sign up SIGN UP search


trending

Lagi, Pilot Alih Profesi jadi Tukang Antar karena Pandemi COVID-19

Yuni Ayu Amida Jumat, 21 Aug 2020 05:00 WIB
Kritee Youngfuengmon caption
Jakarta -

Pembatasan perjalanan udara yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan di Thailand akibat wabah COVID-19, berdampak besar pada kehidupan awak pesawat. Para karyawan termasuk pilot banyak yang dirumahkan. Akibatnya, untuk bertahan hidup beberapa di antara mereka memutuskan beralih profesi.

Salah satunya pilot asal Thailand bernama Kritee Youngfuengmon ini yang banting setir menjadi pengantar makanan. Dengan menggunakan motornya, ia berkeliling untuk mengantar makanan, minuman, dan juga dokumen.

Dari foto-foto yang dibagikannya di media sosial. Kritee nampak menjalankan tugasnya dengan baik. Ia bahkan mengenakan seragam berwarna hijau yang nampak seperti jaket ojek online jika di Indonesia.


Meskipun pekerjaan ini tampak tidak glamor, namun bagi pilot berusia 36 tahun ini, pekerjaan tersebut sudah lebih dari cukup untuk menghidupi finansialnya. Dalam sehari ia kira-kira bisa mendapatkan 1.500 baht atau sekitar Rp700 ribu, yang harusnya membuat dirinya dan keluarga bisa bertahan sampai pandemi berlalu.

"Hidup tidak bisa diprediksi. Hal yang tidak terduga bisa terjadi kapan saja. Anda bisa menikmati saat-saat indah dan tiba-tiba, Anda berantakan," katanya.

Lebih lanjut, Kritee juga membagikan foto dirinya saat sedang berada di kemudi pesawat, dan menyandingkan dengan fotonya saat sedang mengendarai motor mengangkut pesanan. Menurutnya ini adalah perubahan hidup yang mesti ia hadapi.

"Ketika itu terjadi, Anda harus memikirkan apakah Anda akan menyerah, atau berjuang dan menemukan sesuatu untuk dipegang sementara Anda mencari jalan keluar." tuturnya.

Kritee YoungfuengmonKritee Youngfuengmon/ Foto: istimewa

Kritee sendiri mengatakan akan tetap menjadi pengantar barang online sampai virus Corona berakhir, Bunda. Namun jika situasi kembali normal, Kritee mungkin akan kembali menjadi pilot.

Walaupun kini hidupnya tidak seperti dulu, Kritee merasa bersyukur karena masih diberi kesempatan hidup. Ia juga berpesan pada masyarakat untuk mengatur keuangan secara bijak, mengingat tidak pernah ada yang tahu apa yang terjadi ke depannya.

"Disiplin keuangan dan tabungan penting, karena tidak tahu apa yang terjadi di masa depan." ujar Kritee, dilansir Taiwan News.

Sebelumnya seorang pria bernama Anwar Ajid yang dulu berprofesi sebagai pilot, kini bekerja sebagai pengantar makanan. Usai 10 tahun menjadi pilot, Anwar Ajid terpaksa kehilangan pekerjaannya akibat pandemi COVID-19.

Saat ini, ia pun harus tetap bekerja demi menghidupi istri dan anak perempuannya yang berusia 8 tahun. Anwar memutuskan untuk bekerja sebagai pengantar makanan. Menurutnya, pekerjaan ini bisa menghasilkan uang yang cukup untuk sementara.

Simak juga tips aman ngantor di masa pandemi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!