aktivitas

Bisa Dicoba, Aneka Ide Sensory Play untuk Anak

Joko Supriyanto 07 Agu 2017
Ilustrasi anak main/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak main/ Foto: thinkstock
Jakarta - Dengan bermain, anak bisa melatih kemampuan sensorik dan motoriknya. Nah, dari bahan-bahan sederhana di rumah, kita bisa lho bikin sensory plat buat anak.

Iya, Bun, bermain untuk melatih sensorik memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Nah, kebanyakan anak yang sering dilatih sensorisnya, umumnya punya kemampuan indra yang baik juga, terkait penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan dan rasa. Demikian dikutip dari laman Hands On As We Grow.

Berikut ini ada ide beberapa sensory play dari Hands On As We Grow yang bisa Bunda berikan ke si kecil tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Yuk disimak bersama.

1. Menggunakan Pasta Kering

Pasta bisa jadi aktivitas sensorik yang hebat bagi balita dan anak-anak prasekolah. Sebab mereka bisa mengeksplorasi dengan rasa atau sentuhan dan bahkan suara.

Caranya, Bunda berikan cup plastik kecil atau botol pada si kecil. Lalu taruh pasta di sekitar anak, biarkan saja berserakan, Bun. Selanjutnya ajak anak untuk bermain takar-takaran dan membereskan pasta yang berserakan.


2. Kotak harta karun

Terdengar sangat menarik ya. Kotak harta karun bisa Bunda terapkan untuk melatih sensorik dan motorik anak.

Caranya sangat mudah, lho. Hanya siapkan kotak makan plastik atau kotak apapun yang ada di rumah, lalu isi kotak tersebut dengan uang logam, lalu penuhi kotak tersebut dengan kertas daur ulang.

Selanjutnya, Bunda bisa sembunyikan kotak tersebut dan ajak si kecil untuk mencarinya. Mudah dan seru kan?

3. Es balok kecil

Biasanya es balok kecil ini disediakan untuk minuman agar lebih dingin dan segar. Tapi es balok kecil ini bisa juga lho kita buat untuk melatih sensorik anak.

Caranya adalah dengan menaruh es balok di dalam baskom, lalu biarkan si kecil memainkan es balok kecil itu.

Manfaat yang akan didapat oleh si kecil yaitu indra perasanya akan terstimulasi. Anak akan memahami rasa dingin dari es, mengetahui bentuk yang dia pegang, serta si kecil juga akan tahu bahwa es itu akan mencair jika sudah cukup lama ditaryuh di baskom.

4. Busa Cucian

Bunda, sesekali biarkan si kecil ikut mencuci ya. Sebab kita bisa manfaatkan busa cucian untuk sensory play anak.

Caranya berikan busa di dalam ember kecil pada anak. Anak akan tahu tekstur busa seperti apa dan bagaimana rasanya memegang busa. Bahkan Bunda bisa ajak si kecil untuk ikut mencuci piring, mencuci kain atau mencuci mainannya. Selain sensorik terasah, si kecil juga belajar mandiri.

Gimana, gampang kan, Bun? Selamat mencoba ya. (jos/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi