Sign Up search


parenting

Kiat Sukses Orang Tua Isyana Sarasvati Mendidik Anak dengan Prinsip 4E

Yuni Ayu Amida Jumat, 03 Jan 2020 19:42 WIB
Kiat Sukses Orang Tua Isyana Sarasvati Mendidik Anak dengan Prinsip 4E caption
Jakarta - Memiliki anak-anak yang sukses pastinya jadi kebanggaan setiap orang tua. Begitulah yang dirasakan kedua orang tua Isyana Sarasvati dan sang kakak, Rara Sekar Larasati.

Seperti yang kita tahu, Isyana Sarasvati berhasil mengembangkan sayapnya di panggung musik Indonesia. Ia menjadi idola, namanya bahkan bersanding dengan penyanyi papan atas seperti Raisa dan Rossa. Tak kalah dengan sang adik, Rara Sekar juga sukses dalam dunia bermusik. Namanya melambung sejak membentuk grup band indie Banda Neira.


Tentunya hal ini tak lepas dari peran kedua orang tua mereka, Luana Marpanda dan Sapta Dwikardana. Dalam Instagram pribadinya, ibunda Isyana dan Rara ini mengungkapkan rahasia mendidik kedua buah hatinya itu. Rupanya ada prinsip yang dipegangnya.


"Anak-anak pada masa pembentukan karakter dan minatnya harus didampingi dengan persisten dan kita tidak boleh cepat puas, bila mereka berprestasi atau mudah menyerah ketika mereka kalah," tulis Marpanda.

Marpanda melanjutkan, pada masa pembentukan karakter tersebut, berikan kesempatan untuk anak mencoba sebanyak mungkin kegiatan atau aktivitas, mulai dari seni, olah raga, berkebun, mendaki gunung, dan lainnya.

"Jadi, kami asumsikan mereka seperti sedang "windows shopping" dan beri dukungan yang serius ketika mereka membuat keputusan-keputusan kecil tentang kegiatan tersebut, karena mungkin saja salah satu dari kegiatan itu akan menjadi kesuksesan mereka di masa depan," sambungnya.

Kiat Sukses Orang Tua Isyana Sarasvati Mendidik Anak dengan Prinsip 4EKiat Sukses Orang Tua Isyana Sarasvati Mendidik Anak dengan Prinsip 4E/ Foto: @rarasekar/instagram


Lebih lanjut, Marpanda menegaskan jangan menggunakan logika 'untung-rugi' dan 'biaya' dengan semua pengeluaran untuk anak. Karena semua pengeluaran adalah investasi dan tidak akan ada kata rugi, meskipun sejumlah kegiatan yang pernah dicoba secara serius tidak dilanjutkan karena bukan pilihannya.

"Percayalah!! di masa depan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan tersebut akan memberi manfaat buat mereka," tegasnya.

Marpanda juga menilai, meskipun setiap anak dikaruniai bakat, namun ia percaya dengan hukum sepuluh ribu jam. Yakni tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instan tanpa kerja keras selama minimal 10 ribu jam.

"Rara dan Isyana sudah memulai jam pertamanya pada usia yang sangat muda, jadi saat ini mereka sudah melampaui 10 ribu bahkan mungkin sudah 20 ribu, maka apa yang dicapai saat ini adalah hasil dari perjalanan panjang itu," tuturnya.

Dan yang paling penting, selama menemani proses tumbuh kembang kedua buah hatinya, Marpanda dan suami selalu menanamkan prinsip sederhana, yang ia sebut dengan 4E.

"Mereka bermusik (atau apapun yg mereka ingin pelajari) harus dilakukan dengan passion, ciri-cirinya ketika dilakukan mereka bisa Easy, Enjoy, Excel, dan akhirnya Earn," tutup Marpanda.

Bagaimana, Bunda, ingin coba menerapkan kiat suksesorangtuaIsyanaSarasvati? Semoga sukses. (yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi