sign up SIGN UP search


trending

Pasca Dibongkar Bohong Soal Sakti, Kini Gelar PhD Pesilat Chintya Diragukan

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 25 Aug 2020 08:27 WIB
Pendekar silat cantik dari Lampung. caption
Jakarta -

Pesilat Chintya Candranaya terus menjadi sorotan netizen. Nama pesilat wanita asal Lampung ini awalnya mencuat setelah Deddy Corbuzier membeberkan sejumlah kejanggalan atas klaim silat yang dimiliki Chintya.

Tak hanya kemampuan silat yang dituduuh bohong, kini pengakuan mengenai gelar akademiknya pun dipertanyakan, Bunda. Banyak yang sangsi benarkah di usia semuda itu ia sudah berhasil menyandang sederet gelar yang mentereng?

Hal itu terungkap setelah beberapa waktu, akun Instagram @grapplereceh mengunggah foto sampul belakang buku Mencari Tenaga Dalam karya Benny Yos yang terbit pada 2018. Sesuai judulnya, buku tersebut tentang pencak silat.


Pada bagian sampul belakang, terdapat testimoni dari Chintya Candranaya tentang buku Benny Yosa. Yang menjadi sorotan oleh akun tersebut terdapat gelar yang panjang di belakang nama Chintya yaitu BA (Bachelor of Arts), MBA (Master of Business Administration), Ph.D. (Philosophical Doctor). Pada saat buku itu terbit di 2018, usia Chintya masih 22 tahun.

"Bukunya bagus, mba-nya hebat 23 tahun (sekarang 24) udah lulus program doctoral business administration.. Eh atau bachelor of arts ya? Kok doktoral cabang ilmu bachelor sama magisternya beda? Hmm.. Mungkin saya yang kurang ilmu, Ini Ph. D lho bukan pizza hut delivery," tulis akun tersebut di Instagram, dikutip Senin (24/8/2020).

Terkait gelar, Anjar Weni melalui balasan komentar terhadap netizen mengaku bahwa Chintya pernah bersekolah di Australia. Saat sekolah, Anjar Weni menyebut Chintya belajar bela diri pencak silat hanya untuk melindungi diri dari kejahatan.

Pendekar silat cantik dari Lampung.Chintya Candranaya/ Foto: Instagram/chintyacandranaya

"Chintya Candranaya itu sekolah dan kuliah di Australia jadi enggak sempat jadi atlet lagipula tidak diperbolehkan kedua orang tua, bela diri hanya untuk jaga diri saja," kata Anjar Weni membalas salah satu komentar netizen di Instagram.

Setelah ditelusuri, fakta tentang sekolah Chintya Candranaya memang belum pernah diungkap, Bunda. Namun, terkait pencak silat, ia mengakui bahwa silat sudah menjadi hobinya dan juga merupakan sesuatu yang turun temurun dari keluarga.

Ia juga sering berlatih dari kakeknya. Namun, setelah sang kakek meninggal, ia sempat vakum sampai akhirnya belajar lagi bertemu sang kekasih yang juga guru pencak silatnya Agus Setiawan Jaya.

"Karena memang hobi dan juga sudah turun temurun dari keluarga juga. Kalau aku belajarnya dari umur 7 tahun sampai sekarang," katanya.

"Kalau dari kakek saya itu Partisan Siliwangi (perguruan), tetapi sekarang saya belajar pada Master Agus Setiawan Jaya di Harimau Utara," sambung Chintya Candranaya di kanal YouTube Trans7 Official.

Simak juga cerita Avi Basalamah didik putrinya olahraga berkuda sejak kecil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!