trending

20 Film tentang Bencana Alam & Kehancuran dengan Rating Tinggi, Menegangkan Bun

Ousama El Fatha Kusnandar   |   HaiBunda

Jumat, 15 Sep 2023 05:00 WIB

Industri film Hollywood memang tak pernah kehabisan cara untuk menggetarkan hati penontonnya, dan salah satu tema yang selalu berhasil mencuri perhatian global adalah film bencana alam. Dengan kemampuan mereka dalam menciptakan visualisasi yang luar biasa spektakuler, tidak aneh jika setiap kali Bunda mendengar tentang film bencana alam, Bunda merasa tidak sabar untuk menyaksikannya.

Namun, ada sesuatu yang lebih mendalam di balik efek visual memukau yang selalu dihadirkan film-film bencana alam. Hal yang membuat film-film demikian begitu menarik adalah cara mereka menyuguhkan cerita-cerita emosional tentang ketegaran manusia di tengah-tengah krisis alam yang menghancurkan segalanya.

Bukanlah rahasia umum bahwa ketika bencana alam datang, manusia sering kali dihadapkan pada ujian paling berat dalam hidup mereka. Dan film-film ini, dengan segala kompleksitas karakter dan konfliknya, mampu menggambarkan kekuatan dan kelemahan manusia dalam menghadapi bencana alam yang mengancam nyawa mereka.


Dalam artikel ini, Bunda akan menelusuri 20 film tentang bencana alam terbaik yang pernah ada dengan rating tertinggi dan cerita-cerita memikat yang begitu menarik. Dari gempa bumi hingga tsunami, dari badai dahsyat hingga letusan gunung berapi, film-film ini akan membawa Bunda dalam perjalanan mendebarkan melintasi berbagai bencana alam yang memukau sekaligus membuat bergidik ngeri.

Rekomendasi film tentang bencana alam dan kehancuran  terbaru

Di tahun 2023 ini, terdapat beberapa film bencana alam yang turut meramaikan industri perfilman dengan judul-judul baru. Berikut adalah beberapa film bencana alam yang dirilis di tahun 2023 yang sangat direkomendasikan untuk Bunda tonton.

1. 2018 (2023)

Film bencana alam, 2018 (2023)/ Foto: Kavya Film
Film bencana alam, 2018 (2023)/ Foto: Kavya Film

2018 , atau yang juga dikenal sebagai 2018: Everyone is a Hero adalah film bencana alam epik berbahasa Malayalam yang memukau hati penonton. Disutradarai oleh Jude Anthany Joseph dan ditulis bersama Akhil P. Dharmajan, film ini mengisahkan tragedi banjir Kerala tahun 2018 yang menghancurkan Kerala dan berhasil meraih perhatian dan hati penonton dengan setting Kerala yang memukau.

Cerita ini akan membawa Bunda ke dalam kehidupan sekelompok orang yang terjebak dalam pusat banjir yang menghancurkan. Dari mantan tentara yang memiliki trauma perang hingga sopir truk yang terjebak dalam intrik kekerasan, film ini memadukan beragam karakter yang menghadapi ujian hidup yang luar biasa. Dalam banjir yang melanda wilayah Kerala, kisah keberanian, pengorbanan, dan persahabatan menjadi inti dari 2018 .

Film ini bukan hanya sekadar tontonan, namun juga sebuah pengalaman yang menggugah perasaan, yang memperlihatkan bahwa dalam situasi terburuk sekalipun, kemanusiaan dan keberanian akan selalu menang. 2018 adalah salah satu film bencana alam terbaik di tahun 2023 ini.

  • Rating IMDb: 8.6/10
  • Genre: bencana alam, drama, thriller
  • Pemain utama: Tovino Thomas, Kunchacko Boban, Asif Ali, Vineeth Sreenivasan
  • Situs atau platform streaming: -

2. Concrete Utopia (2023)

Film bencana alam, Concrete Utopia (2023)/ Foto: Lotte
Film bencana alam, Concrete Utopia (2023)/ Foto: Lotte

Betapa mengerikannya ketika alam meradang dan kehancuran melanda. Demikianlah tema yang dihadirkan dalam film bencana alam terbaik tahun 2023 ini, Concrete Utopia . Disutradarai oleh Um Tae-hwa, Bunda akan diajak menyaksikan ketegangan yang luar biasa ketika sebuah gempa bumi dahsyat menghancurkan dunia, dan di tengah kehancuran itu, hanya sebuah gedung apartemen yang tetap berdiri kokoh, bernama Hwang Gung Apartments.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang dari luar berbondong-bondong mendatangi apartemen ini untuk berlindung dari cuaca yang semakin ekstrem. Namun, penghuni asli apartemen merasa terancam oleh lonjakan jumlah populasi di gedung mereka dan akhirnya mengambil langkah-langkah khusus untuk memastikan keberlangsungan hidup mereka pribadi

Film ini berhasil mencuri perhatian dunia internasional dengan penayangannya di berbagai festival film prestisius dan telah mendapatkan pengakuan dalam bentuk pujian kritis serta pencapaian di box office. Dengan akting mendalam dari Lee Byung-hun dan suasana distopia yang membuat bergidik, Concrete Utopia menghadirkan pengalaman sinematik yang tak terlupakan.

  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Genre: bencana alam, fiksi ilmiah, drama, action
  • Pemain utama: Lee Byung-hun, Park Seo-joon, Park Bo-young
  • Situs atau platform streaming: -

7 film tentang bencana alam terbaik dengan rating tertinggi, kisah menegangkan

Hingga hari ini, terdapat beberapa judul film bencana alam yang menuai respons positif, baik dari penonton maupun kritikus yang ahli dalam bidang perfilman. Film-film ini juga memiliki kisah seru yang pastinya akan membuat Bunda terpaku pada layar kaca.

1. The Impossible (2012)

Film bencana alam, The Impossible (2012)/ Foto: Warner Bros.
Film bencana alam, The Impossible (2012)/ Foto: Warner Bros.

Film bencana alam berjudul The Impossible yang dirilis pada tahun 2012 adalah kisah mendebarkan yang mengangkat pengalaman nyata keluarga María Belón dalam tsunami Samudera Hindia yang terjadi di tahun 2004. Film ini dibesut oleh sutradara J. A. Bayona dan menampilkan akting luar biasa dari Naomi Watts, Ewan McGregor, dan Tom Holland dalam masa-masa debutnya.

Kisah ini mengikuti perjuangan keluarga Bennett saat mereka menghadapi malapetaka besar saat berlibur di Khao Lak, Thailand. Terjebak dalam pusaran tsunami, mereka berpisah namun tetap bersatu oleh tekad dan cinta keluarga. The Impossible berhasil memukau para kritikus dengan penyutradaraan yang brilian dan akting yang memukau, terutama dari Naomi Watts yang meraih penghargaan dan nominasi prestisius.

Dalam kata lain, film ini bukan hanya sekadar film bencana alam yang akan memanjakan mata Bunda sebagai penonton dengan efek visualnya, namun juga kisah keajaiban dan keberanian yang mampu memikat hati. Dengan alur yang memukau dan ketegangan yang tiada henti, The Impossible telah mengukir namanya sebagai salah satu film bencana alam terbaik sepanjang masa yang patut disaksikan oleh semua pecinta film.

  • Rating IMDb: 7.5/10
  • Genre: bencana alam, drama, sejarah, thriller
  • Pemain utama: Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland
  • Situs atau platform streaming: -

2. The Poseidon Adventure (1972)

Film bencana alam, The Poseidon Adventure (1972)/ Foto: 20th Century
Film bencana alam, The Poseidon Adventure (1972)/ Foto: 20th Century

The Poseidon Adventure adalah salah satu film bencana alam terbaik yang dirilis tahun 1972. Disutradarai oleh Ronald Neame dan diproduseri oleh Irwin Allen, film ini diangkat dari novel karya Paul Gallico yang terbit pada tahun 1969 berjudul sama. Kisah film ini berfokus pada SS Poseidon, sebuah kapal pesiar tua yang terbalik akibat tsunami, mengunci seluruh penumpang dan kru di dalamnya. Petualangan pun dimulai ketika seorang pendeta, Frank Scott, berusaha memimpin kelompok kecil untuk mencari jalan keluar.

The Poseidon Adventure tidak hanya meraih kesuksesan komersial sebagai film terlaris tahun 1973 dengan pendapatan lebih dari US$125 juta di seluruh dunia, namun juga mendapat pengakuan kritis dengan delapan nominasi Academy Awards. Film ini memenangkan dua Oscar, serta Golden Globe Award, British Academy Film Award, dan Motion Picture Sound Editors Award.

Dengan pengambilan gambar dan efek khusus yang memukau, The Poseidon Adventure menjadi salah satu film bencana alam terbaik yang tetap memiliki tempat istimewa dalam sejarah perfilman. Kisahnya yang memegang teguh nilai-nilai manusia dalam menghadapi kesengsaraan menjadikannya film yang tak terlupakan dalam sinema dunia.

  • Rating IMDb: 7.1/10
  • Genre: bencana alam, drama, thrilleraction
  • Pemain utama: Gene Hackman, Ernest Borgnine, Shelley Winters
  • Situs atau platform streaming: -

3. Deepwater Horizon (2016)

Film bencana alam, Deepwater Horizon (2016)/ Foto: Lionsgate
Film bencana alam, Deepwater Horizon (2016)/ Foto: Lionsgate

Deepwater Horizon, sebuah film bencana alam Amerika yang dirilis tahun 2016, menghadirkan dramatisasi ledakan dan tumpahan minyak di kilang minyak Deepwater Horizon di Teluk Meksiko. Sutradara Peter Berg menggambarkan peristiwa ini dengan penuh ketegangan, membawa Bunda sebagai penonton dalam perjalanan mencekam di lepas pantai Louisiana.

