Sign Up search


trending

Selain Frederik Kiran, Ini Cucu Soekarno Lain yang Tak Kalah Tampan

Asri Ediyati Kamis, 26 Mar 2020 15:10 WIB
Selain Frederik Kiran, Ini Cucu Soekarno Lain yang Tak Kalah Tampan Selain Frederik Kiran, Ini Cucu Soekarno Lain yang Tak Kalah Tampan/ Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Cucu Soekarno, Frederik Kiran sempat curi perhatian publik lewat fotonya yang beredar di media sosial. Frederik Kiran menjadi sorotan lantaran parasnya yang tampan. Frederik sendiri adalah anak blasteran Indonesia-Belanda.

Selain Frederik Kiran, cucu Soekarno lain yang tak kalah curi perhatian adalah Paundrakarna. Pemilik nama asli Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Jiwo Suryonegoro itu merupakan anak dari KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri.


Seperti apa sosok Paundrakarna? Berikut profil singkatnya yang telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.


1. Turunan ningrat

Jika dilihat dari nama panjangnya, G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, sudah dipastikan ia adalah keturunan ningrat. Paundrakarna merupakan anak sulung dari dua bersaudara pasangan KGPAA Mangkunegara IX dari Keraton Solo dan Sukmawati Soekarnoputri. Paundra merupakan generasi ketiga dari keluarga besar Soekarno.

2. Sempat bercita-cita jadi desainer grafis

Setelah lulus dari SMAN 1 Surakarta pada tahun 1994, Paundrakarna pernah bercita-cita ingin menjadi seorang desainer grafis. Hal ini karena hobinya yang suka menggambar.

Paundra pun memutuskan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994. Namun, Paundra merasa tak nyaman dan memutuskan keluar pada 1995. Paundra pun akhirnya pilih masuk Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta mengambil jurusan broadcast dan lulus pada tahun 2000.
PaundrakarnaPaundrakarna/ Foto: Twitter

3. Aktor film dan sinetron

Jurusan kuliah sebelumnya benar-benar mendukung karier Paundrakarna sebagai aktor film dan sinetron. Debut karier Paundra yaitu bermain lewat sinetron Saraswati. Ia kemudian berperan sebagai Galih dalam sinetron Gita Cinta dari SMA. Sinetron itu melejitkan namanya. Paundra juga pernah tampil dalam sinetron Perempuan Pilihan dan Kucinta Dia.

Sementara itu, film terakhir yang ia bintangi adalah Rudy Habibie. Paundrakarna berperan sebagai Mario. Tokoh itu merupakan tokoh antagonis di film tersebut.

4. Coba kesempatan di dunia tarik suara

Paundrakarna rupanya pernah merilis album perdananya Sebuah Awal pada bulan April 2004. Albumnya berisi 10 lagu, salah satu lagu di album itu adalah Galih dan Ratna.

Lagu andalan dalam album itu, Gita Cinta dari SMA, diciptakan oleh pamannya, Guruh Soekarnoputra. Di album perdananya itu, selain menyanyikan lagu ciptaan ibunya yaitu Dag Dig Dug. Paundra juga menyanyikan lagu ciptaannya sendiri La-la-la-ya Indahnya Dunia.

5. Mantan DPRD dan maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020

Mengutip detikcom, Paundrakarna pernah menjadi politikus PDIP dan pernah menjadi anggota DPRD di Solo. Namun, di tengah jalan, dia dicopot karena dinilai kurang aktif dalam kegiatan DPRD. Paundra kini juga diwacanakan berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta 2020.


Simak juga cerita Yannie Kim jajal dunia akting di Korea:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi