parenting

Gejala Awal Kanker Mulut yang Perlu Bunda Tahu

Amelia Sewaka Sabtu, 29 Dec 2018 15:45 WIB
Gejala Awal Kanker Mulut yang Perlu Bunda Tahu
Jakarta - Bila Bunda atau anggota keluarga merasa ada yang janggal dalam rongga mulut, coba segera periksakan ya. Jangan diabaikan, karena bisa menjadi ciri kanker mulut.


Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), drg Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD menjabarkan, 56,7 persen masyarakat Jakarta tidak tahu gejala awal kanker mulut. Padahal kanker adalah salah satu dari penyebab kematian terbesar manusia setelah infeksi dan penyakit jantung.


"Kadang beberapa orang menganggap remeh lesi pra kanker, dan merasa bisa sembuh sendiri. 84 persen orang-orang juga tahu sariawan yang tak kunjung sembuh berarti ada masalah. Tapi ya mereka cuek, padahal usia muda yang terkena kanker mulut meningkat atau bergeser menyerang yang lebih muda," papar drg Rahmi dalam acara 'Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker' di DLab Cocowork, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.


Menurut drg Rahmi, penting banget deteksi dini rongga mulut untuk mencegah terjadinya kanker mulut pada kita maupun anggota keluarga lain. Di Indonesia banyak ditemukan pasien kanker rongga mulut dengan lokasi predileksi di lidah.

Ilustrasi kanker mulutIlustrasi kanker mulut Foto: Thinkstock


"Angka bertahan hidup pasien kanker rongga mulut tergolong kecil di bawah tiga tahun. Apabila lesi pra kanker dapat ditemukan lebih cepat dan response pengobatannya baik, maka angka bertahan hidup pasien dapat meningkat lebih dari 80 persen atau di atas lima tahun," ungkap drg Rahmi.


Minimnya pengetahuan mengenai tanda awal, membuat kanker mulut baru terdeteksi saat sudah stadium lanjut. Selain itu, banyak pasien yang tidak tahu harus berkonsultasi dengan dokter yang tepat, karena tanda-tanda kanker mulut yang kurang begitu jelas.

"Hal ini karena rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi dan edukasi. Mulai tahun ini ISPMI akan banyak lakukan edukasi dan sosialisasi terkait kanker rongga mulut. Salah satunya lewat gerakan SaMuRi (Periksa mulut sendiri), lewat gerakan ini masyarakat akan diajarkan gimana lakukan periksa mulut sendiri secara mandiri juga menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik," papar drg Rahmi.

Nah, karena itu, berikut tanda-tanda awal kanker mulut yang bisa Bunda kenali. Agar bisa segera ditangani ahlinya. Cek bersama ya Bunda.

1. Luka menetap tak kunjung sembuh lebih dari 4 minggu dan berciri sebagai berikut:

- Tidak terlalu sakit
- Pinggiran keras
- Tepi bergulung
- Penyebab tak nyata (misal: iritasi yang lama atau trauma)
- Tidak kunjung sembuh (2 - 4 minggu)
- Usia lebih dari 40 tahun
- Berada di bagian bawah mulut (U-shape)

2. Tidak meresponse pengobatan yang diberikan.

3. Dapat didahului oleh gambaran bercak putih, merah atau merah putih yang timbul tanpa sebab (lesi pra kanker).



[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi