sign up SIGN UP search

parenting

Saran Psikolog agar Orang Tua Tak Memperlakukan Anak Berbeda Seperti KD

Siti Hafadzoh Sabtu, 27 Jun 2020 18:18 WIB
Kebersamaan Krisdayanti dan Aurel caption
Jakarta -

Krisdayanti dinilai memberikan perhatian yang berbeda antara Aurel Hermansyah dan Amora. KD sangat jarang meluangkan waktu dengan Aurel dan Azriel.

Di perayaan ulang tahun Aurel misalnya, Krisdayanti tampak tidak hadir dalam acara tersebut. Begitu juga di ulang tahun Azriel, pelantun Menghitung Hari ini pun absen untuk hadir.

Namun, pada September 2018 justru Krisdayanti mengadakan pesta ulang tahun mewah untuk Amora. Aurel dan Azriel gantian tidak hadir di acara ulang tahun adiknya itu.


Perbedaan perhatian seperti ini lah yang sering membuat anak merasa orang tuanya pilih kasih lho, Bunda. Hal ini bukan hanya dialami oleh Krisdayanti. Tapi, pilih kasih adalah masalah klasik yang sering dialami oleh orang tua dan anak.

"Ini adalah typical classic problem yang sering saya temui pada saat seminar. Baru saja kemarin saya seminar dan ini baru selesai menjawab pertanyaan tentang bagaimana memberikan perhatian secara adil," kata psikolog Elizabeth Santosa ketika dihubungi HaiBunda pada (26/6/2020).

Supaya anak tidak merasa orang tuanya pilih kasih, Bunda harus membuat masing-masing dari mereka merasa spesial. Caranya adalah memberikan masing-masing anak perhatian yang sama.

"Enggak boleh pilih kasih. Dalam artian gini, mungkin yang kecil lebih butuh. Ya, yang kecil lebih sering. Tapi, bersama dengan anak-anak yang lebih besar, kita tetap harus memberikan masing-masing waktu," kata psikolog yang akrab disapa Lizzie ini.

Menurutnya, orang tua harus meluangkan waktu berdua saja dengan masing-masing anak. Misalnya, seminggu sekali atau dua minggu sekali pergi berdua dengan anak.

Bunda bisa melakukan kegiatan apapun, mulai dari belanja atau sekadar masak bersama. Penting untuk diingat, tidak peduli seberapa lama menghabiskan waktu berdua, yang penting adalah dilakukan secara reguler.

"Jadi, setiap anak merasa dirinya istimewa. Apalagi kalau sudah dewasa," jelas Lizzie.

Ketika anak sejak kecil sudah merasa dirinya spesial, ketika besar ia akan merasa dicintai. Berbeda dengan anak yang sejak kecil merasa ia tidak diperhatikan oleh orang tuanya, mengobatinya pun akan sulit, Bunda.

Apalagi kalau anak sudah beranjak besar. Akan sulit bagi orang tua untuk mengajaknya bicara karena obrolannya sudah tidak lagi nyambung.

Namun, bukan berarti masalah ini tidak bisa diselesaikan ya. Selama Bunda berusaha agar anak merasa spesial dan melakukannya secara konsisten, masalah ini bisa kok diselesaikan.

Lihat juga pesan bijak Lenna Tan untuk orang yang ingin menikah muda berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!