sign up SIGN UP search


trending

Viral Makan Ayam Bakar di Warung sampai Rp900 Ribu di Pangalengan, Ternyata..

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 08:23 WIB
Closeup woman checking the price of foods on the bill after meal in the restaurant caption
Jakarta -

Ketika makan di perjalanan liburan, sering kali kita terjebak di restoran yang punya sistem getok harga. Alih-alih kenyang, wisatawan ini justru merugi. Tetapi ada hal yang mengganjal di balik kisah viral ini, Bunda.

Seorang pria bernama Rudiman membagikan pengalaman tak menyenangkan ketika ia tengah berlibur bersama teman-teman ke tempat wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Jawa Barat.

Unggahan yang dibagikan di Facebook itu menceritakan kejadian apes yang menimpa rombongan wisatawan. Ketika makan ayam bakar di sebuah warung, mereka mengalami getok harga sampai ludes Rp1 juta.


Wisatawan itu bercerita, saat itu ia dan rombongan mampir ke sebuah warung makan dan memesan beberapa menu. Ada sekitar 11 porsi ayam bakar dan ayam goreng, yang ternyata dibanderol seharga Rp440 ribu.

Bahkan, mereka juga dipatok harga Rp75 ribu untuk 3 porsi karedok, serta Rp60 ribu untuk 30 tahu dan tempe. Selain itu, ada juga 1/2 jengkol dengan harga Rp50 ribu dan 6 potong ikan asin seharga Rp90 ribu.

Untuk minuman, Rudiman dikenai harga Rp125 ribu untuk 5 kelapa. Mereka juga menyewa 3 tikar untuk digunakan sebagai alas mereka duduk menyantap makanan, yang dipatok seharga Rp75 ribu.

Banner 7 Meja Makan TerbaikBanner 7 Meja Makan Terbaik/ Foto: HaiBunda/Mia

Alhasil, ia dan teman-temannya harus merogoh kocek senilai Rp915 ribu hanya untuk dihabiskan di warung makan. Mereka sangat terkejut, Bunda. Momen itu juga dibagikan di kanal YouTube mang Dragon TV.

Video tersebut viral sampai dibagikan oleh akun @wisatapangalengan. Banyak netizen yang menghujat harga menu di restoran tersebut. Menurut mereka, harga untuk satu porsi makanan dan minuman di sana tidaklah wajar.

Rumah makannya viral dan dicibir netizen, pemilik tempat itu muncul untuk memberikan klarifikasi. Unggahan dari akun Facebook Abahnazeni itu meluruskan sejumlah hal dari peristiwa viral tersebut.

Menurut penuturan akun itu, menu makanan mahal yang dibicarakan di unggahan sebelumnya tidak berasal dari rumah makan miliknya. Ia menduga menu tersebut dibeli lewat calo, Bunda.

"Saya pihak dari warung wisata Situ Cileunca Cibeunying Pangalengan ingin sedikit menjelaskan. Masalah ini Akang Arip bukan beli dari warung ataupun rumah makan yang ada di Situ Cileunca, tapi Kang Arip beli dari penjual jasa atau calo," tulis akun tersebut.

Ia juga menjelaskan, warung makan Situ Cileunca yang asli hanya mematok harga makanan seperti standar rumah makan pada umumnya, yakni Rp25 ribu.

Bahkan dalam satu paket makan, pengunjung sudah bisa mendapatkan nasi, daging, tahu, tempe, lalapan, sambal, dan kerupuk. Lebih lanjut, Abahnazeni juga menjelaskan bahwa harga es kelapa sebenarnya hanya Rp15 ribu per batok.

Karena telah menyebar berita buruk mengenai usahanya, pemilik restoran berniat untuk membawa kasus ini ke ranah hukum, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, saksikan juga video resep tumis oncom leunca terong di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/pri)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!