sign up SIGN UP search


parenting

8 Tanda Bayi Mau Tumbuh Gigi, Menggaruk Telinga Hingga Mogok Makan

Siti Hafadzoh Rabu, 01 Jan 2020 08:07 WIB
Ketika tumbuh gigi, bayi akan rewel dan sering menangis. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang dialami bayi yang tumbuh gigi. Simak gejalanya di sini, Bun. caption
Jakarta - Bayi biasanya mulai tumbuh gigi di usia 6 bulan. Tumbuh gigi biasanya disertai dengan beberapa pertanda nih, Bunda.

Bayi yang akan tumbuh gigi ini biasanya akan membuat mereka tidak nyaman dan akhirnya jadi rewel, Bun. Karena saat itu, gusi bayi terasa gatal. Sehingga membuatĀ mereka jadi suka menggigit puting saat disusui.


"Karena saat bayi tumbuh gigi, itu gusinya terasa gatal. Bahkan kadang puting juga digigit ya. Memang gusi kalau ada sesuatu yaitu gigi yang bakal menembus, rasanya gatal," kata drg Andria Diarti dari RS Premiere Jatinegara.


Meski begitu, tidak ada gejala yang benar-benar pasti ketika bayi tumbuh gigi, Bun. Tapi, dikutip dari What to Expect, berikut tanda yang mungkin terjadi ketika bayi tumbuh gigi.

1. Mengiler

Tumbuh gigi merangsang produksi air liur. Saluran air liur ini aktif mulai dari 10 minggu, hingga tiga atau empat bulan lebih.

Kalau bayi banyak mengeluarkan air liur, usap mulut bayi dengan lembut. Ini dilakukan supaya bayi tetap nyaman dan bersih.

2. Ruam

Jika bayi mengeluarkan air liur terus menerus, ini dapat menyebabkan ruam dan kemerahan di sekitar mulut. Mengusap air liur bayi akan membantu mencegah kulitnya mengalami ruam.

3. Menggigit-gigit

Tumbuh gigi membuat bayi merasa tidak nyaman. Bayi akan menggigit apa pun yang ia temukan seperti mainan dan teether. Bahkan, mereka akan menggigit puting Bunda ketika sedang menyusu.

8 Tanda Bayi Mau Tumbuh Gigi, Menggaruk Telinga Hingga Mogok MakanIlustrasi bayi tumbuh gigi/ Foto: iStock
4. Sering menangis

Beberapa bayi yang tumbuh gigi merasakan sakit akibat radang jaringan gusi. Bayi mengungkapkan rasa sakitnya ini dengan menangis dan merengek. Biasanya, tumbuh gigi pertama adalah yang paling terasa sakit.

Namun, beberapa bayi tidak mengalami sakit seperti ini ketika tumbuh gigi. Sebagian besar bayi juga terbiasa dengan rasa sakit ketika tumbuh gigi.

5. Rewel

Gusi bayi akan terasa sakit ketika gigi akan tumbuh. Ini akan membuatnya merasa tidak sehat. Beberapa bayi rewel hanya beberapa jam. Tapi, ada juga bayi yang rewel selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

6. Tidak mau makan atau menyusu

Bayi merasa gusinya tidak nyaman ketika tumbuh gigi. Hisapan ketika menyusu membuat gusi bayi terasa sakit. Makanya, saat tumbuh gigi, bayi cenderung tidak mau menyusu.

Begitu pula dengan bayi yang sudah mengonsumsi MPASI. Mereka biasanya tidak mau makan ketika tumbuh gigi.

7. Bangun ketika malam hari

Rasa tidak nyaman pada gusi mungkin akan mengganggu tidur si kecil. Mereka mungkin terbangun ketika malam hari. Supaya bayi merasa nyaman, tenangkan mereka dengan menimang atau menyanyikannya lagu sebelum tidur.


8. Menarik-narik telinga dan menggaruk pipi

Bayi yang mengalami tumbuh gigi akan menarik-narik telinga dan menggaruk pipi. Ini karena gusi, telinga, dan pipi memiliki saraf yang sama. Sehingga, rasa sakit pada gusiĀ dapat menyebar ke telinga dan pipi.

Bunda, simak cara merawat gigi bayi 6 bulan di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi