sign up SIGN UP search
Video

Jangan Terlewat Bun, 5 Daftar Imunisasi Gratis dari Pemerintah untuk Bayi 0-6 Bulan

Haibunda   |   Haibunda Jumat, 14 Oct 2022 18:50 WIB

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), imunisasi menjadi salah satu cara pencegahan spesifik penyakit menular pada bayi dan balita, Bunda. Efektivitas imunisasi pun akan lebih maksimal jika dilaksanakan secara lengkap dan berurutan.

Imunisasi sendiri sebaiknya mulai dilakukan sejak bayi lahir. Namun, anak usia 9 tahun tetap bisa mengejar imunisasi bila tidak mendapatkannya sama sekali sejak kecil. Misalnya saja imunisasi MR untuk campak dan rubella. Meski begitu, ada pula beberapa jenis imunisasi yang tidak bisa diberikan pada anak usia 7 tahun ke atas, yakni imunisasi DPT-Hib-Hepatitis. Imunisasi ini nantinya akan diganti dengan TD, yakni imunisasi untuk tetanus dan difteri.

Kini, Bunda tidak perlu khawatir tentang masalah biaya imunisasi Si Kecil yang berusia 0-6 bulan, Bunda. Pasalnya, pemerintah telah mensubsidi beberapa imunisasi yang bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas untuk bayi 0 sampai 6 bulan. Simak daftarnya pada video ya!


Share yuk, Bun!

Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!