parenting

Terapkan Self Healing, Bantu Ria Irawan Sembuh dari Kanker

Yuni Ayu Amida Kamis, 07 Mar 2019 17:03 WIB
Terapkan Self Healing, Bantu Ria Irawan Sembuh dari Kanker
Jakarta - Selama lima tahun, artis senior Ria Irawan melawan kanker kelenjar getah bening yang diidapnya. Namun, dia tidak putus asa, bahkan masih terus berkarya dan menolak vakum dari industri hiburan Tanah Air.

Semangat sembuh wanita 49 tahun ini sangat besar. Ia pun menularkan semangatnya dengan menjadi motivator bagaimana melawan penyakit. Berbekal ijazah hipnoterapis yang dimiliki, Ria sudah mencoba membantu banyak orang dengan mengajarkan self hypnotize atau self healing. Kuncinya adalah membentuk pola berpikir positif dan membuang jauh pikiran negatif.


"Jadi lebih ke holistic healer, jadi penyakit itu tumbuh di badan yang asam atau asidik, jadi bagaimana pola berpikir yang positif meng-alkaline-kan kondisi tubuh kita, jadi buang jauh hal yang negatif," ujar Ria, dikutip dari InsertLive.


Ria juga berujar kalau dia menjauhkan dirinya dari segala kegiatan dan pikiran yang berenergi negatif. Hal itu dia yakini sebagai metode penyembuhan yang efektif selain menggunakan obat-obatan.

Selama pengobatan, Ria memang lebih sering muncul di televisi, talkshow, dan off air, namun jarang ikut bermain di film layar lebar. Terakhir kalinya, dia berakting di film Bulan Di Atas Kuburan pada 2015, yang berhasil membawa dirinya masuk dalam nominasi peran pendukung wanita terbaik.

Namun, Ria menegaskan bahwa jarang munculnya dia di film layar lebar bukan karena penyakitnya, melainkan karena memang dia adalah orang yang selektif.

"Aku bukan artis laris di perfilman layar lebar juga, aku orang yang selektif, jadi nggak usah disangkutpautin bahwa pemilihan aku pada pekerjaan ini karena penyakitku," tutup Ria.

Tahukah Bunda, sebenarnya manusia memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri? Nah keyakinan inilah yang diterapkan dalam teknik penyembuhan holistik dengan self healing.

Menurut praktisi kesehatan holistik, Reza Gunawan, self healing adalah rangkaian latihan praktis yang dikerjakan secara mandiri sekitar 15 menit, dan dilakukan dua kali dalam sehari. Dalam latihan self healing, ada beberapa aspek yang dilibatkan yakni napas, gerak, sentuhan atau pijatan, dan keheningan.

Nah, latihan ini memungkinkan seseorang untuk berhenti sejenak dari segala rutinitasnya, sehingga bisa berinteraksi dengan diri sendiri dan berinteraksi dengan energi alam di sekitar kita.

"Self healing bersifat universal, tidak mengacu agama manapun, praktis, dan dipelajari secara masuk akal. Filosofinya bertumpu pada manusia sebagai unit yang lengkap antara badan, batin, dan energinya. Dengan berlatih, kita bisa merawat kesehatan lahir batin secara mandiri," jelas Reza.


Sebenarnya self healing ini ditujukan sebagai tindakan preventif atau pencegahan sebelum datangnya suatu penyakit. Namun saat seseorang sakit, teknik self healing tetap bisa dilakukan sembari melakukan pengobatan medis.

"Karena kita adalah penyembuh terbaik bagi diri sendiri," tutur Reza.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi