parenting

Tips agar Si Kecil Tak Rewel Saat Kembali ke Sekolah

Nabila Nufianty Putri Jumat, 04 Jan 2019 14:27 WIB
Tips agar Si Kecil Tak Rewel Saat Kembali ke Sekolah
Jakarta - Masa liburan telah usai, tandanya Bunda harus mempersiapkan si kecil kembali sekolah. Tak hanya menyiapkan peralatan sekolah, Bunda juga harus memotivasi si kecil agar semangat kembali ke sekolah dan tidak rewel.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengatakan orang tua harus mempersiapkan si kecil kembali ke sekolah dengan cara yang tepat agar anak tidak ogah-ogahan dan mempengaruhi aktivitas belajarnya. Sebab, ada beberapa pola hidup yang berubah ketika liburan. Mulai dari pola tidur hingga pola makan anak.


"Seringkali mempersiapkan si kecil kembali ke sekolah menjadi tantangan bagi orang tua. Jam tidur dan kebanyakan waktu bermain selama liburan menjadi penyebabnya," kata dr Muliaman kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Agar Bunda bisa memotivasi si kecil kembali sekolah, dr Muliaman memberi beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama, usahakan anak sudah di rumah sehari sebelum masuk sekolah ketika sekeluarga pergi liburan ke luar kota atau luar negeri.

"Paling tidak satu hari sebelum hari pertama masuk sekolah anak-anak sudah di rumah. Jadi anak bisa tidur yang cukup," ujarnya.

Kedua, ajak si kecil bermain dengan permainan yang sifatnya edukatif. Hal ini bertujuan agar mood liburan si kecil berlangsung terlupakan dan semangat kembali untuk belajar.

"Misalnya dengan main tebak-tebakan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Siapkan juga perlengkapan sekolah, bisa disiapkan alat tulis yang baru agar anak termotivasi," saran dr Muliaman.

Hal lain yang harus disiapkan adalah asupan nutrisi yang tepat melalui bekal sekolah. Jika saat liburan kemarin Bunda kewalahan mengontrol asupan karena masa liburan, sekarang saatnya berkomitmen membenahinya. Ya, supaya anak tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Faktanya, nutrisi yang tepat juga mempengaruhi kinerja otak si kecil untuk menyerap pelajaran di sekolah.

dr Muliaman mengungkapkan ada studi yang menyebutkan bahwa pada masa libur biasanya asupan nutrisi anak di atas 5 tahun cenderung berlebih karena sering diajak wisata kuliner.


"Tapi bagi sebahagian anak terutama anak di bawah 5 tahun sering terabaikan nutrisinya karena kesibukan orang tua selama liburan," tambah dr Muliaman.

Maka ketika si kecil kembali ke sekolah, Bunda harus mempersiapkan asupan nutrisi yang tepat melalui bekal. Bunda bisa membawakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! yang dikemas praktis serta mengandung nutrisi untuk mendukung proses belajar si kecil dan daya ingatnya. Sebab, susu cair anak ini mengandung sinergi nutrisi yaitu kolin, inositol, zat besi, yodium, dan vitamin B kompleks. (ega/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi