sign up SIGN UP search


trending

5 Kritikan Viral Upin Ipin, Hapus Kata Kasar Hingga Hilangkan Sally

Siti Hafadzoh Jumat, 20 Dec 2019 20:46 WIB
Seorang netizen di Twitter meminta agar karakter Sally di film kartun Upin Ipin dihapus. Selain itu, Upin Ipin diminta tidak lagi gunakan kata 'aku' dan 'kau'. caption
Jakarta - Upin dan Ipin menjadi salah satu kartun yang difavoritkan anak Indonesia. Kartun asal Malaysia ini mendadak viral dan trending di Twitter, Bunda.

Ternyata, hal itu bermula saat rumah produksi Les' Copaque, menanyakan ide untuk Upin Ipin di tahun 2020 mendatang. Mereka menanyakan ini lewat media sosial Twitter.


"Share idea cerita Upin & Ipin tahun 2020 paling unik sekali," tulis akun Twitter @lescopaque.


Menanggapi hal tweet ini, seorang wanita bernama Alya memberikan banyak kritikan untuk Upin Ipin. Tak disangka, cuitannya mendapat respon dari netizen dan menjadi viral sepanjang sore kemarin.

Berikut 5 kritikan Alyaa terhadap film Upin Ipin, yang menjadi trending hari ini.

1. Diminta untuk hapus kata-kata kasar

Alya meminta agar rumah produksi yang membuat kartun tersebut menghilangkan kata-kata kasar. Ia juga meminta agar berhenti menggunakan kata ganti aku dan kau dalam serial kartun tersebut. "Stop guna aku kau."

Dari berbagai sumber menyebutkan jika penggunaan kata 'aku' dalam bahasa Malaysia terbilang tidak sopan, Bun. Apalagi kalau diucapkan kepada orang yang lebih tua.

2. Hapus tokoh Sally

Netizen yang bernama Alyaa ini juga berharap agar tokoh Sally dihapus. "Buang character Sally whatever tu."

Sally adalah tokoh laki-laki yang bersikap seperti kemayu seperti perempuan.

3. Memperbaiki karakter Indian

Dalam serial Upin Ipin, beberapa karakter India cukup menyebut perhatian, Bun. Satu di antaranya ada Jarjit yang lumayan banyak tampil saat bermaian dengan si kembar.

Selain itu ada tokoh Paman Muthu dan Raju juga yang dikenal sebagai tokoh India. Sally menulis, "Hire actual Indian for Indian Character." Tak jelas, Alyaa mempersoalkan tokoh mana yang menurutnya belum sesuai dengan orang India pada umumnya.

4. Hentikan karakter Kak Ros yang berkata kasar

Selain mengkritik kata-kata kasar aku dan kau. Rupanya, Alyaa juga menyarankan agar setop mempertontonkan adegan Kak Ros yang berbicara dengan nada kasar dan jerit-jerit. "Kak Ros stop cakap kasar2 jerit2."

5. Hapus ucapan betul, betul, betul

Satu lagi kritikan yang disampaikan Alyaa adalah berhenti membuat Upin dan Ipin mengatakan betul, betul, betul. "Stop with betul betul betul, it's not cute."


Selain itu, dia juga menyinggung dengan agar Upin Ipin fokus pada penyampaian nilai moral, Bun. "Work on a content with moral value else just cancel your show."

Nah, gimana nih menurut, Bunda? Setuju atau enggak dengan saran netizen di atas?

Bunda perlu dampingi anak ketika nonton TV, ini alasannya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi