sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ini 5 Tips Ajari Si Kecil Jaga Kebersihan Sejak Dini

Abu Ubaidillah Kamis, 06 May 2021 20:53 WIB
Happy Asian family using tablet, laptop for playing game watching movies, relaxing at home for lifestyle concept caption
Jakarta -

Bunda, membiasakan anak membuang sampah sejak dini merupakan bagian dari pendidikan yang sangat penting. Namun upaya tersebut tak bisa diserahkan sepenuhnya kepada guru sekolah saja, melainkan orangtua juga berperan mengajari anaknya tentang hal tersebut.

Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud RI, Jumeri menjelaskan tantangan saat menerapkan prinsip lingkungan hidup kepada anak sejak dini justru ada pada sisi orangtua. Pasalnya, kadang apa yang dilakukan orangtua tak mencerminkan prinsip menjaga lingkungan hidup.

"Ekosistem yang dihadapi anak-anak kita tidak kondusif, kita di sekolah mengajarkan pengolahan sampah tapi di rumah mungkin tidak. Orangtuanya merokok, kamar mandinya bau rokok misalnya, ini ekosistem yang dihadapi anak-anak kita, padahal anak-anak itu lebih banyak hidup di rumah dibanding di sekolah," katanya dalam press conference AQUA dan Sekolah.mu Mengajak Anak Indonesia Mengelola Sampah Sejak Dini Melalui e-Learning Interaktif via Zoom, Kamis (6/5/2021).


Maka dari itu, penting bagi Bunda dan keluarga mengajari si kecil untuk membiasakan diri membuang sampah demi menjaga kebersihan. Adapun caranya bisa mengikuti tips dilansir dari Moms berikut.

1. Main Game Daur Ulang

Bunda bisa mengajari si kecil untuk mendaur ulang sampah yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat. Misalnya dari kardus dan kertas bekas jadi tempat pensil, atau vas bunga yang cantik. Secara tidak langsung kegiatan ini akan mengajari si kecil cara mengurangi sampah.

2. Buat Robot Mainan

Robot adalah mainan yang sangat keren, terutama bagi anak laki-laki. Bawakan mereka potongan kardus atau benda-benda tak terpakai, kemudian biarkan mereka membuat robot kreasi sendiri. Tentunya ini juga menjadi kegiatan yang seru untuk mengajarkan pengolahan sampah yang baik kepada anak.

3. Buat Tempat Sampah Daur Ulang

Mendaur ulang di rumah adalah salah satu cara terbaik bagi orangtua untuk mengajak si kecil belajar cara mengurangi sampah. Tapi jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah khusus daur ulang bagi mereka berdampingan dengan sampah yang tak bisa didaur ulang. Cara ini juga bisa membantu mengajari si kecil pentingnya membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

4. Donasikan Barang Tak Terpakai

Bunda juga bisa mengajari si kecil untuk mendonasikan barang yang tak terpakai kepada orang yang membutuhkan. Seperti pakaian, mainan, dan barang-barang berharga lainnya, cara ini akan membiasakan mereka mengubah sampah menjadi barang yang lebih berguna.

5. Pembelajaran Inovatif

Terakhir, bunda juga bisa memanfaatkan pembelajaran inovatif yang banyak tersedia di platform online. Salah satunya adalah modul pembelajaran Sampahku Tanggung Jawabku kerja sama AQUA-Sekolah.mu yang bisa diakses di platform Sekolah.mu.

Head of Climate & Water Stewardship Danone Indonesia, Ratih Anggraeni menjelaskan isu terkait masalah sampah terus mengemuka sepanjang waktu. Untuk menanggulanginya, masyarakat tidak bisa berhenti karena kondisi pandemi dan harus terus berupaya mengatasinya. Sampahku Tanggung Jawabku adalah salah satu cara AQUA memberi edukasi terkait pengolahan sampah yang benar khususnya kepada guru dan anak-anak.

"Ini adalah upaya kita untuk terus sama-sama berkontribusi mengatasi masalah sampah yang ada di Indonesia," katanya.

Di dalam modul ini ada berbagai kegiatan seru yang sesuai untuk anak PAUD dan SD, seperti menonton video, kegiatan interaktif drag and drop, tebak gambar, menyanyi bersama, praktek mandiri seperti berpetualang, dan lainnya serta bisa diakses secara gratis langsung di platform Sekolah.mu.

(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi