parenting

Lucunya Rafathar Tak Bisa Bohong Saat Dibelikan Mainan Diam-diam

Asri Ediyati Rabu, 03 Apr 2019 08:01 WIB
Lucunya Rafathar Tak Bisa Bohong Saat Dibelikan Mainan Diam-diam
Jakarta -
Sebagian besar kakek-nenek sangat memanjakan cucunya. Tak terkecuali Mama Rieta, ibunda Nagita Slavina kepada cucunya, Rafathar. Dalam vlog terbaru di kanal YouTube Rans Entertainment, Rieta mengajak Gigi (panggilan Nagita) dan Rafathar ke Singapura seharian.
"Hari ini kita mau ke Singapura, mau ditraktir Mama Rieta. Kita enggak nginep, cuma seharian aja," ujar Gigi.
Rieta mentraktir semuanya, mulai dari tiket pesawat kelas satu, belanja tas, hingga membelikan mainan untuk para cucunya. Lucunya, Rieta membelikan mainan untuk Rafathar secara diam-diam, Bun. Dalam video, Rieta mengajak Rafathar bersekongkol supaya mainan yang dibeli enggak ketahuan Gigi.
"Ini pokoknya Mama Rieta beliin mainan ya buat Aa, nanti Aa main dulu ke Tebet (rumah Rieta) buat ambil mainannya. Diam-diam aja ya jangan bilang mama," kata Rieta.
Namanya masih anak-anak, Rafathar sempat keceplosan kalau neneknya membelikan mainan. "Mah, itu mainan Aa," ungkapnya dengan polos.

Lucunya Rafathar Tak Bisa Bohong Saat Dibelikan Mainan Diam-diamLucunya Rafathar Tak Bisa Bohong Saat Dibelikan Mainan Diam-diam/ Foto: Instagram

Untungnya, Gigi malah balik menceramahi Rafathar kalau mainannya itu milik sepupunya. Hi-hi-hi, anak-anak polos banget ya, Bun? Terkait hal itu, psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi mengatakan polosnya anak-anak bukan berarti anak tidak bisa bohong.
"Tapi anak belum bisa mencari kata-kata yang lebih halus saat menolak sesuatu atau mengungkapkan apa yang dia rasakan dengan bahasa yang lebih halus," tutur Ratih dikutip dari detikcom.
Jadi Rafathar enggak bisa bohong karena enggak bisa menyembunyikan kegembiraannya ketika tahu dibelikan mainan.
Terkait bohong yang dilakukan anak, di usia 6 sampai 8, bahkan 10 tahun ada fase kids lying di mana anak berbohong demi 'menyelamatkan' dirinya. Alasan anak berbohong pun turut dipengaruhi faktor respons yang diberikan orang tuanya selama ini.

[Gambas:Video 20detik]




(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi