyak kepercayaan diri. Usaha dan ketekunan yang diperlukan untuk menjalani pelatihan.

4. Belajar disiplin dan tanggung jawab

Tanggung jawab dan dedikasi dalam memiliki dan menunggang kuda adalah pelajaran hidup yang baik bagi anak-anak. Dilansir Happy Families, ketika memelihara kuda, anak bisa dituntut untuk bertanggung jawab misalnya memastikan memandikan kuda. Menunggang kuda juga tak boleh asal, anak-anak pasti akan belajar manajemen waktu dan disiplin.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi