sign up SIGN UP search


parenting

Trik Mudah agar Anak Terbiasa Membuang Sampah pada Tempatnya

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 11 Jul 2021 13:50 WIB
Cute little Asian 18 months / 1 year old toddler baby boy child throwing plastic bottle in recycling trash bin at public park, Eco friendly kid Recycling, Save the world & environment concept caption

Jakarta - Membuang sampah pada tempatnya merupakan kebiasaan yang perlu diajarkan kepada anak sedini mungkin. Awalnya memang tidak mudah, keterampilan dasar ini pun perlu diajari secara berulang hingga mereka akhirnya terbiasa melakukannya dengan baik seiring dengan pertumbuhan usia.

Kebiasaan buang sampah pada tempatnya mungkin terlihat sepele ya, Bunda. Tetapi, kebiasaan ini tentunya membutuhkan waktu dan proses agar seseorang terbiasa melakukannya dalam keseharian.

Sering kali, banyak orang tua yang membiarkan anak-anak membuang sampah di sembarang tempat. Alasannya, mereka masih kecil ini sehingga tak masalah kalau Bunda yang kemudian membersihkannya.


Nah, jika Bunda salah satu di antaranya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut ya. Sebaliknya, Bunda perlu mengajarkan kebiasaan buang sampah pada tempatnya sejak dini kepada buah hati.

Dr Jerry Bubric, seorang psikolog klinis mengatakan sering kali anak-anak menangis ketika sampah dibersihkan lalu dikumpulkan. Mereka seakan tidak rela bila sampah yang berserakan tersebut dibersihkan, seperti dikutip dari laman Childmind. "Anak-anak mungkin bisa mengamuk, menangis, dan berteriak, atau bahkan menyerang dengan panik ketika mereka merasa 'sampahnya' diganggu," ujar Dr Bubrick.

Karena itu, jangan biarkan mereka menumpuk barang-barang sampah yang kemudian membuat mereka enggan menyingkirkannya di tempat sampah. Kebiasaan ini pun lambat laun akan menjadi kebiasaan yang sulit diatasi.

Melansir Happy School, setiap orang sedianya bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan bumi, termasuk anak-anak, ya Bunda. Jadi, tak ada kata terlalu dini untuk berbicara dengan anak-anak tentang masalah lingkungan seperti polusi, produk daur ulang, atau membuang sampah sembarangan.

Berikut ini beberapa tips agar anak mau buang sampah pada tempatnya sejak usia dini ya, Bunda:

1. Jelaskan pada anak makna membuang sampah pada tempatnya

Langkah pertama dalam mengajarkan anak ialah memaparkan kepada mereka  makna 'membuang sampah pada tempatnya' dan biarkan mereka memahami istilah tersebut. Jika anak mengerti istilah tersebut, maka ia akan bertindak dengan baik. 

Jadi, Bunda perlu mengenalkan perlunya buang sampah pada tempatnya dengan benar. Jika memungkinkan, berikan contoh setiap hari bagaimana tindakan membuang sampah yang baik dan biarkan anak-anak menyaksikannya. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa dengan kebiasaan tersebut.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video mengajarkan anak agar mandiri di bawah ini ya Bunda

[Gambas:Video Haibunda]



TRIK MUDAH AGAR ANAK TERBIASA MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi