sign up SIGN UP search


trending

Wow! Wanita Buruh Pabrik Ubah Nasib Jadi Orang Terkaya Dunia, Hartanya Rp219 T

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Rabu, 26 Aug 2020 07:31 WIB
wu yajun caption
Jakarta -

Seorang wanita miliarder China pernah bekerja di sebuah pabrik sebagai teknisi dengan penghasilan hanya US$ 16 sebulan atau Rp233 ribu. Sekarang dia menjadi orang terkaya di dunia yang memiliki harta bernilai US$15 miliar atau setara Rp219 Triliun. Bagaimana kisahnya?

Ialah Wu Yajun yang sekarang menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Ia menghabiskan bertahun-tahun hidupnya dengan bekerja di sebuah pabrik, serta pernah menjadi jurnalis sebelum dia mendirikan Longfor Properties yang sekarang disebut Longfor Group Holdings, sebuah perusahaan pengembang properti yang dilaporkan menghasilkan pendapatan sebesar US$10,7 miliar pada tahun 2017.

Wu Yajun sendiri berasal dari keluarga yang sederhana. Dia lahir pada tahun 1964 di Chongqing. Ketika berusia 16 tahun, dia mulai belajar di Northwestern Polytechnical University Xian dan berhasil mendapat gelar sarjana teknik.


Setelah lulus, dia ditugaskan untuk bekerja di sebuah pabrik milik negara di Chongqing, tempat dia bekerja selama empat tahun dengan penghasilan sekitar US$16 sebulan atau sekitar Rp233 ribu.

Pada tahun 1988, ketika berusia 24 tahun, Wu memulai tugas lima tahun sebagai jurnalis yang meliput properti di Kantor Berita China Shirong. Kemudian, pada tahun 1993, setelah mengalami serangkaian masalah saat mencoba membeli apartemen pertamanya, Wu memutuskan untuk memulai apa yang kemudian menjadi Longfor Properties dengan suaminya, Cai Kui.

Pada tahun 1997, Longfor menjual proyek perumahan pertamanya di Chongqing, dengan harga US$157 per meter persegi, yang lebih dari dua kali lipat pendapatan rata-rata rumah tangga Tiongkok pada saat itu. Longfor adalah salah satu pengembang pusat perbelanjaan paling awal di China. Perusahaan memperkirakan 300 juta orang telah mengunjungi mal-malnya pada 2017.

Wu YajunWu Yajun/ Foto: istimewa

Pada 2012, Wu adalah wanita terkaya di Tiongkok. Namun di tahun itu pula ia bercerai dan kehilangan hampir US$3 miliar dari kekayaannya setelah mentransfer sekitar 40 persen sahamnya ke sang mantan suami. Meski demikian, kekayaan Wu rupanya terus bertambah.

Pada tahun 2017, ia menduduki peringkat ketujuh dalam daftar global miliarder wanita mandiri, dengan kekayaan bersih US$4,6 miliar. Saat ini, Wu berada di atas enam wanita lainnya di Indeks Miliarder Bloomberg.

Pada tahun 2003, karena kurangnya informasi publik tentang dia, namanya salah dieja dalam daftar orang terkaya di China, dan dia dikira laki-laki. Ketika ditanya mengapa dia menghindari publisitas, Wu menjawab dengan sangat bijaksana.

"Tidak ada yang perlu saya bicarakan. Saya hanyalah orang yang berfokus pada bisnis saya sendiri," ungkapnya dilansir South China Morning Post.

Simak juga tips aman ngantor di masa pandemi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!