sign up SIGN UP search


parenting

Simak Lagi Penjelasan Satgas COVID-19 soal Keamanan Vaksin

Abu Ubaidillah Minggu, 15 Nov 2020 16:21 WIB
Illustrative picture of covid-19 coronavirus vaccine vial caption
Jakarta -

Bunda perlu tahu, vaksin COVID-19 tak hanya melindungi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Ini yang disampaikan Satgas Penanganan COVID-19 menyebut vaksin tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain yang tidak mendapat vaksinasi karena alasan tertentu.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito juga menjelaskan vaksin akan aman digunakan oleh manusia karena vaksin adalah virus yang dilemahkan dan pada prinsipnya vaksin tidak berbahaya.

Vaksin akan masuk ke tubuh manusia untuk menstimulasi imunitas. Dengan imunitas yang terjaga, tubuh akan kebal terhadap virus dan bisa mencegah risiko penularan ke orang lain.

"Pemerintah memastikan vaksin COVID-19 aman untuk digunakan manusia, karena harus melalui tahapan uji praklinis dan klinis untuk memastikan keamanan, efektifitas dan dosis yang aman untuk digunakan manusia," kata Wiku seperti dilansir dari covid19.go.id, Minggu (15/11/2020).

Wiku juga menjelaskan jika risiko yang ditimbulkan oleh vaksin sangat rendah. Berbeda bila dibandingkan dengan manfaat yang akan diterima, jauh lebih tinggi.

Ia kembali mengingatkan masyarakat untuk bekerja sama memerangi pandemi COVID-19. Caranya jangan lupa menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian dan menerapkan 3M seperti kampanye #IngatPesanIbu dari Satgas COVID-19, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.


(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi