sign up SIGN UP search


parenting

6 Nama Dinosaurus yang Bisa Dipelajari Si Kecil, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 21:40 WIB
Menjelang libur Natal dan tahun baru, jumlah pengunjung di Mojosemi Forest Park, Magetan meningkat. Terlebih usai viral video dinosaurus mengamuk. Ilustrasi dinosaurus/ Foto: Sugeng Harianto

Jika ada salah satu hewan purba yang membuat Si Kecil begitu antusias maka hewan purba itu pastinya adalah dinosaurus. Hewan yang diketahui memiliki tubuh besar ini selalu berhasil menyita perhatian Si Kecil.

Berbagai gambar dan film yang menggambarkan bahwa dinosaurus memiliki tubuh raksasa, mungkin akan membuat Si Kecil bertanya. Apa saja nama-nama hewan ini? Atau, apa nama dinosaurus ini? Tentunya, Bunda lah tempat ia bertanya pertama kali.

Seperti yang dilansir dari National History Museum, dinosaurus adalah hewan purba yang hidup pada zaman mesozoikum, atau 245 hingga 66 juta tahun yang lalu. Hewan purba ini akhirnya punah karena meteor yang menghantam bumi.


Dinosaurus merupakan hewan reptil yang sangat menguasai daratan. Meskipun sudah hidup dari zaman dahulu, namun banyak bukti bahwa dinosaurus pernah ada di dunia. Ada banyak jenis dinosaurus dengan berbagai ukuran.

Apa saja nama-nama dinosaurus itu?

Bunda pasti pernah mendengar nama-nama dinosaurus seperti T-Rex. Tapi, sebenarnya apa arti dari dinosaurus?

Nama dinosaurus pertama kali diciptakan oleh seorang ahli biologi dari Inggris, yaitu Sir Richard Owen. Kata ‘dinosaurus’ berasal dari dua kata dalam Bahasa Yunani. Yaitu kata deinos yang berarti ‘mengerikan’ dan saurus yang berarti ‘kadal’. 

Maka dapat diartikan dinosaurus berarti kadal yang mengerikan. Sepertinya memang mengerikan ya, Bunda?

Nah, berikut nama-nama dinosaurus lainnya dilansir dari ZME Science.

1. Tyrannosaurus Rex(T-Rex)

T-Rex adalah rajanya dinosaurus. Nama asli T-Rex berarti ‘Raja Kadal Tyrant’ yang mewakili betapa besar dan kuatnya T-Rex. T-Rex dinamai oleh Henry Fairfield Osborn.

Dinosaurus jenis ini adalah salah satu predator terbesar yang pernah diketahui dan diperiksa. T-Rex memiliki gigitan yang sangat kuat jika dibandingkan dengan hewan darat lainnya.

T-Rex menguasai bumi selama dua juta tahun, waktu yang relatif sebentar jika dibandingkan dengan jenis dinosaurus lainnya yang ada. Meskipun begitu, T-Rex memberi dampak yang cukup besar.

2. Stegosaurus

Nama dinosaurus kedua adalah stegosaurus. Jenis dinosaurus ini lebih tua daripada T-Rex dan jenis yang sangat berbeda dari T-Rex.

Jika T-Rex adalah karnivora atau pemakan daging, maka Stegosaurus adalah herbivora yang bertubuh besar. Ia memiliki punggung yang bulat serta ekor yang runcing untuk melawan pemangsa.

3. Triceratops

Dinosaurus lainnya adalah Triceratops. Ia hidup di zaman yang sama saat T-Rex menguasai bumi. Mungkin pada zaman itu, mereka sering bertemu. Nama Triceratops sendiri berarti ‘wajah bertanduk tiga’.

Ya, disebut begitu karena Triceratops memiliki tiga tanduk di kepalanya. Badannya besar seperti mobil lapis baja. Meskipun begitu, Triceratops adalah hewan herbivora.

4. Velociraptor

Tidak sezaman dengan T-Rex dan tidak sebesar dinosaurus lainnya, Velociraptors hanya seukuran anjing. Seluruh tubuhnya juga ditutupi oleh bulu. Walaupun begitu, ada penemuan yang menemukan bahwa velociraptors adalah seorang predator.

Memang tidak terlihat seperti dinosaurus yang dibayangkan, bukan? Tapi percayalah, Velociraptors juga bagian dari dinosaurus.

5. Allosaurus

Nama Allosaurus sebenarnya berarti ‘kadal yang berbeda’. disebut berbeda karena ia memiliki tulang belakang yang cekung pada saat penemuannya. Ukurannya cukup besar, panjangnya lebih dari 9,5 meter.

Allosaurus berburu secara berkelompok dan salah satu predator yang sangat ganas pada masanya. Tapi, ia sama ganasnya jika harus berburu sendirian. Sangat tidak terbayang jika ia masih hidup sekarang.

6. Diplodocus

Terakhir adalah diplodocus. Ia adalah dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan, lebih besar dari T-Rex. Diplodocus juga menjadi salah satu dinosaurus terpanjang, meskipun para ilmuwan masih yakin bisa lebih panjang lagi.

Diplodocus hidup pada 152 juta tahun yang lalu. Memiliki leher dan ekor yang panjang, serta empat kaki yang sangat kokoh. Ia terbiasa berjalan menjelajahi pohon-pohon dan memakan daun-daunnya seperti jerapah yang sering kita lihat.

Uniknya, ekor Diplodocus yang panjang bisa menjadi penyangga yang baik, hingga ia mencapai ketinggian 11 meter.

Itulah nama-nama dinosaurus yang sangat menarik untuk dikenalkan kepada Si Kecil. Kini ia bisa tahu nama-nama dinosaurus dan mencoba berimajinasi seperti apa bentuknya. Semoga bermanfaat!

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!