psikologi

Pesan Pangeran William untuk Ortu Terkait Kesehatan Mental Anak

Amelia Sewaka Selasa, 05 Feb 2019 - 12.59 WIB
Pesan Pangeran William untuk Ortu Terkait Kesehatan Mental Anak/ Foto: Istimewa Pesan Pangeran William untuk Ortu Terkait Kesehatan Mental Anak/ Foto: Istimewa
London, Inggris - Pangeran William sedikit berbagi momen emosionalnya saat ia bekerja sebagai pilot Air Ambulance. Duke of Cambridge ini membicarakan tentang pentingnya menangani kesehatan mental di World Economic Forum di Swiss pada Selasa (22/1/2019).

Saat itu ada seseorang yang bertanya apakah ada momen tertentu di tempat kerja yang membuat Pangeran William teringat rumah? Dan jawaban ayah tiga anak ini bikin mewek, Bun...

"Ya, dan saya masih sulit untuk membicarakannya hingga saat ini. Saya masih sangat emosional akan hal itu karena ini berhubungan erat dengan anak-anak saya," kata Pangeran William dilansir Hello Magazine.

Pangeran William menambahkan, tak hanya karena alasan anak, banyak orang dalam komunitas medis yang punya kasus khusus. Menurut suami Kate Middleton ini, nyatanya nggak semua orang bisa mengatasi kondisinya. Karena bukan hal yang mudah untuk ikut merasakan sakit orang lain.


Pesan Pangeran William untuk Ortu Terkait Kesehatan Mental AnakFoto: Getty Images
"Saya merasa, kita harus sadar dan menghargai bahwa kesehatan mental itu penting. Saya pikir jika saya tidak mengambil tindakan, saya pun tak bisa 'menangani' diri saya sendiri dan akan tenggelam dengan situasi yang lebih buruk," tutur kakak Pangeran Harry ini.

Sehingga, menurut Pangeran William, kesehatan mental itu penting. Ia bahkan membicarakan dengan rekan kerjanya dan orang-lain bahwa penting aja menjaga kesehatan mental bisa dimulai dari anak-anak kita.

"Kita harus mulai menangani ini sekarang, jadi anak-anak dan cucu kita tidak harus melalui proses ini sendirian dan mau lebih terbuka tentang kesehatan mental atau apa yang sedang mereka rasakan," ungkap Pangeran William.

Jika bicara kesehatan mental, hal tersebut cukup rumit karena dianggap sebagai topik yang tabu di masyarakat. Banyak orang merasa nggak nyaman mendiskusikan kesehatan mental. Padahal, itu nggak bisa diabaikan dan otak adalah organ yang perlu dijaga, Bun.

Survei yang dilakukan Departemen Kesehatan Australia mengungkapkan, satu dari tujuh anak didiagnosis mengalami gangguan mental pada 2015. The Mental Health and Wellbeing of Children and Adolescents menyoroti, 5 persen anak laki-laki lebih rentan alami masalah kesehatan mental daripada anak perempuan, dengan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) yang paling umum, diikuti gangguan kecemasan, depresi berat dan perilaku.

Apa yang bisa orang tua lakukan agar anak bisa bermental sehat? Nah, berikut berikut 5 kebiasaan baik sejak dini yang bisa Bunda tanamkan ke anak agar bisa bermental sehat, seperti dilansir Northern Star. Simak bersama ya, Bunda.

1. Pastikan anak mendapat istirahat cukup.
2. Banyak ngobrol dengan anak.
3. Bantu anak perbanyak kegiatan atau aktivitas fisik.
4. Tunjukkan ke anak pentingnya membantu sesama.
5. Biarkan anak punya waktu bersantai.


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi