sign up SIGN UP search

parenting

2 Hal Penting untuk Optimalkan Kecerdasan Si Kecil Sejak Dini

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 17 Mar 2023 20:55 WIB
LazMall Daily Bunda Fest 2023 caption
Jakarta -

LazMall Daily Bunda Fest 2023 hari pertama turut dimeriahkan talkshow bersama expert, Bunda. Host Andari Agustine pun mempersilakan dokter Spesialis Anak, dr. Caessar Pronocitro, Sp.a, M.sc serta Head of Brand Enfagrow Dr Muhammad Lazuardi Putra, naik ke panggung.

Bertajuk Nutrisi Kunci untuk si Kecil Cerdas Sejak Dini, dr. Caessar mengungkapkan bahwa Si Kecil perlu nutrisi yang baik untuk mendapatkan kecerdasan yang optimal. Nutrisi ini sejatinya telah disediakan secara lengkap oleh air susu ibu (ASI).

"Untuk memenuhi kecerdasan diperlukan nutrisi, dan nutrisi yang disediakan oleh ASI adalah yang paling lengkap untuk Si Kecil," katanya, dalam talkshow bersama Enfagrow bertajuk Nutrisi Kunci untuk si Kecil Cerdas Sejak Dini sebagai bagian dari event LazMall Daily Bunda Fest 2023, Jumat (17/3/2023).


Lebih lanjut, Caessar turut menjelaskan salah satu nutrisi pada ASI yang baik untuk perkembangan otak anak adalah laktosa. Ada pula beberapa nutrisi penting lainnya seperti protein hingga asam lemak.

"Laktosa adalah nutrisi yang baik untuk perkembangan otak Si Kecil. Ada pula kandungan lain ada protein, asam lemak, dan berbagai mikronutrien yang lain," tambahnya.

Kecukupan nutrisi untuk Si Kecil bisa dijaga sejak masa kehamilan, Bunda. Tak hanya itu, nutrisi untuk diri Bunda pun turut penting untuk diperhatikan kala masa menyusui.

Cara optimalkan potensi kecerdasan anak

LazMall Daily Bunda Fest 2023LazMall Daily Bunda Fest 2023/ Foto: Ari Saputra

Hal pertama yang perlu Bunda dan Ayah lakukan untuk bantu mengembangkan potensi kecerdasan anak adalah mencukupi asupan nutrisinya.

"Nomor satu tentu cukupi nutrisinya. Misal enam bulan ASI eksklusif, kemudian MPASI yang berkualitas," ujarnya.

Selain nutrisi, Bunda juga perlu berikan stimulasi, nih. Stimulasi yang paling mudah bisa melalui kontak mata dan sentuhan saat menyusui.

"Hal kedua tentu juga stimulasi. Stimulasi tidak harus hal kompleks. Paling mudah dan awal bisa saat menyusui melalui kontak mata dan sentuhan. Jadi Si Kecil memfokuskan penglihatannya, membedakan Ayah dan Bunda. Kalau sudah besar baru mulai latihan berguling, latihan duduk," kata Caessar.

Sementara itu Head of Brand Enfagrow Dr Muhammad Lazuardi Putra menuturkan bahwa berdasarkan riset, orang tua ingin perkembangan otak Si Kecil menjadi bagian yang lebih dioptimalkan.

"Risetnya ibu inginnya anak optimal ada di bagian mana? Yang jadi fokus utamanya adalah si perkembangan otak ini," ungkapnya.

Untuk mendapatkan kecerdasan yang optimal ini, tentu nutrisi harus diberikan sejak usia dini. Setelah itu, pantau selalu milestone anak dengan berbagai cara termasuk berkonsultasi dengan ahli.

"Untuk bisa dapatkan kecerdasan yang optimal memang harus di usia awal. Ikuti milestone-nya saja. Bisa konsultasi dengan ahli," ungkap pria yang akrab disapa Adi ini.

Selain talkshow yang menghadirkan dokter Spesialis Anak dr. Caessar Pronocitro, Sp.a,M.sc, Bunda juga bisa menyaksikan berbagai talkshow menarik dengan narasumber serta expert lainnya di LazMall Daily Bunda Fest 2023 hari kedua dan ketiga.

Tak hanya talkshow menarik, Bunda dan Si Kecil juga bisa mendapat hadiah jutaan rupiah dari berbagai perlombaan yang diadakan di LazMall Daily Bunda Fest 2023 ini. Mulai dari Lomba Kids Dance, Lomba Bayi Merangkak, Lomba menyanyi Bunda dan Si Kecil, hingga Lomba Fashion Show.

Keseruan akhir pekan belum habis, nih. Bunda juga bisa menikmati penampilan seru dan menyenangkan dari Quinn Salman hingga bernyanyi bareng Dikta.

Ada pula aktivitas seru dan menyenangkan yang tidak bisa Bunda lewatkan jika mengunjungi booth-booth dari brand kesayangan. Sebut saja MamyPoko, Johnson & Johnson, Merries, Enfagrow, Zwitsal, Sweety, Frisian Flag, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi, Bunda? Yuk segera datang dan habiskan akhir pekan seru di LazMall Daily Bunda Fest 2023 di Kasablanka Mall Jakarta, mulai dari 17-19 Maret 2023.

(mua/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!