sign up SIGN UP search
Video

Simak Bun, Ini Tanda-Tanda Anak Mengalami Gangguan Ginjal Akut

Haibunda   |   Haibunda Jumat, 21 Oct 2022 14:04 WIB

Gangguan ginjal akut atau yang juga disebut sebagai gangguan ginjal akut progresif atipikal menyerang lebih dari 200 balita dalam kurun waktu 10 bulan sejak awal Januari 2022. Penyakit ini disebut progresif karena berlangsung cepat yaitu di bawah 3 bulan dan memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi yaitu sekitar 45-48 persen. Sementara itu disebut atipikal karena hingga saat ini masih belum diketahui penyebabnya.

Dr. dr. Bobby Setiadi Dharmawan, Sp.A dari Divisi Nefrologi KSM Kesehatan Anak RSUP Fatmawati menyebut orang tua bisa mewaspadai penyakit ini dengan memastikan Si Kecil minum cukup air mineral dan memastikan ia dapat berkemih dalam waktu 3 jam. Lebih lanjut dokter Bobby mengatakan, salah satu tanda anak mengalami gangguan ginjal akut adalah anak tidak berkemih hingga enam jam, dan terlihat lemas.

Lalu, apa lagi tanda jika Si Kecil mengalami gangguan ginjal akut tersebut? Simak penjelasan dokter Bobby di video berikut ini ya, Bunda!


Share yuk, Bun!

Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!