parenting

Kate Middleton Kewalahan Kejar Pangeran Louis yang Belajar Jalan

Asri Ediyati Rabu, 13 Mar 2019 16:01 WIB
Kate Middleton Kewalahan Kejar Pangeran Louis yang Belajar Jalan
London - Perkembangan anak di bawah satu tahun terasa begitu cepat. Hal serupa dirasakan juga oleh Kate Middleton melihat perkembanan anak bungsunya, Pangeran Louis. Kate mengaku Louis tumbuh begitu cepat, mulai dari pandai merangkak di usia sepuluh bulan hingga harus kejar-kejaran ketika mencoba baby walker.

Kate Middleton membicarakan hal itu ketika berkunjung ke Henry Fawcett Children's Centre. Kate bertukar cerita dengan salah satu orang tua, Kriti yang memiliki anak laki-laki usia sembilan bulan.

"Louis hanya ingin menarik dirinya sepanjang waktu. Dia punya baby walker dan lagi senang-senangnya memakai itu," kata Kate dikutip dari People.


Kriti mengatakan kepada wartawan, "Dia memandang Kameron dan berkata,'Oh, dia ingin main dengan walkie.' Rupanya putranya (Louis) juga melakukannya , dan Kate bilang dia berlari mengejarnya sepanjang waktu."

Kakak Louis, Putri Charlotte (3) juga menggunakan baby walker saat masih belajar berjalan. Bahkan, salah satu buktinya pernah dirilis secara resmi untuk merayakan ulang tahun pertamanya di 2016.

Selama kunjungan hari Selasa, Kate mengobrol dengan para ibu tentang bagian favorit pengasuhan anak mereka, dan dia juga bermain dengan anak-anak.

"Dia sangat cantik, sangat membumi. Saya tidak pernah berpikir dia akan turun dan duduk bersama kami, tetapi dia melakukannya. Dia hanya ingin mengobrol tentang bagaimana rasanya menjadi seorang ibu. Dia mengatakan bahwa kita semua mengalami pasang surut sebagai orang tua, terlepas dari siapa kita," kata Finesse, salah satu orang tua di Henry Fawcett Children's Centre.

Pangeran Louis bersama kakeknya, Pangeran Charles/ Pangeran Louis bersama kakeknya, Pangeran Charles/ Foto: Dok. Clarence House

Terkait soal baby walker, sebetulnya dianjurkan nggak sih melatih anak jalan pakai baby walker?

Mengutip rekomendasi American Academic of Pediatric (AAP), dr.Luh Karunia, Sp.KFR, dari RS Bunda Jakarta, baby walker enggak dianjurkan untuk dipakai sebagai alat untuk melatih anak jalan. Soalnya, kita mesti menanamkan pola gerak yang benar sejak awal nih, Bun.

Luh bilang, waktu anak duduk di baby walker, coba perhatiin deh Bun. Lutut anak kan cenderung menekuk ya. Terus, kalau panjang kaki si kecil belum sampai menjejak lantai, mereka bakal jinjit. Nah, kalau kayak gini, kata Luh yang bekerja bukan gerakan melangkah tapi gerakan dorongan panggul.

"Kalau gerakan seperti ini dulang-ulang terus, anak jadi cenderung jinjit dan ngesot," kata Luh .

Gimana kalau menitah anak? Itu juga enggak disarankan lho, Bun. Menurut Luh, saat menitah anak Bunda akan memegang tangan anak. Secara nggak sadar, kitalah yang mengambil alih fungsi keseimbangan anak. Dibanding pakai baby walker atau menitah, Luh lebih menyarankan anak dilatih jalan dengan mendorong kursi.

Jadi, biarkan anak memegang bagian tengah kursi terus mendorongnya. Untuk 'pengamanan', Bunda bisa memegang bagian samping kursi ya, bukan memegang badan anak.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi