sign up SIGN UP search

parenting

Kisah Terbaru Orang Tua Besarkan Kembar 5 AIUEO hingga Persiapan Masuk SD

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 18:15 WIB
Cara Orang Tua Kembar Lima AIUEO Bagi Tugas Pengasuhan Cara Orang Tua Kembar Lima AIUEO Bagi Tugas Pengasuhan/Foto: Instagram: @habibi.ahmad.akbar
Jakarta -

Memiliki anak kembar adalah salah satu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Namun, bagaimana jika Bunda memiliki anak kembar lima, ya?

Pasangan Habibi dan Lely Solihati dikaruniai anak kembar bernama Abbid, Izzul, Uqkail, Ezra, dan Oxy (AIUEO) pada tahun 2016 lalu. Kelahiran kelimanya pun sempat viral dan menarik perhatian netizen.

Kini, kembar AIUEO telah memasuki usia 6 tahun, Bunda. Lima anak kembar ini mulai memasuki pendidikan Sekolah Dasar (SD).


Beberapa waktu lalu, Ayah Habibi sempat membagikan kisahnya pada HaiBunda tentang persiapan mereka memasuki sekolah dasar. Bagi Habibi, SD menjadi salah satu hal di mana ia dan istri harus lebih memperhatikan perkataan dan sifat si kembar.

"Nah iya memang masuk SD itu memang lebih banyak circle-nya, pertemanannya lebih banyak. Jadi kita harus selalu mengajarkan mana yang tidak boleh dan mana yang boleh, terutama dalam hal kata-kata dan sifat," kata Habibi pada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Sama seperti anak SD pada umumnya, kembar AIUEO memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ayah Habibi mengaku, kelimanya sempat melihat dan mendengar teman-teman sekolah mengucapkan kata-kata yang kasar.

Meski begitu, Habibi dan istri, Lely, selalu menasihati anak-anaknya untuk tidak mengikuti hal yang buruk dan selalu melakukan hal yang baik.

"Saya nasihati itu tidak baik, tidak boleh dibicarain. Terus itu yang kalian lakukan itu salah, harusnya begini. Yang dilakukan itu jelek, harusnya begini. Karena banyak teman-teman dia yang melakukan hal-hal seperti itu, akhirnya dia nanya, akhirnya dia mengikuti," ucap Habibi.

"Nah setelah dari situ kita selalu memberikan inputan-inputan mana yang boleh, mana yang tidak boleh, mana yang baik, mana yang tidak baik," lanjutnya.

Membagi tugas pengasuhan

Merawat lima anak kembar tentu bukan hal yang mudah. Tak hanya anak kembar lima, Habibi dan Lely juga memiliki dua anak perempuan.

Habibi mengaku ia dan sang istri selalu membagi peran pengasuhan dengan anak-anaknya. Namun, Habibi menyerahkan pendidikan tentang perempuan kepada sang istri.

"Kita sama-sama bagi tugas. Kadang saya lebih dominan ke kakaknya (Shakira) untuk dampingin. Terus istri saya ke kembar lima. Tapi saya dalam hal lain untuk hal-hal lain fokusnya di saya untuk kembar limanya terus untuk urusan tentang pendidikan-pendidikan yang sifatnya perempuan ke istri saya," ujar ayah tujuh anak ini.

"Nah sekarang dibagi lagi nih ada Alysta (anak bungsu) jadinya ya saling bagi lagi. Kadang saya jagain Alysta, kadang saya jagain AIUEO. Jadi saling bagi saja, saling support," tambahnya.

Bunda yang juga akan segera dikaruniai anak kembar, tak perlu khawatir, ya. Ayah Habibi turut membagikan beberapa tips mengasuh anak kembar.

Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video jenis hamil kembar yang perlu Bunda tahu berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AJARKAN TANGGUNG JAWAB DAN SALING MEMAAFKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!