sign up SIGN UP search

trending

Ketika Pria Coba Simulasi Menstruasi Sampai Menjerit & Meringis: Sakit Sekali!

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 07 Sep 2022 18:50 WIB
LEVEL SIMULATOR BISA DIATUR
Sick Asian young woman lying in bed holding stomach in pain caption

Sandra Sunny, sosok di balik kampanye dengan tajuk #feelthepain ini mengatakan simulator tersebut merupakan cara paling mudah untuk mendorong percakapan bermakna, dan mengubah sikap seseorang.

"Kalau Anda bertanya langsung kepada rekan pria, apa yang mereka tahu tentang kram haid, mereka akan enggan untuk membahasnya. Tapi jika kamu tanya mereka seperti, 'Apakah mereka pernah berbicara tentang menstruasi dengan siapapun, apa yang membuat mereka enggan untuk membicarakannya,' setelah menggunakan simulator ini, mereka lebih terbuka," katanya.

Sebagai informasi, ada dua kabel yang bisa ditempelkan pada dua orang pada waktu bersamaan. Kemudian, ada juga sebuah tombol kontrol yang bisa mengatur rasa sakit dari level 1 sampai 10.


Banner Kalimat Larangan dalam Didik Anak

Penyelenggara aksi ini juga mengatakan bahwa simulator ini memicu diskusi terbuka di kampus-kampus distrik Ernakulam. Beberapa mahasiswa yang mencoba simulator tersebut pun mengatakan hampir tidak bisa menahan rasa sakitnya.

"Mereka langsung bereaksi, mengatakan, 'matikan alat ini!'," kata Zeenath KS, salah satu mahasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Dr Akhil Manuel selaku sekretaris cabang IMA sekaligus koordinator kampanye mengatakan reaksi para pria itu cukup umum. Bahkan, para perempuan biasanya bisa sampai di level lebih tinggi.

"Perempuan masih bertahan pada (level) 9 sementara para pria kesulitan untuk melewati level 4, meskipun simulator ini hanya menstransmisikan 10 persen dari rasa sakit yang sesungguhnya," katanya.

Lebih lanjut, Sandra Sunny juga mengatakan bahwa simulator ini juga membantu pria untuk memahami bagaimana menderitanya wanita saat mengalami hal rasa sakit yang parah selama bertahun-tahun.

"Bagi mereka, ini sebuah mesin yang bisa dihentikan. Tapi bagi kami (perempuan), tidak bisa," pungkasnya.

(AFN/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!