Dengan Mark Wahlberg dan aktor-aktor berbakat lainnya, film ini berhasil memperlihatkan kisah nyata keberanian dan ketahanan manusia di tengah bencana alam yang mematikan. Deepwater Horizon juga mendapatkan sambutan positif karena akurasinya dalam memvisualisasikan peristiwa sebenarnya, meskipun beberapa perubahan artistik diberlakukan demi kepentingan dramatisasi.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Deepwater Horizon patut dianggap sebagai salah satu film bencana alam terbaik yang mampu menggugah perasaan penonton. Dalam kata lain, film ini bukan hanya sebuah tontonan seru, namun juga sebuah refleksi bagi para penonton akan dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh insiden semacam ini.

  • Rating IMDb: 7.1/10
  • Genre: bencana alam, drama, sejarah, thriller
  • Pemain utama: Mark Wahlberg, Kurt Russell, John Malkovich, Gina Rodriguez
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Vidio, Apple TV, Google Play

4. Cloverfield (2008)

Film bencana alam, Cloverfield (2008)/ Foto: Paramount
Film bencana alam, Cloverfield (2008)/ Foto: Paramount

Cloverfield adalah salah satu film bencana alam paling terkenal yang dirilis pada tahun 2008. Disutradarai oleh Matt Reeves dan diproduksi oleh J.J. Abrams, film ini menghadirkan kisah menggemparkan tentang serangan monster mengerikan yang melanda New York City. Cerita ini disajikan dalam format rekaman amatir yang memberikan nuansa autentik, seakan-akan Bunda turut menyaksikan kekacauan tersebut.

Dalam Cloverfield, kita menyaksikan enam penduduk muda New York City yang berusaha bertahan hidup saat mereka melarikan diri dari monster raksasa dan makhluk kecil lainnya. Film ini berhasil menggambarkan suasana ketegangan dan kekacauan dengan begitu mendalam sehingga penonton merasakan betapa nyata dan menghancurkannya situasi tersebut.

Dengan sentuhan kreatif Matt Reeves dan gaya narasi cinéma vérité (sinema jujur) yang unik, Cloverfield adalah salah satu film bencana alam terbaik yang pernah ada, menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan di dunia hiburan.

  • Rating IMDb: 7.0/10
  • Genre: bencana alam, fiksi ilmiah, actionthriller
  • Pemain utama: Lizzy Caplan, Jessica Lucas, T.J. Miller, Michael Stahl-David
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Apple TV, Google Play

5. The Wave (2015)

Film bencana alam, The Wave (2015)/ Foto: Nordisk Film
Film bencana alam, The Wave (2015)/ Foto: Nordisk Film

The Wave atau Bølgen dalam bahasa Norwegia adalah karya epik yang akan mengguncang hati Bunda. Disutradarai oleh Roar Uthaug pada tahun 2015, film bencana alam ini memperlihatkan keindahan serta kengerian alam Norwegia yang mempesona. Kisah film ini berpusat pada geolog Kristian Eikjord yang berjuang melawan waktu untuk menyelamatkan keluarganya dan penduduk Geiranger ketika bencana longsor batu menciptakan tsunami setinggi 80 meter yang akan menghancurkan segalanya.

Film ini terinspirasi oleh peristiwa nyata tsunami longsor batu yang pernah menghantam Norwegia, dan penggambaran kejadian ini mendapat pujian dari kritikus. Aktor-aktor dalam film ini bahkan melakukan adegan-adegan berbahaya sendiri, menciptakan pengalaman yang mendalam bagi penonton.

The Wave juga tidak hanya memukau hati Bunda dengan cerita yang mengharukan, namun juga memberikan pelajaran berharga tentang kisah keberanian, pengorbanan, dan kekuatan keluarga yang disajikan dengan humanis. Oleh karena itu, film ini bukan hanya sekedar hiburan, namun juga merupakan pengalaman sinematik yang sulit dilupakan.

  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Genre: bencana alam, action, drama, thriller
  • Pemain utama: Kristoffer Joner, Ane Dahl Torp, Jonas Hoff Oftebro
  • Situs atau platform streaming: -

6. The Day After Tomorrow (2004)

Film bencana alam, The Day After Tomorrow (2004)/ Foto: 20th Century
Film bencana alam, The Day After Tomorrow (2004)/ Foto: 20th Century

The Day After Tomorrow adalah salah satu film bencana alam karya Roland Emmerich yang masih berhasil mengguncang hati para penonton hingga saat ini. Film ini mengisahkan petualangan dramatis seorang paleoklimatologis berkebangsaan Amerika, Jack Hall, yang diperankan dengan brilian oleh Dennis Quaid. Bersama rekan-rekannya, Jack berjuang untuk memahami dan mengatasi dampak mematikan dari perubahan iklim mendadak yang tak terhindarkan.

Kisah film ini dimulai ketika lembaran es di Lereng Es Larsen pecah, mengarahkan Jack dan timnya pada perjalanan epik. Mereka berhadapan dengan badai super yang mengerikan, cuaca ekstrem yang melanda seluruh dunia, dan ancaman akan memasuki zaman es baru. Dengan efek khusus yang spektakuler dan aksi mendebarkan, film ini memikat penonton dengan kekuatan alam yang dahsyat.

Meskipun mendapat kritik atas akurasi ilmiahnya, The Day After Tomorrow adalah film bencana alam yang tak terlupakan yang akan mengajak Bunda merenung tentang kerentanan kita sebagai manusia terhadap kekuatan alam, sehingga film ini patut disebut sebagai salah satu film bencana alam terbaik yang pernah ada.

  • Rating IMDb: 6.5/10
  • Genre: bencana alam, petualangan, action, fiksi ilmiah
  • Pemain utama: Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Emmy Rossum
  • Situs atau platform streaming: Disney+

7. Greenland (2020)

Film bencana alam, Greenland (2020)/ Foto: STX
Film bencana alam, Greenland (2020)/ Foto: STX

Dalam salah satu film bencana alam terbaik berjudul Greenland, Bunda akan diajak untuk mengikuti perjalanan dramatis keluarga Garrity yang terperangkap dalam kehancuran planet akibat komet maut. Disutradarai oleh Ric Roman Waugh, film ini berhasil menangkap nuansa realistis dari bencana global yang mengguncang, menggambarkan perjuangan keluarga ini untuk bertahan dalam situasi ekstrem yang tak terbayangkan.

Perjalanan keluarga Garrity untuk mencari tempat perlindungan menjadi narasi yang menggugah hati, dengan karakter-karakter yang terasa hidup dan manusiawi. Saat Bumi terancam oleh fragmen komet yang menghancurkan segalanya, Greenland dengan piawai mampu memperlihatkan ketegangan, pengorbanan, dan kekuatan cinta keluarga di tengah kekacauan yang melanda secara realistis.

Film ini tidak hanya sekadar menghadirkan aksi spektakuler, namun juga menggali emosi yang mendalam, menjadikannya salah satu film bencana alam terbaik yang pernah ada. Dengan penampilan yang memukau dari para pemeran, alur cerita yang mendebarkan, dan pesan tentang daya tahan manusia, Greenland adalah pengalaman sinematik yang tidak boleh dilewatkan bagi Bunda yang merupakan pecinta film bencana alam.

  • Rating IMDb: 6.4/10
  • Genre: bencana alam, petualangan, action, fiksi ilmiah
  • Pemain utama: Gerard Butler, Morena Baccarin, David Denman, Hope Davis
  • Situs atau platform streaming: -

6 film tentang bencana alam dan kehancuran terbaik yang tayang di Netflix

Bagi Bunda yang berlangganan dengan platform streaming Netflix, Netflix juga menyediakan beberapa daftar judul film bencana alam yang bisa mengisi waktu luang Bunda.

1. Only the Brave (2017)

Film bencana alam, Only the Brave (2017)/ Foto: Columbia
Film bencana alam, Only the Brave (2017)/ Foto: Columbia

Only the Brave adalah film bencana alam yang menggugah hati dan mendalam yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh Joseph Kosinski dan diperankan oleh sejumlah aktor berbakat seperti Josh Brolin dan Miles Teller, film ini mengisahkan kisah sejati para Granite Mountain Hotshots, tim pemadam kebakaran elite dari Prescott, Arizona.

Mereka menghadapi tantangan yang mengharukan saat harus berjuang melawan Kebakaran Bukit Yarnell pada tahun 2013, yang mengakibatkan kehilangan 19 dari 20 anggota tim elite tersebut. Meskipun film ini tidak mencapai kesuksesan finansial besar, film ini tetap mendapat pengakuan luas karena penggambarannya yang mengesankan tentang keberanian sejati dalam menghadapi bencana.

Kisah film ini juga bukan hanya tentang aksi heroik mereka dalam melawan Si Jago Merah, namun juga menggali kedalaman karakter dan hubungan satu sama lain. Sinematografi yang memukau juga berhasil memperlihatkan keindahan alam Arizona dan ketegangan yang mereka alami saat melawan bahaya. Dalam kata lain, film ini dengan lihai mampu menghadirkan perjalanan emosional yang tidak terlupakan dan menjadi penghormatan yang sangat berarti bagi para pahlawan yang berjuang dalam menghadapi kebakaran ini.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: bencana alam, drama
  • Pemain utama: Robert Duvall, Robert Duvall, Elijah Wood, Vanessa Redgrave
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Genflix

2. Don't Look Up (2021)

Film bencana alam, Don't Look Up (2021)/ Foto: Netflix
Film bencana alam, Don't Look Up (2021)/ Foto: Netflix

Dalam jagat perfilman, Don't Look Up muncul sebagai film bencana alam terbaik yang akan membuat Bunda berpikir ketika selesai menontonnya. Disutradarai oleh Adam McKay, karya ini mengombinasikan elemen-elemen komedi hitam yang tajam dengan pesan serius mengenai krisis iklim. Film ini memaparkan kisah dua ahli astronomi yang berjuang keras untuk memperingatkan dunia akan ancaman komet maut yang mengancam peradaban manusia.

Film ini sangat to-the-point dalam menyajikan kritik terhadap sikap acuh tak acuh pemerintah, politik, selebritas, dan media terhadap krisis iklim yang nyata. Kisah Kate Dibiasky dan Doktor Randall Mindy, yang diperankan dengan piawai oleh Jennifer Lawrence and Leonardo DiCaprio, menggugah kesadaran masyarakat tentang bahaya yang semakin mendekat, seiring mereka berusaha keras untuk membawa peringatan kepada dunia.

Dont Look Up bukan hanya sekadar hiburan biasa dengan cerita yang relevan, namun juga merupakan karya seni yang akan mengajak Bunda sebagai penonton untuk merenung tentang konsekuensi dari sikap acuh tak acuh terhadap perubahan iklim. Dalam suasana yang dibalut dengan komedi gelap yang efektif dan tidak memaksa, film ini menyampaikan pesan yang mendalam dan menjadi perwakilan terbaik dalam genre film bencana alam.

  • Rating IMDb: 7.2/10
  • Genre: bencana alam, komedi, drama, politik
  • Pemain utama: Jennifer Lawrence, Leonardo DiCaprio, Cate Blanchett
  • Situs atau platform streaming: Netflix

3. The Perfect Storm (2000)

Film bencana alam, The Perfect Storm (2000)/ Foto: Warner Bros.
Film bencana alam, The Perfect Storm (2000)/ Foto: Warner Bros.

Dalam film bencana alam terbaik berjudul The Perfect Storm, sutradara Wolfgang Petersen berhasil membawakan kisah mendebarkan yang didasarkan pada peristiwa nyata. Film ini menceritakan petualangan tragis kapal penangkap ikan komersial, Andrea Gail, yang terperangkap dalam kengerian Badai Perfect tahun 1991. Dipenuhi oleh sejumlah bintang ternama seperti George Clooney dan Mark Wahlberg, film ini menghadirkan pengalaman sinematik yang mendalam.

Kisah dimulai dengan kapal yang kembali dengan tangkapan ikan yang minim, menghadapkan awaknya pada tantangan besar. Kapten Billy Tyne pun memutuskan untuk melakukan ekspedisi penangkapan ikan terakhir, memimpin para awak ke perairan yang lebih dalam. Ketika badai mengerikan dan pertemuan dua front cuaca (garis cuaca) yang kuat mengancam, mereka terperangkap dalam kisah epik perjuangan dan keberanian.

Meskipun film ini mengklaim berdasarkan kisah nyata, sejumlah perbedaan dengan kenyataan mengundang perdebatan. Meski begitu, The Perfect Storm tetap menjadi salah satu film bencana alam terbaik yang pernah ada, dengan efek khusus yang mengesankan dan penampilan para pemeran yang memukau. Keberhasilannya di box office dengan pendapatan yang fantastis di seluruh dunia menyatakan popularitasnya, karena film ini menghadirkan kisah tragis yang dijamin akan membekas dalam benak Bunda

  • Rating IMDb: 6.5/10
  • Genre: bencana alam, drama, thriller, petualangan
  • Pemain utama: George Clooney, Mark Wahlberg, John C. Reilly, Diane Lane
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Apple TV, Google Play

4. Deep Impact (1998)

Film bencana alam, Deep Impact (1998)/ Foto: Paramount
Film bencana alam, Deep Impact (1998)/ Foto: Paramount

Deep Impact , salah satu film bencana alam yang bisa Bunda tonton di Netflix, adalah karya dari tahun 1998 yang masih menggetarkan hati penonton hingga hari ini. Dibesut oleh sutradara berbakat Mimi Leder dan ditulis oleh tandem penulis ulung Bruce Joel Rubin dan Michael Tolkin, film ini menampilkan kisah dramatis yang membawa Bunda dalam perjalanan orang-orang dalam menghadapi komet raksasa berdiameter 7 mil (11 km) yang mengancam kehancuran Bumi dan segala isinya.

Film ini membawa kisah Leo Biederman, seorang pemuda astronomi amatir, yang menemukan sebuah komet mematikan yang menuju Bumi. Ketika usaha untuk menghentikan komet ini gagal, keputusan dramatis harus diambil untuk menyelamatkan sebagian kecil umat manusia. Para karakternya, dari Jenny Lerner yang berjuang dengan etika jurnalistik hingga Presiden Tom Beck yang dihadapkan dengan pilihan sulit, membawa nuansa emosional yang mendalam.

Bukan sekadar tontonan blockbuster yang luar biasa, film ini juga membawa pesan mendalam tentang keberanian dan kekuatan manusia di tengah bencana tak terelakkan. FIlm ini pantas disebut sebagai sebuah karya seni yang menggugah hati dan tetap melekat dalam ingatan para penonton, dengan alur cerita yang memikat dan pesan universal tentang ketahanan manusia di tengah ujian yang tak terduga.

  • Rating IMDb: 6.2/10
  • Genre: bencana alam, fiksi ilmiah, drama, thriller
  • Pemain utama: Robert Duvall, Robert Duvall, Elijah Wood, Vanessa Redgrave
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Apple TV, Google Play

5. Extinction (2018)

Film bencana alam, Extinction (2018)/ Foto: Netflix
Film bencana alam, Extinction (2018)/ Foto: Netflix

Dalam film bencana Extinction bergenre fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Ben Young, Bunda akan dibawa ke dalam dunia yang penuh ketegangan dan misteri. Cerita ini mengikuti perjalanan seorang insinyur bernama Peter yang kerap dihantui oleh mimpi buruk yang menggambarkan invasi alien dan kehancuran. Keluarganya, termasuk istrinya Alice dan dua putrinya Hanna dan Lucy, merasakan dampak ketegangan yang Peter alami akibat visi misterius ini.

Bagaimana keluarga ini bertahan saat serangan tiba-tiba dari kapal luar angkasa penyerbu mengguncang kota mereka membentuk inti cerita yang memukau. Ketika alien menyerang dan Peter mengambil peran sebagai pelindung keluarganya, film ini mengungkapkan lapisan-lapisan misteri yang mendalam. Peter dan Alice tidak hanya menghadapi invasi alien, namun juga menghadapi masa lalu yang tersembunyi dan identitas mereka yang sebenarnya.

Film ini menggabungkan elemen fiksi ilmiah yang menggetarkan dengan perjalanan emosional keluarga ini, mengeksplorasi konflik internal dan harapan akan perdamaian. Dalam kata lain, Extinction adalah film bencana yang memukau dengan alur cerita yang kuat, karakter-karakter yang kompleks, dan pesan mendalam tentang identitas dan persatuan, menjadikannya salah satu film bencana yang seru dan patut untuk ditonton.

  • Rating IMDb: 5.8/10
  • Genre: bencana alam, fiksi ilmiah, drama, thriller
  • Pemain utama: Michael Peña, Lizzy Caplan, Mike Colter
  • Situs atau platform streaming: Netflix

6. The Midnight Sky (2020)

Film bencana alam, The Midnight Sky (2020)/ Foto: Netflix
Film bencana alam, The Midnight Sky (2020)/ Foto: Netflix

The Midnight Sky adalah karya spektakuler yang menyajikan perpaduan dramatis dan sains fiksi dengan begitu mendalam. Disutradarai oleh George Clooney, film bencana ini mengadaptasi novel Good Morning, Midnight karya Lily Brooks-Dalton yang diterbitkan pada tahun 2016. George Clooney juga turut berperan sebagai serorang ilmuwan senior, Augustine Lofthouse, yang harus menempuh perjalanan melintasi lingkaran Arktik yang membeku untuk memperingatkan sebuah pesawat luar angkasa yang kembali ke Bumi setelah terjadi katastrofe global.

Pada tahun 2049, bencana besar merusak dunia dan menyisakan Augustine sebagai satu-satunya manusia di pangkalan di Arktik. Augustine berusaha menghubungi pesawat Aether yang kembali dari eksplorasi bulan Jupiter, K-23. Namun, dalam perjalanan yang sulit dan dengan kesehatannya memburuk, Augustine bertemu dengan seorang gadis bisu bernama Iris, dan keduanya menjalani perjalanan yang mengubah takdir mereka.

Film ini penuh ketegangan, pengorbanan, dan harapan di tengah bencana alam yang menghancurkan, menginspirasi penonton dengan tema keberanian dalam menghadapi bencana yang tak terhindarkan. Di Netflix, film ini juga menjadi salah satu yang paling banyak ditonton dan terus mendapat pujian atas pesan emosional dan performa George Clooney yang mengharukan, menjadikannya suatu pengalaman sinematik yang tak boleh Bunda lewatkan.

  • Rating IMDb: 5.7/10
  • Genre: bencana alam, fiksi ilmiah, drama, thriller
  • Pemain utama: George Clooney, Caoilinn Springall, Felicity Jones
  • Situs atau platform streaming: Netflix

5 film Asia tentang bencana alam dan kehancuran dari Korea, Jepang hingga Indonesia

Industri perfilman Asia juga ikut menawarkan beberapa film bencana alam yang tak kalah serunya, bahkan juga memiliki kisah yang sangat mengharukan.

1. Bangkit! (2016)

Film bencana alam, Bangkit! (2016)/ Foto: Suryanation
Film bencana alam, Bangkit! (2016)/ Foto: Suryanation

Dalam panorama perfilman Indonesia, Bangkit! muncul sebagai sebuah gebrakan revolusioner pada tahun 2016. Disutradarai oleh Rako Prijanto, film bencana alam ini memperoleh tempat khusus dalam hati para penonton. Mengambil langkah yang berani sebagai film pertama yang memfokuskan pada premis bencana alam, Bangkit! menghadirkan harmoni dan tragedi dalam keluarga yang tengah berjuang untuk bertahan saat Jakarta diserbu oleh bencana alam tak terduga.

Pada inti ceritanya, Bangkit! mengisahkan Addri, seorang pahlawan Basarnas, yang melibatkan diri sepenuh hati dalam tugas penyelamatan. Dalam keadaan hujan tak henti-henti yang mengguyur Jakarta, sebuah badai mengerikan yang berasal dari Australia membuat Jakarta terancam. Addri bersama rekannya terjebak dalam situasi darurat ketika air merendam gedung-gedung dan keluarganya juga ikut terancam.

Dari titik ini, cerita epik ini mengikuti perjuangan mereka untuk menyelamatkan kota Jakarta dan orang-orang yang mereka cintai. Bangkit! bukan sekadar film bencana alam biasa, namun juga merupakan persembahan terbaik perfilman Indonesia yang menggambarkan keberanian, cinta keluarga, dan ketahanan di tengah ketidakpastian alam.

  • Rating IMDb: 7.2/10
  • Genre: bencana alam, action, drama
  • Pemain utama: Vino G. Bastian, Acha Septriasa, Deva Mahenra, Donny Damara
  • Situs atau platform streaming: -

2. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film bencana alam, Hafalan Shalat Delisa (2011)/ Foto: Starvision
Film bencana alam, Hafalan Shalat Delisa (2011)/ Foto: Starvision

Hafalan Shalat Delisa adalah salah satu film bencana alam terbaik dalam perfilman Indonesia. Dirilis pada 22 Desember 2011, film ini menggambarkan tragedi alam yang melanda Aceh dengan penuh nuansa yang mendalam. Sutradara Sony Gaokasak mengangkat kisah mengharukan ini dari novel karya Tere Liye, menciptakan latar yang autentik, terutama dengan pengambilan gambarnya di Aceh.

Kisah film ini berpusat pada Delisa, seorang gadis kecil periang yang memiliki tiga kakak saudari, hingga ia dan ibunya, Ummi, tiba-tiba terpisah dalam kejadian gempa bumi dan tsunami mengerikan yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004. Delisa yang selamat dengan luka yang parah menemukan kembali kebahagiaan hidupnya berkat kekuatan dan tekadnya. Film ini menghadirkan special effect yang meyakinkan pada saat pelirisan.

Hafalan Shalat Delisa tetap patut menjadi film bencana alam terbaik dari industri perfilman Indonesia yang memperlihatkan sisi kemanusiaan dan ketahanan dalam menghadapi tragedi alam, ditambah dengan penampilan apik dari para pemainnya.

  • Rating IMDb: 6.8/10
  • Genre: bencana alam, drama, keluarga, religi
  • Pemain utama: Chantiq Schagerl, Reza Rahadian, Nirina Zubir
  • Situs atau platform streaming: Netflix

3. Shin Godzilla (2016)

Film bencana alam, Shin Godzilla (2016)/ Foto: Toho
Film bencana alam, Shin Godzilla (2016)/ Foto: Toho

Shin Godzilla, dirilis pada tahun 2016, adalah sebuah karya spektakuler yang menghadirkan kembali ikon monster raksasa Godzilla dalam bentuk yang lebih menggetarkan daripada sebelumnya. Disutradarai oleh duo berbakat Hideaki Anno dan Shinji Higuchi, film bencana ini dengan piawai menggambarkan kekacauan dan ketakutan saat Jepang dihadapkan pada kemunculan monster raksasa yang terus berkembang. Visualisasi bencana di film ini juga terinspirasi oleh bencana Fukushima dan gempa bumi Tohoku tahun 2011.

Dalam film ini, Bunda diajak menyaksikan para politisi yang berjuang melawan birokrasi yang menghalangi langkah mereka dalam menghadapi munculnya monster ganas ini. Kebijakan militer, evakuasi warga sipil, dan upaya penelitian yang giat juga menjadi sorotan utama. Namun, ketika rasa putus asa merajalela, Amerika Serikat turut campur tangan dengan serangan udara yang menghancurkan, menghadirkan ketegangan yang tiada tara.

Shin Godzilla adalah bentuk penghormatan yang luar biasa terhadap legenda monster raksasa ini, memberikan perspektif baru yang menyentuh hati dan pikiran penonton. Film ini merupakan gambaran epik yang tidak hanya menghibur, namun juga menggugah perasaan, menjadikannya salah satu film bencana terbaik yang wajib Bunda saksikan.

  • Rating IMDb: 6.8/10
  • Genre: bencana alam, horor, fiksi ilmiah, thriller
  • Pemain utama: Hiroki Hasegawa, Yutaka Takenouchi, Satomi Ishihara
  • Situs atau platform streaming: Apple TV

4. Pandora (2016)

Film bencana alam, Pandora (2016)/ Foto: NEW
Film bencana alam, Pandora (2016)/ Foto: NEW

Pandora , film bencana alam dari Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2016, adalah sebuah karya seni yang mampu memukau hati dan pikiran dengan cerita yang penuh dramatika. Dikarang dan disutradarai oleh Park Jung-woo, serta dibintangi oleh Kim Nam-Gil, film ini menempatkan dirinya sebagai salah satu film bencana alam terbaik dalam sejarah perfilman Korea Selatan.

Film ini menceritakan perjuangan seorang pemuda bernama Jae-hyeok, yang bekerja di pembangkit listrik nuklir kota kecilnya. Dengan latar belakang tragedi keluarganya yang terkait dengan radiasi, Jae-hyeok bermimpi meninggalkan kota dan pekerjaannya untuk menjadi nelayan, tetapi perjuangannya bertemu dengan penolakan dari sekitarnya. Namun, gempa bumi tiba-tiba melanda kotanya, mengakibatkan reaktor nuklir mengalami overheat dan terancam meledak.

Pandora mengajarkan tentang arti sejati dari keberanian dan kesetiaan dalam menghadapi bencana alam yang tak terduga. Film ini juga mendapatkan pujian karena penggambaran emosi yang mendalam dan akting yang luar biasa dan teknis penyutradaraannya yang apik, mulai dari sinematografi hingga efek visual. Bagi Bunda yang merupakan pecinta film bencana alam, Pandora merupakan opsi yang wajib Bunda tonton.

  • Rating IMDb: 6.6/10
  • Genre: bencana alam, action, drama, thriller
  • Pemain utama: Kim Nam-gil, Kim Joo-hyun, Jung Jin-young
  • Situs atau platform streaming: Netflix

5. Ashfall (2019)

Film bencana alam, Ashfall (2019)/ Foto: CJ Entertainment
Film bencana alam, Ashfall (2019)/ Foto: CJ Entertainment

Ashfall, yang juga dikenal dengan nama Mount Paektu, adalah sebuah karya sinematik epik dari Korea Selatan yang memikat hati para penonton dengan ketegangan dan dramatisme yang mendalam. Disutradarai oleh duo berbakat, Lee Hae-jun dan Kim Byung-seo, film bencana alam ini menampilkan kisah tentang perjuangan sekelompok orang dalam menghadapi malapetaka alam yang menakjubkan, diiringi dengan adegan-adegan yang memukau.

Pada ceritanya, film ini menampilkan kisah tentang bencana alam dahsyat yang mengguncang dua Korea. Jeon Yoo-kyung dan Jo In-chang memimpin upaya penyelamatan yang penuh risiko untuk mencegah letusan Gunung Paektu. Sementara itu, Choi Ji-young berjuang sendirian di tengah kekacauan.

Film ini berhasil memadukan petualangan epik dengan konflik politik, humor, dan sentuhan drama yang mengharukan. Diperkuat oleh akting para bintang papan atas Korea, Ashfall adalah karya sinematik yang memikat hati penonton. Jalan cerita yang kompleks dan efek visual yang spektakuler menjadikan film bencana ini sebagai pengalaman sinematik luar biasa yang wajib untuk tidak dilewati begitu saja.

  • Rating IMDb: 6.2/10
  • Genre: bencana alam, drama
  • Pemain utama: Lee Byung-hun, Ha Jung-woo, Ma Dong-seok
  • Situs atau platform streaming: Vidio, iQIYI

Itulah beberapa judul film bencana alam dengan cerita-cerita mengharukan. Apakah ada yang ingin Bunda tonton bersama Sang Suami di waktu luang?

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(som/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT