parenting

3 Manfaat Anak Suka Cosplay

Asri Ediyati Minggu, 16 Dec 2018 17:30 WIB
3 Manfaat Anak Suka Cosplay
Jakarta - Jika Bunda ke sebuah acara bertema Jepang, pasti akan menemukan orang-orang berkostum ala tokoh di kartun atau anime atau cosplay. Pasti sebagian dari kita bertanya-tanya 'Apa faedahnya sih?'

Nah, kali ini HaiBunda mendapat kesempatan untuk mewawancarai pemilik komunitas cosplay, Cosplayer Mobile Legend Indonesia, Yudi Yuwono. Menurut Yudi, antusiasme anak-anak mulai dari umur 5 tahun sangat tinggi pada cosplay.

"Antusiasnya tinggi banget ada anak umur 5 tahun mau foto dengan cosplayer (pelaku cosplay) Mobile Legend. Cosplayer anak kecil juga ada beberapa tapi untuk member di komunitas belum ada. Untuk anak-anak sendiri yang memulai cosplay kisaran usai 4 - 5 tahun," kata Yudi saat ditemui di 'Sweet 17 Transmedia', di Lapangan Transcity, BSD, Tangerang, Minggu (16/12/2018).


Walau belum pernah ketemu langsung alias cuma lewat foto, Yudi bilang, biasanya orang tua yang memperbolehkan anak-anaknya melakukan cosplay itu karena kostumnya lucu-lucu, Bun. Menurut Yudi ada tiga manfaat yang bisa didapat anak dari cosplaying.



1. Belajar percaya diri

Anak-anak yang melakukan cosplay bisa belajar percaya diri. Apalagi saat pakai kostum-kostum unik dan warna-warni seperti tokoh animasi pastinya anak-anak harus pede ya, Bun.

CosplayCosplay (Foto: Pradita Utama/detikcon)
2. Menyalurkan bakat seni

"Anak-anak yang melakukan cosplay bisa menyalurkan bakat seni mereka. Cosplayer tidak selalu negatif, mungkin ada beberapa orang tua pikir cosplay itu negatif," kata Yudi.

Padahal kalau diarahkan sisi positifnya yakni anak bisa menunjukkan bakatnya dalam bidang seni, Bun. Bahkan, bukan nggak mungki bisa jadi cosplayer terkenal.

3. Bertemu teman-teman baru

"Cosplaying itu seru sih, bisa bikin kita ketemu teman-teman baru. Ada kumpulan, komunitas, yang sejauh ini positif semua," ujar Yudi.

Ketemu teman-teman baru membuat kemampuan sosial anak bertambah. Tentunya anak nggak akan ada masalah dalam beradaptasi adaptasi jika sudah terjun ke dunia kerja.

Komunitas yang dimiliki Yudi Yuwono sendiri didirikan pada Maret 2018. Yudi ingina cosplayer lokal yang tergabung di komunitasnya bisa terangkat namanya. Menurut Yudi, kualitas kostum mereka pun nggak kalah dengan cosplayer internasional. Sukses selalu ya para cosplayer di Indonesia!

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi