sign up SIGN UP search

parenting

Bocah NTT Juara Lomba Matematika Dunia, Kenali Pengertian Abacus Brain Gym Yuk

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 15:55 WIB
Little professor solving math problem on blackboard Ilustrasi Pengertian Abacus Brain Gym/Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan
Jakarta -

Ada banyak anak Indonesia yang membuat bangga Tanah Air, Bunda Salah satunnya adalah Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay (Nono) yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bocah kelas 2 SD ini berhasil menyabet juara pertama International Abacus World Competition 2022. Kompetisi ini adalah kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan oleh International Abacus Brain Gym (ABG).

Nono berhasil mengalahkan 7.000 peserta dari seluruh dunia. Ia juga merupakan satu-satunya siswa asal Indonesia yang meraih peringkat pertama pada kompetisi tersebut.


Melansir dai laman Abacus Brain Gym, Nano menjadi nomor satu di kategori The Best Champion of The Year dengan 15.201 kumpulan soal (count) serta skor 95,75. Kategori ini menujukan hasil total di tahun lalu.

Sementara itu, peringkat kedua diduduki oleh Bala Abhyudaya Balasubramonian dari Qatar dengan 7506 count dan poin 96,71. Kemudian peringkat ketiga diduduki oleh Asya Shivade dari AS degan 6.138 count dengan skor 97,71.

Selain Nano, tercatat sejumlah peserta dari Indonesia di 20 besar kategori terakhir ini. Yakni, Rafael Putra Pakpahan (peringat 3), Eileen Quintisha Kineta Chahyadi (11), Khloe Nicole Tandiono (17), Cattleya Metta Oeyrantara (18).

Prestasi Nano ini pun membuat bangga seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Gubernut NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Ia mengunggah video Nano ke laman Instagram-nya dan mengucapkan selamat.

"Prestasi yang sangat membanggakan NTT, Indonesia juga dunia, proficiat anak Nono!" katanya.

Pengertian Abacus

Dikutip situs resminya, Abacus Brain Gym adalah layanan kursus sempoa dan matematika yang didirikan sejak 2003, Bunda. CEO-nya, Juli Agustar, mengaku terinspirasi dari program matematika mental sempoa di sebagian besar negara Asia selama liburan keluarga pada 2001.

"Saya benar-benar tertarik dan terkesan dengan hasil pelatihan dengan mengamati anak-anak yang mengikuti matematika mental sempoa ini," ucapnya.

Sejak itu, dia melakukan lebih dari satu tahun penelitian ke banyak pusat pembelajaran sempoa di seluruh dunia sebelum kemudian mengembangkan ABG.

ABG juga mengklaim matematika sempoa adalah metode paling efektif untuk memperkenalkan konsep abstrak matematika kepada anak-anak.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 

(mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!