sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Mendongeng Seru dan Manfaatnya untuk Anak, Bunda Coba Yuk

Yuni Ayu Amida Kamis, 23 Jul 2020 16:53 WIB
ilustrasi ibu mendongeng caption
Jakarta -

Orang tua berperan penting untuk memenuhi kebutuhan mendasar dalam tumbuh kembang anak. Di usia emas anak yakni rentang usia 1 hingga 3 tahun, mereka belajar bereksplorasi untuk mendapat banyak pengetahuan dan keterampilan. Tentu ini harus kita kembangkan secara optimal. Nah, salah satu cara mengasahnya yakni dengan mendongeng, Bunda.

Dijelaskan psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., mendongeng merupakan bentuk kegiatan inovatif, kreatif, dan rekreatif. Efeknya luar biasa karena menstimulasi aspek motorik, kognitif, sosialisasi, bahasa, dan kesehatan anak.

"Waktu kita mendongeng, buah hati ikut belajar membolak-balik halaman buku dongeng, ikut menelusuri gambar, aspek motorik halusnya terstimulasi. Dan pada saat kita ajak buah hati untuk bergerak menirukan karakter di dongeng, aspek motorik kasarnya terstimulasi," kata Ratih, dalam acara Konferensi Pers Dongeng Aku dan Kau, melalui Webinar, Selasa (21/7/2020).


Selain itu, mendongeng menumbuhkan rasa ingin tahu si buah hati. Dan ini meningkatkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, daya imajinasinya berkembang, dan minat bacanya tumbuh. Dengan demikian, aspek kognitifnya juga berkembang.

Aspek sosialisasi anak juga tumbuh. Kata Ratih, saat orang tua mendongeng bersama anak, kecerdasan emosional anak ikut terstimulasi. Pemahaman tentang norma sosial, apa yang boleh dan tidak boleh, apa yang baik dan buruk juga mulai terbentuk. Anak juga belajar mengekspresikan perasaan dan empati.

"Bahasanya juga berkembang, karena meningkatkan keterampilan pemahaman kosa kata, dia akan belajar banyak kosa kata baru dan dia jadi lebih pintar berkomunikasi. Dan dengan dongeng, buah hati juga belajar tentang kesehatan, belajar nilai-nilai baik, bagaimana perilaku baik, pola hidup sehat dari dongeng," ujar Ratih.

ilustrasi mendongengilustrasi mendongeng/ Foto: iStock

Dalam kesempatan yang sama, Ariyo Zidni atau akrab disapa Kak Aio, Pendongeng yang juga Co-Founder Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, membagikan tips seru tentang cara mendongeng yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil.

1. Mendongeng read aloud

Bunda bisa menggunakan kartu dongeng atau buku cerita yang nantinya dibacakan pada si kecil. Saat membaca nyaring atau read aloud tersebut, Bunda bisa mendiskusikan gambar dalam buku, membahas warna, ataupun karakter ceritanya bersama si kecil.

"Kita lihat gambarnya dengan buah hati, bahas bentuknya, warnanya, ada apa saja selain dari karakter cerita itu, ini bisa menambah kosa kata, pembelajaran bahasa, dan pendidikan literasi," kata Kak Aio.

2. Dongeng berkreasi

Dongeng berkreasi ini memanfaatkan benda-benda sederhana yang ada di rumah, misalnya kita bikin topeng-topengan atau origami.

"Jadi saat mendongeng, Bunda bisa menciptakan karya unik dan menarik yang nantinya bisa diceritakan. Gunakan saja benda-benda sederhana, misal kertas, talenan, vase bunga, jadi mendongeng bisa seru dan menyenangkan," ucap Kak Aio.

3. Video dongeng

Karena sekarang zaman serba digital, Bunda dan buah hati bisa memanfaatkan video-video dongeng di gadget. Buah hati bisa menonton berbagai dongeng yang menarik dan juga mengandung nilai-nilai baik.

"Tapi ingat, harus didampingi dan dibatasi screen time-nya," ujar Kak Aio.

Simak juga manfaat dongeng untuk anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi