parenting

Serunya Bermain Sambil Belajar dengan Metode Montessori di HaiBunda Squad

Maya Sofia Sabtu, 30 Nov 2019 13:00 WIB
Serunya Bermain Sambil Belajar dengan Metode Montessori di HaiBunda Squad
Jakarta - HaiBunda Squad kembali hadir di bulan November. Mengusung tema HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach, Bunda dan si kecil diajak bermain sambil belajar dengan metode montessori.

Bertempat di Unique Meeting Room, Hotel Harris Tebet, Sabtu (30/11/2019), acara ini diikuti puluhan Bunda dan putra putrinya yang berusia 1-5 tahun.


Acara dibuka oleh Managing Editor HaiBunda Zika Zakiya. Dia menuturkan bahwa montessori diipilih sebagai tema acara HaiBunda kali ini mengingat pentingnya rangsangan sensorik dan motorik untuk anak usia balita dan batita.


"Kebetulan kami menemukan partner yang tepat dengan Modern Montessori International (MMI). Acara hari ini juga sebagai bentuk pertemuan antar komunitas yang menjadi rekan penting bagi HaiBunda," ucap Zika.

Sementara itu, Lecturer MMI Emma Kristanti menuturkan bahwa dalam acara ini peserta dibagi ke dalam dua kelompok. Pertama, kelompok anak usia 1-3 tahun. Kemudian kelompok kedua anak usia 4-5 tahun.

"Ada tiga sensory bin untuk kelompok anak usia 1-3 tahun. Ada agar-agar di mana anak-anak harus memasukkan tangan untuk menyelamatkan mainan binatang di dalam agar-agar. Kemudian ada bentuk spageti sehingga anak mendapat tekstur lain. Kita juga kenalkan temperatur dingin," ujar Emma.

HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach. (Foto: HaiBunda/Maya)
Kemudian di kelompok usia 4-5 tahun tersedia juga tiga bin. Di sini ada pasir di mana anak-anak yang sudah lebih besar bisa menyortir pasir untuk menyelamatkan mainan hewan.

"Ada water bits oobleck dengan tekstur berbeda. Terakhir anak menyelamatkan mainan binatang di kehidupan laut Antartika. Agar-agar dibentuk ice cube dengan binatang di dalamnya," tutur Emma.

Salah seorang peserta, Bunda Nisa, menuturkan bahwa acara HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach membantu putranya, Alby yang kini berusia 3 tahun lebih berani.

"Walaupun belum bisa bersosialisasi, dia bisa belajar sensorik. Dia juga belajar lebih mengenal bentuk dan struktur benda," ujar Nisa.

Peserta lainnya, Bunda Icha, mengaku senang mengikuti HaiBunda Squad Amazing Day at The Beach. Ibu dari Aysha tersebut bahagia melihat sang putri ikut belajar sensorik.

"Dia ikut nyanyi, joget, megang-megang. Awalnya takut. Tapi kita ajari biar enggak takut," kata Icha.

Selain memperkenalkan berbagai tekstur dalam sensory bin, anak-anak juga diajari membuat craft. Salah satunya membuat topi ubur-ubur. Terakhir, anak-anak juga berjalan di area sensory walk.

Cek alasanShahnaz Haque biarkan anak belajar pengalaman pahit di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]


Simak cerita unik soal k-pop dengan klik banner di bawah ini.

Serunya Bermain Sambil Belajar dengan Metode Montessori di HaiBunda SquadFoto: Istimewa


(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi