parenting

Lucunya Lomba Merangkak, Ortu Umpan Anak dengan HP sampai Dompet

Yuni Ayu Amida Sabtu, 27 Apr 2019 13:01 WIB
Lucunya Lomba Merangkak, Ortu Umpan Anak dengan HP sampai Dompet
Bali -
Acara HaiBunda's Day Out di Trans Studio Mall, Bali pada Sabtu (27/4/2019) berlangsung seru nih, Bun. Salah satu lomba yang diadakan yakni lomba bayi merangkak.

Lomba ini diikuti oleh anak bayi usia 6 - 12 bulan. Nah, yang lucunya orang tua memberikan umpan mulai dari boneka, handphone, sampai dompet agar sang anak mau merangkak ke arahnya.


Namun, yang namanya anak-anak ada saja ulahnya ya, Bun. Bukan malah merangkak, sebagian dari mereka malah menangis karena kaget. Belum lagi, ada yang diam saja saat disuruh merangkak. He-he-he.


Tapi, beberapa di antaranya ada yang langsung merangkak ke arah orang tuanya, bahkan tanpa diumpan barang. Ada pula yang malah merangkak ke arah temannya karena melihat
temannya tersebut menangis. Wah seru banget.

Lucunya Lomba Merangkak, Ortu Umpan Anak dengan HP sampai DompetBayi merangkak dengan diumpan foto dirinya sendiri/
Foto: HaiBunda/Yuni Ayu Amida
"Seru banget acaranya. Ini biasanya dia lebih lincah. Tadi enggak dikasih apa-apa, cuma dikasih gambar fotonya dia sendiri saja, dia senang," kata salah seorang pemenang, Bunda Intan, kepada HaiBunda setelah lomba usai.

Bicara soal merangkak, psikolog sekaligus pakar stimulasi anak, Irene F Mongkar mengatakan bahwa merangkak melatih keseimbangan dan konsentrasi anak.

"Jadi kalau anak tidak merangkak dahulu, nanti biasanya akan terjadi gangguan," kata Irena dikutip dari detikcom.


Irene pun menjelaskan risiko yang dihadapi anak jika tidak melewati tahapan merangkak, di antaranya kurang bisa berkonsentrasi, tidak mudah fokus, tulisan tangan jelek, mudah jatuh. Tidak suka membaca dan kesulitan dalam memahami segala hal yang berbentuk tiga dimensi.
(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi