sign up SIGN UP search


Video

Panduan Pemberian Paracetamol untuk Balita Jika Demam Menurut Dokter

Haibunda   |   Haibunda Selasa, 25 Oct 2022 20:40 WIB

Kemenkes dalam beberapa minggu ini menarik 102 obat jenis sirop yang biasa dikonsumsi anak-anak pada saat mengalami demam, batuk, maupun pilek, Bunda. Hal ini dilakukan sebab Kemenkes menduga salah satu penyebab gagal ginjal akut pada anak 200 lebih anak balita di Indonesia sejak awal Januari 2022 adalah adanya zat etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butyl ether/EGBE dalam tubuh mereka yang diduga berasal dari obat-obatan yang mereka konsumsi.

Kemenkes pun sudah melakukan pengecekan pada pasien penderita gagal ginjal akut. Hasilnya, senyawa kimia tersebut benar ditemukan di dalam tubuh 7 dari 11 anak pasien gagal ginjal akut tersebut. Hingga saat ini Kemenkes pun telah mengumumkan obat-obatan mana saja yang aman dan yang tidak aman untuk dikonsumsi. Lalu bagaimana jika Si Kecil sakit di masa-masa adanya larangan untuk sejumlah obat sirop terutama paracetamol untuk anak saat demam?
Dr. dr. Bobby Setiadi Dharmawan, Sp.A dari Divisi Nefrologi KSM Kesehatan Anak RSUP Fatmawati punya penjelasannya untuk Bunda nih, simak ya!


Share yuk, Bun!

Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!