sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Regulasi Emosi Saat Bunda Mendampingi Anak Belajar Daring

Muhayati Faridatun Senin, 05 Oct 2020 15:04 WIB
Mother and son in video chat with school teacher wearing masks caption
Jakarta -

Sejak pandemi Corona melanda, Bubun dan para bunda mendadak jadi guru di rumah. Tapi anehnya, selama hampir tujuh bulan berlalu, Bunda mungkin masih kesulitan mengendalikan emosi saat mendampingi anak belajar di rumah.

Ya, belajar online atau daring enggak cuma sesuatu yang baru bagi anak-anak. Para orang tua juga tidak mudah menyesuaikan diri dengan aktivitas ini. Berbagai tantangan harus dihadapi, terutama saat anak-anak merasa bosan dan tidak bersemangat belajar.

Belum lagi kalau si kecil sengaja mengulur waktu saat menyelesaikan tugas. Ada saja alasannya seperti capek menulis, atau lapar ingin makan ini dan itu. Alhasil, emosi Bunda terpancing dan tak jarang hingga terlontar ucapan bernada tinggi.


Terkait hal ini, dalam jurnal yang disampaikan Auliya Ulil Irsyadiyah, M.Psi., Psikolog, yang mengutip dari Very Well, psikolog asal Amerika Serikat Paul Eckman memaparkan, emosi dasar manusia terdiri dari:

1. Bahagia
2. Sedih
3. Takut
4. Jijik
5. Marah
6. Terkejut

Dijelaskan juga, emosi itu seperti cat warna dan ketika dicampur, bisa menghasilkan warna lain sehingga menghasilkan suasana lain. Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah penting lho memiliki kemampuan mengelola emosi alias 'regulasi emosi'.

Regulasi emosi ini juga ada tahapan, Bunda, yakni:
- Lihat dan temukan sumber permasalahan yang ada
- Lakukan penilaian terhadap situasi
- Temukan pemecahan masalah tepat dan efektif

Nah, apa sih pentingnya orang tua memiliki regulasi emosi? Lalu, apakah manfaat Bunda dan Ayah memiliki regulasi emosi, terutama selama mendampingi anak belajar online?

Untuk lebih lengkapnya, Psikolog Auliya akan menjelaskan dalam Kuliah WhatsApp (Kulwap) Tips Mengelola Emosi Saat Mendampingi Anak Belajar Daring, Rabu (7/10/2020) mulai pukul 19.00 WIB. Event ini terselenggara atas kerja sama HaiBunda dan Mental Health Service Paradigma.Sdc.

Bagi Bunda yang ingin bergabung, yuk langsung klik di sini.

Simak juga cara asik menumbuhkan minat baca anak saat pandemi Corona, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi