sign up SIGN UP search


trending

Jam Kerja PNS Kemenkeu Berubah Sampai 11 Malam, Bagaimana Insentif Lemburnya?

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 16:30 WIB
Ilustrasi kerja pakai masker caption
Jakarta -

Sri Mulayani Indrawati belum lama ini menyinggung soal jam kerja pegawai negeri sipil (PNS), Bunda. Menurut Menteri Keuangan tersebut, pandemi COVID-19 membuat budaya kerja di kantornya menjadi berubah.

Jam kerja baru ini, membuat para PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) justru tak punya jam kerja. Hal tersebut lantas membuatnya ingin memberikan insentif alias bonus lembur pegawainya.

Saat rapat kerja di Komisi XI DPR beberapa waktu yang lalu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa a new ways of working atau cara kerja baru adalah pakem yang diterapkan oleh Kementerian Keuangan saat ini. Sehingga ini mengubah suasana kerja di Kementerian Keuangan.


"Kantor-kantor diubah jadi tempat yang bisa di-share, sehingga aktivitas bisa bersama. Working space juga di-share. Dengan cara kerja baru, akan memberikan efisiensi yang radikal," tuturnya.

Sri Mulyani memandang, budaya kerja harus diubah, intangable tapi penting. Oleh karena itu, reformasi keorganisasian dan dari sisi sumber daya manusia, serta cara kerja menjadi satu paket.

Pola kerja baru yang dimaksud, kata Sri Mulyani salah satunya adalah dengan mengubah ruang kerja dari yang basisnya kantoran menjadi dengan kerja secara digital.

"Jam kerja officially 07.30, tapi kerja berakhir jam 5 sore (17.00). Namun, akhir pekerjaan bisa sampai jam 11 malam (23.00). Karena bisa rapat malam hari sesudah makan malam dari masing-masing rumah, jam kerja jadi lama," ujar Sri Mulyani.

Oleh karena itu, meskipun aktivitas fisik tidak seperti sebelumnya, membuat dirinya berencana untuk mengubah skema rewards (penghargaan) dan punishment (hukuman) untuk para pegawainya. Termasuk dalam hal ini akan mempengaruhi anggaran untuk insentif lembur pegawainya.

"Dari sisi lembur dulu setelah jam 5 sore adalah lembur, sekarang setiap hari lembur, karena kita sekarang bekerja 24 hours, ini menimbulkan sistem insentif dengan perubahan working hour dan places. Akan fokus ke deliver, rather than melihat proses dan waktunya dari mengerjakan pekerjaan tersebut," jelas Sri Mulyani.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 4 kelompok dengan 3 serangkai shio yang cocok diajak kerja sama dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!